Ada yang berbeda pada upacara bendera menyambut ulang tahun ke-75 Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu diselenggarakan secara virtual atau online sebagai dampak dari pandemi COVID-19. Namun ada satu hal yang menarik perhatian netizen terkait upacara bendera secara online, yaitu pada komik yang dibuat oleh Faza Meonk yang juga adalah author dari Si Juki.

Kira-kira apa hubungan komik Si Juki dengan upacara online? Yuk, kita cari tahu bersama!

Komik Si Juki Memprediksi Upacara Online

Pada komik yang ia unggah pada tahun 2012 silam ini menceritakan tentang cara menyelenggarakan upacara bendera yang anti-mainstream. Pada panel komik Si Juki tersebut terlihat adanya pelaksanakaan upacara secara online.

https://www.facebook.com/JukiHoki/photos/a.412137332157090/418771091493714/?type=3

Upacara Online Benar Benar Terjadi

Siapa sangka komik yang awalnya hanya mengandai-andai melakukan sesuatu secara anti-mainstream bisa menjadi kenyataan dalam beberapa tahun kemudian.

Dikutip dari Kompas, Upacara yang lumrah dilaksanakan di Istana Negara setiap tanggal 17 Agustus ini akan diselenggarakan secara virtual atau online untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia. Maka dari itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono merilis situs “Pandang Istana” bagi warga yang ingin menyaksikan upacara yang hanya diselenggarakan satu tahun sekali.

“Berbeda dengan tahun-tahun lalu, kali ini Bapak/Ibu kami undang untuk mengikuti HUT ke-75 RI tahun ini melalui virtual,” ujar Heru dalam video yang diunggah di channel YouTube Sekretariat Presiden.

Semua Orang Dapat Mengikuti Upacara Secara Online

Bagi warga yang ingin menyaksikan upacara bendera secara virtual tersebut dapat mendaftarkan diri di situs Pandang Istana cukup dengan klik tautan ini.

Pertama, Anda diharuskan untuk membaca syarat dan ketentuan mendaftar, lalu centang kotak persetujuan, lalu klik tombol “Daftar”. Kedua, Anda mengisikan data diri untuk memverifikasi data. Setelah pendaftaran selesai, Anda akan menerima notifikasi baik dari e-mail ataupun dari WhatsApp yang memberitahu Anda bahwa pendaftaran sedang dalam proses verifikasi.

Saat verifikasi selesai, Anda akan menerima e-mail lanjutan yang berisikan tautan untuk masuk ke ruang telekonferensi Zoom, beserta panduan dan tata cara dalam mengikuti proses upacara bendera. Namun Sekretariat Presiden hanya membatasi undangan sebanyak 17.845 peserta saja yang dapat menghadiri upacara bendera secara virtual ini.

Tidak sempat menghadiri upacara bendera? Tenang, Anda masih bisa melihat detik-detik upacara dengan menyaksikan video tersebut. Kalian bisa tonton momen upacara bendera HUT RI ke-75 melalui channel YouTube milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dibawah ini.

Nawala Karsa NK Kurio