1. Pop Kultur Umum

Resmi! Film Studio Ghibli Akan Hadir di Layanan Streaming HBO Max

OtaCool sekalian pasti masih ingat beberapa hari yang lalu Studio Ghibli memberikan pernyataan bahwa film mereka tidak akan hadir di layanan streaming. Ternyata, mereka mengeluarkan sebuah pengecualian kali ini!

Studio bentukan Hayao Miyazaki dan rekan-rekan itu belakangan menerima pinangan dari WarnerMedia untuk menayangkan filmnya di jalur streaming. Penayangan tersebut akan dilakukan melalui HBO Max.

Dalam kesepakatan tersebut, sebanyak 21 judul film dari Studio Ghibli dapat disaksikan secara streaming. Hampir seluruh judul unggulan seperti Spirited Away, My Neighbour Totoro dan lainnya akan bisa diakses di aplikasi tersebut.

Dikatakan hampir seluruh judul karena film Grave of the Fireflies tidak termasuk dalam kesepakatan ini. Film karya Isao Takahata ini lisensinya dipegang oleh Shinchosha Publishing, sehingga tidak dapat hadir bersama film lainnya di HBO Max.

Grave of the Fireflies, salah satu film yang dikerjakan oleh Studio Ghibli

Kevin Reilly, Chief Content Officer HBO Max sekaligus presiden TNT, TBS, dan truTV, memuji kualitas film besutan Hayao Miyazaki dan kolega itu.

“Film-film Studio Ghibli secara visual menakjubkan, pengalaman yang benar-benar mendalam,” ujar Riley, dikutip dari Variety. “Menyenangkan, mempesona, dan sangat humanistik, film-film yang luar biasa ini telah merebut hati orang-orang di seluruh dunia, dan kami bangga memamerkannya dengan cara yang dapat diakses untuk lebih banyak penggemar melalui HBO Max.”

Sementara bagi Studio Ghibli, kesepakatan ini penting untuk menjaga eksklusifitas produk mereka.

“Sebagai merek konten streaming premium, HBO Max adalah rumah yang ideal untuk film-film kami,” ujar Koji Hoshino, chairman Studio Ghibli.Setelah peluncuran layanan pada musim semi ini, penggemar Ghibli akan dapat menikmati favorit mereka dan menggali koleksi kami lebih dalam, sementara seluruh audiens baru akan dapat menemukan film kami untuk pertama kalinya.”

Ingin menikmati streaming di HBO Max? Sabar dulu, layanan ini belum resmi meluncur. Situs steraming besutan WarnerMedia ini baru akan hadir pada Musim Semi tahun depan.

Kabar buruknya, layanan ini hanya akan tersedia di Amerika Serikat. Jadi bagi yang berada di negara lain – termasuk Indonesia dan Jepang (!) – tidak dapat mencoba layanan ini.

Jadi untuk saat ini, kita hanya bisa mengharapkan penayangannya di bioskop, festival, atau –jika beruntung– di layar televisi.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Nawala Karsa NK Kurio