Planet Entertainment, perusahaan yang merilis gim Cooking Mama Cookstar, ternyata merilis gim tersebut secara ilegal. Hal tersebut diungkapkan oleh OFFICE CREATE dalam suratnya, mengutip dari NintendoLife.

Sempat Dikira Memiliki Cryptocurrency

Cooking Mama terbaru itu hilang dari eShop. Salah satu game favorit fans khususnya Nintendo, Cooking Mama hadir di Nintendo Switch pada tanggal 26 Maret salah satunya melalui Nintendo eShop. Namun, tiba-tiba game tersebut menghilang dari peredaran eShop.

Gim sempat hadir sebentar di Nintendo eShop sebelum akhirnya ditarik dalam beberapa jam. Akun Twitter Cooking Mama dan publisher Planet Digital, tidak memberikan komentar apa-apa saat itu (6/4). Tidak ada info terkait kapan game tersebut akan kembali.

Misteri ini berakar pada fitur utama game tersebut, yakni blockchain. Penggunaan blockchain diklaim untuk keamanan dan alasan permainan. dikatakan bahwa fitur tersebut akan memberikan kunci unik untuk setiap game yang akan berfungsi sebagai DRM dan memberikan pengalaman unik.

Jadi bayangkan Cooking Mama tapi lebih personal seperti Animal Crossing New Horizon. Fitur tersebut juga memungkinkan pemain untuk mendapatkan in-game currency yang bisa dibagikan ke pemain lain.

Rumor Cryptocurrency Itu Bohong, ujar Pengembang

cooking mama cookstar ditarik office create

Rumor mengatakan bahwa fitur blockchain pada game tersebut justru dipakai untuk menambang Cryptocurrency. Namun berdasarkan informasi dari pihak pengembang, tidak ada Cryptocurrency sama sekali dalam gim tersebut.

Pengembang 1st Playable melalui Nintendo Everything, mengklaim bahwa hal tersebut hanyalah hipotesis belaka.

“Sebagai pengembang, kami dengan yakin menyebut bahwa tidak ada pengumpulan data atau kripto atau blockchain ataupun hal-hal aneh dalam kode gim,” ujarnya, “Nintendo Switch merupakan platform yang sangat aman, dengan tak adanya data serta masalah privasi yang umumnya ada pada gim PC maupun mobile.

“Isu soal cryptocurrency itu cuma omong kosong,” ujarnya, “Atasan Planet Entertainment tidak tahu banyak tentang hal itu. Ia hanya memasukkan sejumlah bahasa yang bagus untuk menarik investor potensial yang menyukai hal-hal tersebut.”

Office Create Tarik Lisensi Cooking Mama dari Planet Entertainment

Dalam surat yang dirilis melalui website resmi mereka, OFFICE CREATE menyebut bahwa penerbit gim yakni Planet Entertainment telah menerbitkan gim Cooking Mama Cookstar tanpa seizin mereka. Dalam surat tersebut, mereka juga menyebut bahwa kualitas gim yang dibuat sangatlah buruk.

OFFICE CREATE juga tidak mengetahui adanya rencana dari pihak penerbit untuk merilis gim tersebut ke konsol lain seperti PS4. Dengan demikian, pada 30 Maret sebelumnya, mereka telah menarik lisensi tersebut dari Planet Entertainment.

Kendati demikian, meski ‘nasi telah menjadi bubur’, OFFICE CREATE selaku pemegang IP Cooking Mama akan melakukan tindakan legal (dalam hal ini penuntutan) terhadap Planet Entertainment akibat penyelewengan tersebut.

Planet Entertainment: Kami Punya Hak Rilis Gim Cooking Mama!

Melalui cuitan di akun resmi mereka, Planet Entertainment menampik tuduhan terhadap mereka dari OFFICE CREATE. Dalam penjelasannya, penerbit mengaku bahwa mereka memiliki hak untuk menerbitkan gim Cooking Mama buatan mereka ke pasar gim.

“Menurut kontrak, Planet (Entertainment) memiliki hak penuh untuk merilis Cooking Mama: Cookstar. Tidak ada hukum perkara yang mengikat Planet (Entertainment) untuk dapat merilis gim tersebut.”

Nawala Karsa NK Kurio