Download Game Gratis Dari Ajang “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” Yang Pasti Bikin Betah di Rumah!

Awal April lalu, Kemkominfo bekerjasama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Clevio menggelar ajang “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”. Berikut 11 gim terpilih dari Ayo Bikin Game di Rumah Aja yang bisa kamu download.

Ayo Bikin Game di Rumah Aja

Dalam ajang yang didukung oleh Garena, Maingame.com dan Telkomsel ini, Kemkominfo mengajak masyarakat untuk mengasah kreativitas mereka dalam membuat game. Game yang berpartipasi akan dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi pencegahan dan penanggulangan wabah COVID-19 yang saat ini menyebar di Indonesia.

Bertemakan “Mari Bersama Melawan COVID-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru”, ajang ini bertujuan untuk meminimalisir pandemi Corona melalui video game. Diharapkan video game yang dihasilkan bisa menjadi media yang seru untuk mensosialisasikan pencegahan terhadap penyebaran virus COVID-19. Ajang ini digelar secara daring untuk mendukung program pemerintah, belajar dan bekerja dari rumah untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19.

Ajang ini sendiri dibagi menjadi beberapa kategori, Junior (untuk siswa SD, SMP dan SMA/SMK) dan Mahasiswa/Umum. Peserta membentuk tim dan bekerjasama selama tiga hari (2 April – 5 April 2020) untuk menghasilkan game yang bisa dimainkan. Masyarakat juga dilibatkan dalam menentukan game favorit mereka dengan cara memberikan voting terhadap karya-karya yang berpartisipasi.

Unduh Gim Terbaik dari Ajang Ini!

Ajang ini banyak menarik antusiasme dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tercatat, peserta termuda dari ajang ini adalah seorang anak kelas 2 SD berusia 7 tahun. Lalu pesertanya juga tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari ujung barat Langsa di Banda Aceh hingga Malili di Luwu Timur. Bahkan ada seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di kota Kitakyushu, Jepang ikut serta membuat game di acara ini.

Tercatat ada 238 karya tercipta dalam Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” ini. Rinciannya ada 131 karya dari kategori umum dan 107 karya dari kategori junior. Setelah melalui proses penjurian dan juga voting masyarakat, berikut adalah daftar game-game terbaik yang bisa langsung diunduh dan dimainkan.

Kategori SD

Pemenang Pertama: Fight the Virus (Anneke Nazeeya Setiawan)

Kita harus sadar kalau untuk memerangi COVID-19 kita memerlukan masker, sabun untuk cuci tangan, dan juga disinfektan untuk mematikan virus. Dengan memainkan game ini orang diharapkan mengerti dan sadar bahwa ketiga alat tersebut (masker, hand sanitizer, dan disinfektan) sangatlah penting. Game ini juga mengajak pemain untuk membagikan masker kepada yang belum punya masker sehingga semua orang lebih terlindungi lebih baik.

Link download: https://bit.ly/fightTheVirus (PC)

Pemenang Kedua: Attack on Corona (Ananda Tri Noviar Rahmadanu Pangestu)

Attack On Corona adalah game dimana pemain ditugaskan untuk membunuh virus COVID-19 dengan cara mengklik atau menekan semua serum yang tampil.

Link download: https://bit.ly/AttackCorona (Mobile Android)

Kategori SMP

Pemenang Pertama: Mr. Sprayman (Aghnat Hasya Sayyidina)

Kamu adalah manusia terakhir setelah pandemi corona yang baru saja memusnahkan hampir seluruh populasi manusia di Bumi. Berita baiknya kamu tidak perlu mengkarantina diri lagi. Berita buruknya kau harus keluar dari persembunyianmu karena corona telah berevolusi. Bertempat di masa depan dimana vaksin corona sama sekali belum ditemukan dan kamu adalah harapan terakhir untuk membebaskan Bumi dari virus ini. Basmi musuh-musuhmu dari minion hingga si Boss Corona sendiri dengan spray gun yang sudah dimodifikasi. Cepat – lambat corona akan menguasai Bumi dan itu semua tergantung padamu.

Link download: https://bit.ly/MrSpraymanSMP (PC)

Pemenang Kedua: Social Distancing: The Game (Gavin Malik Setiawan)

Social Distancing sampai saat ini adalah cara yang paling ampuh untuk melawan COVID-19 selama vaksin belum ditemukan. Hanya saja banyak yang belum sadar pentingnya social distancing dan bahaya dari COVID-19. Misi game ini adalah player harus pulang ke rumah dengan aman dengan jaga jarak dari (tidak menyentuh) orang lain. Jika player terkena orang sakit atau orang dengan COVID-19 yang tanpa gejala, maka player akan mati. Dengan memainkan game ini pemain diharapkan sadar bahaya mendekati orang sakit dan orang yang terlihat sehat tetapi sebenarnya membawa virus COVID-19. Di dalam game ini juga ada edukasi pentingnya cuci tangan.

Link download: https://bit.ly/SocialDistancingGameSMP (PC)

Kategori SMA

Pemenang Pertama: Di Rumah Aja (Raihanita Damayanti)

Game ini dibuat sehubungan dengan adanya isu COVID-19 yang sudah tersebar di berbagai wilayah di dunia termasuk Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah kita mempopulerkan tagar #dirumahaja untuk menghimbau masyarakat akan pentingnya social distancing. Dalam game ini, anda akan berperan sebagai polisi yang menghimbau masyarakat akan pentingnya perintah social distancing. Anda wajib meyakinkan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah ini.

Link download: https://bit.ly/DiRumahAjaSMA (PC)

Pemenang Kedua: Sijaro (Wiaji Robian Dwi Cahya)

Kurangnya pemahaman tentang gejala virus corona oleh masyarakat indonesia menyebabkan banyaknya kesalahan dalam penanganannya. Game ini dibuat untuk memberi edukasi / pemahaman tentang gejala virus corona dan penangannya dengan lebih menarik dan mudah dipahami. Cara bermain: diberikan contoh gejala virus corona dan pilih salah satu penanganan yang tepat untuk gejala tersebut.

Link download: https://bit.ly/SijaroSMA (Mobile Android)

Pemenang Favorit: Petualangan Covid-19 (Akbar Wicaksono)

Dalam game ini, kamu harus membantu Abil pulang kembali ke rumah dengan tetap sehat tanpa mengenai virus.

Link download: https://bit.ly/PetualanganCovid19 (Mobile Android)

Kategori Umum

Pemenang Pertama: Stay – A Cute but Anxious Girlfriend Simulator (Fajri Rahmadhany)

Saat pacar kita terisolasi di kos karena dia merantau dan tidak bisa pulang kampung karena tidak diizinkan. Dalam game ini, pemain harus melakukan berbagai hal dari rumah mulai dari makan, bekerja hingga belajar. Pemain harus tetap menjaga indeks kebahagiaan dan kesehatan agar tetap seimbang.

Video Gameplay: https://www.youtube.com/watch?v=dTlMXsvpxrA

Link download: https://bit.ly/AnxiousGirlfriendUmum (Mobile Android)

Pemenang Kedua: Safey Shoppy (Vinda D Zoebir)

Di saat disuruh ibu belanja bahan makanan ke supermarket di tengah maraknya virus Covid-19, pemain harus mengikuti petunjuk pemerintah dan patuhi aturan agar tetap aman, sehat dan terjaga dari bahaya virus yang sedang menyerang.

Video Gameplay: https://www.youtube.com/watch?v=eakK0LU9kVQ

Link download: https://bit.ly/SafeyShoppyUmum (Mobile Android)

Pemenang Ketiga: Fight Covid-19 (Andrie Nata. S)

Dalam game ini, pemain berperan sebagai donatur yang akan memberikan bantuan kepada masyarakat untuk memerangi wabah Covid-19. Pemain harus memberikan donasi yang tepat sesuai dengan yang diminta oleh masyarakat.

Video Gameplay: https://www.youtube.com/watch?v=OevZJOV6fX8

Link download: https://bit.ly/FightCovidUmum (Mobile Android)

Pemenang Favorit: Planet Covid (Kevin Jaya Wiguna)

Planet Covid adalah sebuah game tap-tap, dimana player berperan sebagai raja yang mengatur pembangunan rumah sakit, strategi pemakaian disinfectant, dan sebagainya untuk menekan jumlah kematian korban COVID-19.

Video Gameplay: https://www.youtube.com/watch?v=Egh4bc5PwNQ

Link download Ayo Bikin Game di Rumah Aja: https://bit.ly/PlanetCovidUmum (Mobile Android)

Harapan Dari Kemkominfo

“Setelah melihat game yang dihasilkan oleh peserta dan dibuat dalam waktu 3 hari, ini sungguh memperlihatkan bahwa kondisi kita harus beraktifitas di rumah tidak menjadi kendala untuk belajar hal baru, dan juga menghasilkan karya yang bermanfaat,” ungkap Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika, Kemkominfo.

“Kami mengharapkan para pemenang dan seluruh peserta mendapatkan manfaat terhadap perkembangan kemampuan mereka dalam membuat game. Yang tentunya ini bagus bagi masa depan industri game developer Indonesia,” ujarnya, “Dan juga dalam kondisi Covid-19 ini, kami mengharapkan agar apresiasi yang didapatkan oleh para pemenang akan mendorong mereka untuk mau berbagi dengan para saudara-saudara kita yang membutuhkan disekitar kita. Mereka-mereka yang terdampak kehidupannya akibat Covid-19 ini bisa kita tolong secara bersama-sama,” paparnya lebih lanjut.

“Program ini adalah salah satu bentuk nyata usaha pemerintah dan asosiasi untuk menyelesaikan beberapa permasalahan yang muncul dari krisis COVID-19,” ungkap Ketua Umum AGI Cipto Adiguno.

“Selain mendorong kreativitas masyarakat yang mungkin terhambat karena harus tetap di rumah, diharapkan karya-karya yang dihasilkan, baik pemenang maupun tidak, mampu mengedukasi masyarakat tentang tidak hanya bahaya COVID-19, tapi juga efek samping berdiam diri di rumah dalam waktu lama dan cara-cara menanggulanginya,” lanjutnya.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.