Informasi resmi terkini dari panitia Comic Market mengabarkan bahwa Comiket 99 akan diundur. Bagaimana nasib event pop kultur Jepang yang sangat terkenal ini?

Event Comiket 99 Diundur dan Akan Diganti

https://www.facebook.com/ComicMarketOfficial/posts/3159152677485667

Media sosial dan situs resmi untuk Comic Market menyatakan bahwa Comic Market 99 (C99) direncanakan untuk tidak digelar pada musim dingin 2020 ini, tepatnya akhir Desember. Penyelenggaraan pasar komik tersebut dimundurkan ke Mei 2021. Sebagai gantinya, Comiket akan menggelar event online seperti yang dibuka untuk umum di situs tertentu.

Acara yang dinamakan Air Comiket ini akan peringati 45 tahun penyelenggaraan Comic Market yang dimulai pada Desember 1975. Pihaknya juga akan usahakan untuk menghadirkan partisipan dari para komikus independen dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam acara daring tersebut.

Pihak Panitia Event Diharapkan Perhatikan Protokol

Sebelumya, mempertimbangkan pengumuman pembatalan Comiket 98 pada 27 Maret imbas pandemi COVID-19, komite Comiket akan melakukan reschedule untuk C99 yang akan diumumkan ke media sosial nantinya.

Sebagai contoh, Tokyo Big Sight, situs utama Comic Market, keluarkan beberapa regulasi terbaru mengenai pengendalian wabah virus corona. Para penyelenggara diharapkan untuk mengikuti dengan seksama dan perhatikan protokol kesehatan bagi para pengunjung, dan membatasi jumlah pengunjung setiap hari saat event berlangsung.

Beberapa situs acara untuk event telah keluarkan peraturan baru mengikuti anjuran pemerintah dalam mencegah penyebaran pandemi. Beberapa organisator event doujin pun akan memulai kembali acara mereka dengan mengikuti protokol kesehatan oleh pemilik gedung tempat acara tersebut.

Comiket 99 Diundur, Bagaimana dengan Dananya?

comiket 99 diundur tokyobigsight

Menurut panitia Comiket, C99 akan direncanakan untuk dilaksanakan bertepatan dengan Golden Week, Mei tahun depan. Lebih lagi, Comiket juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk eventnya, begitu juga panitia event lainnya di Tokyo Big Sight. Beberapa informasi akan dikonfirmasikan mulai Oktober ini, jadi mereka berharap peserta dapat sabar untuk menunggu informasi terkini.

Panitia Comiket mengatakan bahwa secara finansial, mereka tidak mengalami permasalahan yang datang kala pandemi merebak di Tokyo. Penjualan katalog C98 yang telah dijual di beberapa toko buku di Jepang mendukung pendanaan yang langsung diterima oleh panitia sendiri.

Namun, mereka akan tetap minta bantuan dari publik jika dirasa mereka membutuhkan dana lebih bagi penyediaan fasilitas serta kelangsungan acara tersebut.

Nawala Karsa NK Kurio