Pada hari ini (1/11), sosial media sedang ramai pembahasan tentang fans K-Pop yang marah terhadap layanan aplikasi RCTI+ terkait konser Korea Music Drive-in Festival 2020 atau disingkat KMDF 2020. Bahkan masalah ini membuat beberapa pihak resmi dan bahkan fans K-Pop dari luar Indonesia. Apa yang terjadi sebenarnya? Yuk, kita cari tahu bersama!

Fans K-Pop Marah Besar dengan Layanan dari Aplikasi RCTI+

Masalah ini berawal dari sebuah layanan konser live streaming KMDF 2020 dari aplikasi RCTI+ yang bisa ditonton oleh para fans K-Pop di Indonesia. Mereka dapat menontnon konser tersebut dengan mengunduh aplikasi RCTI+ dan membeli tiketnya secara online. Konser tersebut dimulai dari 31 Oktober hingga 1 November 2020.

Pada hari pertama, banyak fans K-Pop dari Indonesia mengeluh dengan layanan yang diberikan oleh RCTI+. Salah satunya adalah masalah teknisi seperti server lambat, nge-lag bahkan ada pula yang mengalami masalah display untuk menonton konsernya. Setelah kami telusuri, ternyata Itu baru satu yang masalah, belum masalah lain yang kami peroleh informasinya.

Ada Layanan Resmi dan Gratis Menonton Konser Korea Music Drive-in Festival 2020, Tapi di Takedown oleh RCTI

Masalah lainnya adalah ketika netizen menemukan bahwa adanya layanan resmi dari pihak Korea yang menawarkan tontonan live streaming konser KMDF 2020 di channel Youtube bernama IDOLLIVE. Pihak channel tersebut memberikan kesempatan para penonton agar bisa menonton konser tersebut secara gratis.

RCTI+ Fans K-Pop Korea Music Drive-in Festival KMDF 2020

Namun tidak lama kemudian, video live streaming tersebut di takedown oleh pihak RCTI atas dasar hak cipta. Mengetahui hal tersebut, netizen dan fans K-Pop marah besar terhadap apa yang telah dilakukan pihak RCTI+ maupun RCTI. Sampai saat ini, pihak IDOLLIVE tidak dapat meng-upload ataupun menyediakan live streaming konser KMDF 2020 di channel Youtube mereka.

RCTI+ Fans K-Pop Korea Music Drive-in Festival KMDF 2020

Maaf karena tiba-tiba menghentikan KMDF 🙁

Kami mendapat pesan peringatan dari seseorang karena melanggar hak cipta.

Kami tidak menyangka hal ini akan terjadi, kami benar-benar minta maaf.

Sebagai gantinya, kami akan berikan Festival VOD secepatnya.

Maaf atas ketidaknyamanan dan sampai ketemu lagi nanti!

Reaksi Netizen

Masalah yang didapatkan fans K-Pop baik itu dari Indonesia maupun luar negeri terhadap layanan RCTI+ dan pihak RCTI membuat banyak orang marah serta kesal. Mereka heran kenapa video live streaming dari channel resmi pihak Korea kena takedown oleh RCTI. Banyak yang menganggap pihak RCTI telah melakukan sebuah kesalahan dan akan berdampak buruk.

Berikut ini adalah beberapa reaksi netizen dari Indonesia terkait masalah ini.

“gini amat cari duit tuh stasiun tv”

“udh rating anjlok , acara gk mutu semua skrng ngelakuin hal kek gini wkekekek”

“Sya merasa kasian beli tiket tuh”

“RCTI TIDAK OKE”

Bahkan masalah takedown video IDOLLIVE oleh pihak RCTI ini diketahui oleh netizen dari luar negeri. Kalian bisa lihat sendiri salah satu postingan dari netizen luar Indonesia dibawah ini.

Um, jadi RCTI Indonesia banned IDOLLIVE yang merupakan pihak channel resmi dari Korea?

Untuk saat ini belum ada pernyataan resmi mengenai masalah teknisi di aplikasi RCTI+ ataupun takedown video livestreaming IDOLLIVE dari pihak RCTI. Mari kita tunggu saja konfirmasi masalah ini dari pihak RCTI.

Nawala Karsa NK Kurio