Selang beberapa tahun terakhir, Indonesia terbilang internetnya terlemot di Asia Tenggara berdasarkan kemampuannya mengakses toko gim daring, Steam. Namun, benarkah demikian bahwa negara kita merupakan yang paling lambat? Setidaknya laporan dalam tenggang waktu tersebut telah ungkapkan datanya di Steam Download Stats secara real time!

Kesemua data ini diambil selang satu minggu akses Steam dibuka oleh seluruh pengguna di Asia Tenggara, dengan satuan Mbps (Megabit per second, atau Megabit per detik).

Akses Steam di internet Indonesia terbilang lemot di Asia Tenggara?

menara bts jakarta

Secara garis besar, Indonesia saat ini memiliki sepuluh perusahaan layanan internet yang didata oleh Steam. Pengguna Steam dari Indonesia rata-rata mengakses situs toko gim daring tersebut dengan rata-rata 11 Mbps.

Jika diperingkatkan beberapa ISP diurutkan sesuai kecepatan akses Steam, daftarnya dipaparkan sebagai berikut:

  1. MyRepublic ID – 35.8 Mbps
  2. PT XL Axiata Tbk – 28.5 Mbps
  3. Biznet Networks – 28.4 Mbps
  4. FirstMedia – 15.9 Mbps
  5. MNC Playmedia – 11.9 Mbps
  6. PT Telkom Indonesia – 6.9 Mbps

Baik Telkom maupun anak perusahaannya Telkomsel, keduanya memiliki rerata kecepatan akses yang setara secara umum. Lagipula, Telkom, melalui layanan unggulannya, Indihome, memiliki akses terluas yang mencakup seluruh provinsi di Indonesia, meskipun banyak diprotes pelanggan akan after service yang ditawarkan.

Bagaimana dengan jiran kita, Malaysia?

indonesia steam terlemot asean time malaysia

Untuk Malaysia sendiri, rata-rata kecepatan internet yang didapat adalah 33,9 Mbps dan telah diunduh aksesnya sebanyak 2,6 petabyte. Dari sepuluh perusahaan resmi internet yang berlaku di negara tersebut, TIME Fiber Optic merupakan ISP dengan akses tertinggi yaitu 79,8 Mbps. Angka ini berada didepan pesaing lainnya, yaitu Allo Technology, 53,8 Mbps dan punya pemerintah, yaitu Telekom Malaysia, sebanyak 37,3 Mbps.

Angka tersebut berada dibelakang Vietnam, yang memiliki laju akses sebanyak 40,3 Mbps, dengan ISP pemerintah, Viettel, tertinggi pada 45,4 Mbps.

Singapura dan Thailand lebih sangar!

myrepublic promo singapura

Seperti biasa, akses Steam di Singapura dan Thailand terlihat lebih unggul daripada negara-negara tetangga lainnya.

Singapura dikenal secara luas sebagai pemegang rekor tertinggi akses internet tercepat dengan rata-rata 100 Mbps dan dengan total 2.1 petabyte diakses. Pada daftar ISP yang tertera, MyRepublic terlihat sebagai juara diantara banyak ISP saingan lainnya, dengan kecepatan unduh rata-rata 161,1 Mbps, menjadikannya tercepat di ASEAN.

Meskipun begitu, Thailand ternyata masih dapat mengejar ketinggalan dengan akses internet sebanyak 74,9 Mbps. Rekor ISP tertinggi dipegang oleh perusahaan swasta 3BB Broadband, dengan 108,7 Mbps, yang disebut sebagai perusahaan layanan internet terpopuler di negeri gajah tersebut.

Bukan cuma Indonesia yang lemot se-Asia Tenggara?

Lanjut data yang didapat dari Steam, negara ASEAN lainnya yang mengalami rerata laju internet yang sama dengan Indonesia masih ada.

Negara Kamboja, misalnya, memiliki sebelas perusahaan internet dengan dua nama yang memiliki kecepatan akses setara, yaitu Digi Cambodia dan SINET Fiber. Kedua ISP ini memiliki kecepatan internet sebanyak 26,5 Mbps.

Laos, yang merupakan tetangga utara Kamboja, memiliki kecepatan akses Steam terendah se-ASEAN, sebanyak 8,8 Mbps.

Masihkah kita berharap pada internet Indonesia?

chrome no internet

Melihat angka-angka internet yang dipaparkan oleh Steam, mungkin NawaReaders merasa pesimis jika internet Indonesia terlihat belum merata dan masih lemot dibanding negara lainnya di Asia Tenggara.

Meskipun begitu, Kita perlu berharap agar kedepannya internet Indonesia bisa lebih baik dan setara dengan negara tetangga lainnya. Bagaimanakah solusi menurut NawaReaders yang mesti dilakukan? Jangan lupa untuk kirim komentar Kamu disini maupun di fanpage kita!

Nawala Karsa NK Kurio