Beberapa waktu yang lalu, Google harus larang semua pegawainya untuk menggunakan aplikasi Zoom sebagai sarana WFH (Work From Home). Larangan tersebut dikeluarkan terkait dengan adanya kabar bahwa sistem keamanan Zoom yang sangat rapuh dan lemah. Parahnya, ada jutaan lebih pengguna Zoom yang saat ini dalam bahaya terkait dengan lemahnya sistem keamanan aplikasi tersebut.

Bagaimana bisa Google sampai harus larang pegawainya untuk menggunakan Zoom? Yuk kita simak laporannya di bawah ini.

Google Melarang Semua Pegawainya Menggunakan Zoom Terkait Masalah Keamanan

Google Aplikasi Zoom

Seperti yang dilansir oleh Buzzfeednews, Google harus larang semua pegawainya menggunakan Zoom sebagai sarana WFH. Hal ini dikarenakan sistem keamanan Zoom yang sangat rapuh dan lemah dalam menghadang serangan cyber. Jose Castaneda, Jubir Google, menyatakan bahwa pihak Google melarang penggunaan aplikasi yang tidak diperbolehkan oleh perusahaan.

Jose juga menambahkan bahwa standar keamanan Zoom tidak memenuhi standar keamanan yang direkomendasikan oleh perusahaanya. Namun demikian, pihaknya tetap memperbolehkan pegawainya untuk menggunakan aplikasi itu diluar pekerjaan seperti urusan keluarga, teman, dan lain-lain.

Sistem Keamanannya yang Rapuh dan Mudah Dibobol oleh Hacker

Google Aplikasi Zoom

Larangan dari Google tersebut bukanlah tanpa sebab. Salah satu alasannya adalah sistem keamanan serta privasi Zoom yang rapuh dan bahkan mudah dibobol oleh Hacker yang cukup awam. Sebelumnya, terdapat beberapa kasus dimana hacker nakal melakukan aksi trolling hingga mengakibatkan sebuah pertemuan menjadi terganggu.

Hal itu terbukti dari hasil sebuah investigasi, dimana aplikasi Zoom iPhone dan iPad secara tidak langsung mengirimkan data penggunanya ke Facebook. Walaupun hal tersebut telah diperbaiki oleh pihak Zoom, tetapi hal baru kembali muncul. Salah satu hacker menemukan celah keamanan yang dapat mengambil alih microphone dan kamera dan bahkan mengambil kendali penuh kompute iMac.

Perusahaan Lain Ikut Melarang Pegawainya Menggunakan Zoom

Tentu saja Google bukan satu-satunya perusahaan yang melarang penggunaan Zoom. Perusahaan ternama seperti SpaceX juga melarang keras pegawainya menggunakan aplikasi Zoom. NASA pun juga ikut memberi larangan pegawainya untuk menggunakan aplikasi itu, mengingat beberapa informasi NASA sangatlah rahasia dan sensitif. Tidak luput juga beberapa instansi di Indonesia ikut melarang pegawainya untuk menggunakan Zoom.

Bagi NawaReaders yang menggunakan aplikasi Zoom, sebaiknya jangan digunakan untuk rapat perusahaan atau rapat penting lainnya. Guna mengantisipasi adanya kebocoran data dan penggunaan ilegal lainnya oleh hacker-hacker nakal.

Nawala Karsa NK Kurio