1. Pop Kultur Umum

Ikut Jejak TV Lainnya, Stasiun Televisi TVOne Ujicoba Siaran HD!

Hari Rabu (31/7) lalu, TVOne melakukan Ujicoba Siaran HD pada saat acara Indonesia Lawyers Club berlangsung. Ujicoba tersebut berlangsung lama, sesuai dengan durasi acara dari Indonesia Lawyers Club.

Hal ini menjadi sinyal positif bagi para pemirsa. Karena, TVOne dapat dipastikan akan mengikut jejak beberapa stasiun televisi lain untuk bermigrasi ke siaran High Definition. Stasiun televisi yang dimaksud adalah TransTV- Trans7, SCTV- Indosiar, NET., KompasTV, RCTI, dan MetroTV.

TVOne
TVOne pada saat penayangan ILC, menggunakan kamera HD.

Ujicoba yang dilakukan pada gelaran acara ILC tersebut tidak sepenuhnya ujicoba siaran HD, melainkan merupakan ujicoba kamera HD. Hal itu dapat dibuktikan dengan hasil output kamera yang ditampilkan di layar kaca.

Sementara itu, di balik layar program tersebut, mesin-mesin pada Master Control Room nampaknya telah siap menggunakan kamera-kamera berkualitas High Definition.

Sayangnya, setelah acara Indonesia Lawyers Club usai, siaran ujicoba berakhir. TVOne kembali tayang dalam format Standart Definition seperti biasanya.

Migrasi Menuju HD, Berkat Asian Games?

Migrasi ini nampaknya menjadi angin segar bagi sebagian pemirsa televisi. Tentunya karena mereka dapat menyaksikan acara mereka dengan lebih jernih dan lebih luas. Serta, ada harapan baru dari televisi-televisi tersebut apabila mereka mulai migrasi ke siaran HD.

Harapan tersebut adalah, agar dapat meningkatkan standar kualitas siaran mereka menjadi lebih tinggi dan sekelas televisi-televisi Internasional semisal BBC maupun NHK.

Namun, sejumlah pemirsa ada yang merasa curiga, bagaimana migrasi tersebut cepat sekali dilakukan? Apa alasan dibalik migrasi yang terburu-buru itu?

https://nawalakarsa.com/asian-games-sctvindosiarujicobahd/

Asian Games mungkin dapat menjadi salah satu dugaan dari kejadian ini. Sebab, penayangan Asian Games sendiri di kelola oleh Emtek selaku pemilih hak siar. TVOne sendiri ‘kecipratan‘ hak siar atas Asian Games.

Dan ini memungkinkan dugaan TVOne migrasi ke siaran HD semakin besar. Pemirsa akan dibuat nyaman dan dapat menonton secara penuh siaran Asian Games tanpa terpotong rasio aspek gambar. Itulah yang TVOne targetkan dalam ujicoba diatas.

Hal ini sebelumnya juga pernah dilakukan oleh TransTV maupun Trans7 jelang penayangan FIFA WORLD CUP RUSSIA 2018, dimana pada saat itu, Trans7 yang pertama kali mengujicoba siaran HD di Kanal UHF Analog yang kemudian disusul oleh TransTV.

https://nawalakarsa.com/piala-dunia-2018-siaran-digital-terrestrial-kok-tidak-ada-sinyal/

Tetapi, harus kita ketahui sendiri bahwa TVOne sesungguhnya merupakan Televisi Berita. Bukanlah televisi olahraga sepert TVRI Sport HD. Ketidakpastian tentang realisasi TVOne menuju Siaran HD masih kuat, walaupun ujicoba berlangsung kemarin. Akan ada kemungkinan bahwa TVOne hanya akan siaran dalam format HD selama Asian Games, dan akan kembali bersiaran dalam format SD setelah acarah berakhir.

Namun, apakah langkah pertama TVOne menuju HD ini akan benar-benar membawa TVOne menjadi televisi High Definition yang kesekian di Indonesia? Apakah nantinya TVOne akan memberikan standar penyiarannya yang terbaik kepada para pemirsanya? Kita tunggu saja.

Contributor
Do you like Naufal Alfarizy's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio