Leiji Matsumoto Dilarikan Ke Rumah Sakit Di Italia Dikarenakan Stroke

Dilansir dari Asahi Shimbun Sabtu ini, mengutip portal berita Italia, seniman dan mangaka legendaris Leiji Matsumoto dilarikan ke rumah sakit di kota Turin, Italia. Ia dikabarkan pingsan Jumat kemarin yang diduga terserang stroke dan kini masih dirawat intensif seiring dengan kondisinya yang serius.

Menurut surat kabar Italia, kronologis dugaan stroke Matsumoto terjadi ketika memberikan seminar di event saat ia berbicara tidak lancar. Akibatnya, ia dibawa kembali ke hotel oleh staf event tersebut sebelum akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Kantor Berita Kyodo mengkonfirmasikan kejadian ini Sabtu pagi tadi via surat kabar harian Italia, Corriere della Sera. Namun, Kyodo belum mengkonfirmasikan lebih detil tentang hal lain selain Matsumoto dirawat disana.

Organisasi yang menggelar seminar dengan beliau sebagai pembicara, The Leiji Matsumoto Cultural Association, menyatakan benar jika yang bersangkutan sedang menjalani pemeriksaan medis. Hingga kabar ini beredar, situasi terkini dari beliau belum dipastikan apakah akan membaik di kemudian hari.

Matsumoto seharusnya dijadwalkan mengikuti serangkaian aktivitas di Turin bersamaan dengan peringatan 40 tahun penayangan anime Captain Harlock di televisi Italia. Disebutkan dari Leiji Matsumoto Cultural Association, ia akan menghadiri sesi tanda tangan kepada para penggemarnya di Cinema Massimo, Jumat kemarin.

Namun ia mengeluhkan kesehatannya yang menyebabkan beliau kembali ke kamar hotel dan menjalani pemeriksaan medis selepasnya. Belum dipastikan jika ia akan melanjutkan aktivitas dalam event pada Sabtu atau Minggu besok.

Leiji Matsumoto, legendaris pemrakarsa Space Battleship Yamato

Leiji Matsumoto adalah mangaka Jepang kelahiran 1938 yang melahirkan banyak franchise yang bertemakan space opera seperti Space Battleship Yamato, Galaxy Express 999 dan Space Pirate Captain Harlock.

Ia juga menjadi supervisi untuk beberapa video klip animasi Daft Punk seperti One More Time dan Harder, Better, Faster, Stronger. Warisan dari karya-karya Matsumoto menginspirasi banyak artis, mangaka dan pengrajin lainnya melahirkan pop kultur yang sekarang bisa dinikmati oleh penggemarnya hingga kini.

Ia juga mendesain kapal tur di Tokyo bernama Himiko yang masih beroperasi hingga kini. Semoga cepat sembuh, Leiji Matsumoto!

Sumber: Asahi Shimbun, Kyodo News, Facebook resmi The Leiji Matsumoto Cultural Association

Related Posts