Jonny Greenwood, Gitaris Radiohead yang Multitalenta

Di kalangan para pendengar musik 90’s di Indonesia,pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar salah satu nama band…

Di kalangan para pendengar musik 90’s di Indonesia,pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar salah satu nama band bernama Radiohead. Radiohead yang beranggotakan Thom Yorke (Vokalis), Ed O’brien (Backing Vokal dan Gitar), Jonny Greenwood (Gitar dan Piano), Colin Greenwood (Bass Gitar), Phil Selway (Drum) merupakan salah satu band yang sangat sukses dalam genre Alternatif Rock.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lebih dalam tentang salah satu gitaris mereka yaitu Jonny Greenwood, Jonny merupakan salah satu musisi yang diakui oleh majalah Rolling Stone sebagai “Top 100 Greatest Guitarist” dan tempatkan pada nomor 48.

Jonny dikenal para kalangan musisi karena stylenya yang berubah ubah,seperti : “effects-loving wizard” pada Kid A dan berubah lagi menjadi “Alienation-interstellar tabs” pada Ok Computer dan berubah lagi menjadi “Misty shimmer” pada album In Rainbows. Karena hal ini, Jonny banyak dikenal para musisi dan mulai menjadi lampu sorot daripada Radiohead.

Selain itu juga,Jonny merupakan musisi yang Multiskill,yang menguasai beberapa instrumen seperti Piano,Gitar,Synthesizer dan bahankan Ondes Martenot yang merupakan alat musik yang rumit. Belakangan ini Jonny sedang fokus dalam mengomposisi musik orkestra, musik Jonny kemudian dipakai beberapa sutradara ternama untuk digunakan pada film mereka, seperti “Phantom thread” dan “There will be blood”

Karena hal ini juga,pada penggelaran Academy Awards 2018, Jonny diundang ke Academy Awards dan menjadi kandidat kategori “The Best Soundtrack”

Dipublikasikan oleh : Aditya Fazriel

Related Posts