Pada Jumat (16/10) lalu, label musik Blue Note Records merilis lagu terbaru dari musisi asal Amerika Serikat, yakni Norah Jones. Uniknya, video musik milik Norah Jones dalam versi Jepang tersebut menampilkan karakter Kyoko, protagonis dalam komik Maison Ikkoku.

Rilis video musik dalam rangka perilisan album baru

Mengutip Comic Natalie, video musik “I’m Alive” yang berkolaborasi dengan manga karya Rumiko Takahashi tersebut dirilis guna merayakan peluncuran album digital deluxe milik Norah Jones dengan nama “Pick Me Up Off the Floor”.

Tidak hanya itu, lagu “I’m Alive” sendiri dibuat untuk meningkatkan banyak kalangan bahwa kehidupan itu sangatlah penting. Terlebih, pandemi COVID-19 masih melanda penjuru dunia.

Video musik Norah Jones tersebut menampilkan sudut pandang dari sang pengawas apartemen Ikkoku yakni Kyoko yang bertemu banyak orang selama berada di apartemen reyot tersebut, termasuk alur kisah bagaimana ia dapat secara perlahan mencintai Yusaku Godai, salah satu penghuni apartemen Ikkoku.

Kenapa Maison Ikkoku dipilih untuk kolaborasi?

Maison Ikkoku Norah Jones
FOTO: youtube.com/Blue Note Records

Dalam video tersebut, ibu ‘pengawasan apartemen’ Kyoko Otonashi menjadi pemeran utama. Pertanyaannya, mengapa ia dipilih untuk menggambarkan lirik yang dinyanyikan oleh musisi perempuan asal Amerika Serikat tersebut?

Ternyata, Kyoko memiliki banyak kemiripan dengan cerita yang terdapat pada lirik tersebut, yakni seorang wanita yang berusaha menjalani lika-liku kehidupannya dengan kuat serta ceria meski banyak permasalahan yang muncul dalam perjalanan hidupnya.

Alasan lain mengapa karakter protagonis perempuan dari serial Maison Ikkoku tersebut karena ia sangat dikenal serta dicintai oleh penggemar manga karya Rumiko Takahashi tersebut di seluruh dunia.

Rumiko Takahashi: ‘Ini membuatku kembali bernostalgia’

Kyoko Maison Ikkoku Tampil dalam Video Musik Karya Musisi Norah Jones
FOTO: youtube.com/Blue Note Records

Dalam kolaborasi tersebut mangaka Maison Ikkoku, Rumiko Takahashi mengaku bahwa ia merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Norah Jones. “(Kolaborasi) ini punya suasana yang menyenangkan,” ungkap Takahashi, “secara pribadi (kolaborasi) ini membuat saya bernostalgia.”

Jones, yang berkecimpung dalam genre musik country dan folk, memberikan pendapatnya terkait arti dari musik tersebut. “Kita semua manusia, dan kita akan mengalami banyak hal dalam kehidupan baik itu baik atau buruk,” tuturnya, “Itulah arti dari kehidupan itu sendiri. Bahkan jika memiliki bercak, itu bukan akhir dari segalanya.”

“Saya pikir itu adalah bentuk rasa rindu kita terhadap hubungan sesama manusia,” ujar Jones.

Tentang Maison Ikkoku

Maison Ikkoku
FOTO: Blogspot/hereisgreenwood

Maison Ikkoku merupakan manga karya Rumiko Takahashi yang diterbitkan pada tahun 1980 yang diterbitkan melalui majalah Big Comic Spirits milik penerbit Shogakukan. Serialisasi manga tersebut berjalan selama tujuh tahun hingga 1987.

Di Indonesia, manga Maison Ikkoku diterbitkan oleh divisi milik ELEX Media Komputindo, yakni Level Comics pada tahun 2006 hingga 2007 dalam bentuk Tankoubon atau jilid.

Manga Maison Ikkoku sendiri menceritakan kehidupan suatu apartemen kuno di Tokyo di penghujung era Showa. Disana, seorang calon mahasiswa bersama Yusaku Godai serta seorang janda muda bernama Kyoko Otonashi bertemu dan menjalani lika-liku kehidupan mereka bersama dengan para penghuni apartemen.

Mangaka Rumiko Takahashi turut menggarap sejumlah manga seperti Inuyasha, Ranma 1/2, dan LUM The Invader Girl. Seri manga Inuyasha sendiri kini sudah hadir dalam bentuk sekuel, yakni Yashahime: Princess Half-Demon.

Do you like Naufal Alfarizy's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio