Beberapa waktu yang lalu, Twitter sempat dihebohkan dengan kabar diblokirnya channel YouTube resmi Toei Tokusatsu. Hal ini disebabkan karena channel YouTube Toei kena klaim copyright dari perusahaannya sendiri.  Loh, kok bisa? Apa penyebab channel YouTube Toei tiba-tiba kena copyright dari perusahaannya sendiri? Yuk, kita simak selengkapnya di sini!

Channel Youtube Toei Tokusatsu Sempat Down Akibat Copyright dari Perusahaan Toei Sendiri

Dari salah satu cuitan Twitter oleh pengguna, Gorudan, channel YouTube Toei sempat diblokir karena masalah copyright dari banyak pihak. Anehnya, klaim-klaim tersebut berasal dari perusahaan Toei itu sendiri. Padahal channel ini tidak menambahkan konten-konten dari luar perusahaan Toei.

Namun demikian, hal tersebut tidak bertahan lama dan kini channel Toei Tokusatsu World Official sudah bisa diakses kembali. Belum diketahui pasti alasan mengapa channel keluaran dari Toei Company itu sendiri sempat down akibat klaim copyright-nya sendiri.

Algoritma Milik YouTube Yang Sangat Mengganggu

Banyak yang berpendapat bahwa klaim Toei itu diakibatkan oleh algoritma milik YouTube yang akhir-akhir ini meresahkan para Youtuber. Algoritma tersebut mengira bahwa konten Toei Tokusatsu adalah konten tercuri dari Toei Company. Sehingga secara otomatis, AI milik YouTube pun memberikan peringatan bahwa konten-kontennya telah diklaim oleh Toei Company itu sendiri.

Klaim Copyright yang dijalankan secara otomatis mengikuti algoritma YouTube ini memang dikenal sangat buruk bagi para penggunanya. Selain tetap memberikan klaim-klaim copyright yang tidak benar, tetapi juga membuat para content creator kesulitan dalam membuat video. Karena apabila video tersebut terkena klaim yang salah, bisa jadi seluruh pendapatan video itu jatuh ke orang lain.

Sering Terjadi Kesalahan Copyright di Youtube

Toei Tokusatsu bukanlah satu-satunya korban dari kejadian ini. Musisi EDM, TheFatRat, pernah mendapatkan copyright klaim pada musik buatannya sendiri dari perusahaan musik yang dia tidak kenal. Tidak sedikit juga orang-orang yang melakukan protes keras akibat algoritma YouTube yang benar-benar ngawur. Mengingat respon YouTube pada komplain-komplain tersebut terbilang cukup lambat dan ribet.

Channel Toei Tokusatsu Berisikan Acara-acara Klasik yang Bisa Dinikmati Secara Online

Toei Company meluncurkan channel YouTube official Toei Tokusatsu World Official yang dapat diakses hari ini. Ada lebih dari 70 acara televisi bawaan Toei yang akan diupload melalui channel tersebut. Pada awal perilisannya, ada 1 dan 2 episode untuk setiap acaranya dan akan terus bertambah mengikuti jadwal tayang semula.

Tujuannya adalah supaya para penggemar di seluruh dunia bisa menikmati acara-acara klasik dari Toei secara daring. Acara-acara populer tersebut seperti Robot 8-Chan, GO ROBOTTIE (sering dikenal ROBOCON), Kabutack, Ninja HenshinArashi, dan masih banyak lagi. Saat ini, channel tersebut telah berfungsi normal kebali dan acara-acaranya bisa NawaReaders nikmati.

Nawala Karsa NK Kurio