1. Pop Kultur Umum

Gawat! Gedung Pusat Niaga JIEXPO Kebakaran!

Kebakaran kembali menggemparkan ibukota. Gedung Pusat Niaga yang terletak di dalam area JIEXPO Kemayoran terbakar Selasa (5/6) sore. Kejadian yang bertepatan saat pelaksanaan Jakarta Fair ini membuat warga Jakarta heboh, khususnya yang sedang berada di arena Jakarta Fair. Berdasarkan beberapa laporan, lima orang pekerja bangunan terjebak dalam gedung.

Sofia, salah satu pengunjung Jakarta Fair yang sempat melihat terjadinya kebakaran mengatakan bahwa awalnya asap diduga muncul dari knalpot sepeda motor yang berada pada stan di area Open Space. Kondisi sekitar Gedung Pusat Niaga yang banyak ditutupi bangunan stan membuat pengunjung menganggap hanya asap biasa.

Ditambahkan pula, saat terjadinya kebakaran seluruh stan yang menempati Gedung Pusat Niaga sudah ditutup dan pengunjung diminta meninggalkan lokasi yang terbakar. Pihak JIEXPO selaku penyelenggara Jakarta Fair sekaligus pengelola gedung berusaha menenangkan pengunjung saat terjadinya kebakaran. Tidak hanya itu, pengunjung sempat mengabadikan terjadinya kebakaran.

Laporan Dhani Irawan pada situs Detiknews mengatakan, api diduga berasal dari alat las yang digunakan pada pengerjaan proyek di lantai 7. Hingga berita ini diturunkan, pihak Pemadam Kebakaran masih memastikan kembali sumber api yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

“(Sumber api) itu informasi di lantai 7 ada pekerjaan bangunan, proyek”

Syarifuddin, Kasi Operasi Damkar Jakarta Pusat

Akun Twitter resmi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta menjelaskan bahwa karyawan berusaha memadamkan api menggunakan APAR yang berada di dalam gedung. Akan tetapi, usaha yang mereka lakukan tidak membuahkan hasil karena api semakin membesar.

Pernyataan Komisaris JIEXPO atas Terjadinya Kebakaran

Komisaris utama JIEXPO Kemayoran Murdaya Poo, sebagaimana dilaporkan Wartakota mengapresiasi respon cepat yang dilakukan oleh pihak Damkar DKI Jakarta. Lebih lanjut, Murdaya mengatakan bahwa dirinya dan polisi masih mempelajari terjadinya kebakaran. Murdaya juga mengatakan bahwa Gedung Pusat Niaga yang terbakar “dipersiapkan sebagai convention center dan ballroom menyambut perhelatan Asian Games 2018″.

“Di sana masih pengerjaan semua. Makanya sama polisi sedang di pelajari sekarang ini. Saya rasa okelah saya juga terkejut, tapi kelihatanya cepet sekali bantuan dari pemadam sekarang suda enggak ada apinya, enggak ada semua”
Murdaya Poo, Komisaris JIEXPO Kemayoran (Wartakota)
Contributor
Nawala Karsa NK Kurio