Selebriti Indonesia sekaligus juri MasterChef Indonesia, Arnold Poernomo, menerima tantangan dari fansnya untuk membuat hidangan dari anime Food Wars! Shokugeki no Soma bernama Chaliapin Steak Don. Bagaimana Chef Arnold menguak mitos-mitos yang berada dalam masakan tersebut?

Chaliapin Steak Don, tak perlu mahal!

chaliapin steak don soma

Chaliapin Steak Don adalah masakan yang dibuat oleh Soma Yukihira ketika melawan Ikumi Mito dalam bab ke-13 manga Food Wars. Hidangan tersebut merupakan kreasi gabungan Soma yang merupakan versi modifikasi dari donburi ala Jepang ditambahkan dengan daging sapi.

Masakan tersebut memakai daging sapi murah yang dapat dibeli di supermarket dan menggunakan komposisi resep dan inovasi yang bersinergi satu sama lain. Merupakan masakan donburi yang biasanya disebut dari suatu mantera, “Donburi sudah selesai dalam satu mangkuk saja.”

Mengapa disebut Chaliapin Steak Don?

chaliapin steak don dishcometrue

Menurut Cooking With Dog, Chaliapin Steak Don dinamakan demikian berdasarkan masakan populer era tempo dulu bernama Chaliapin Steak. Steak ini diciptakan oleh seorang juru masak dari Hotel Imperial, Tokyo, pada 1936. Kala itu, salah satu tamu hotel tersebut adalah biduan opera terkenal asal Rusia, Feodor Chaliapin.

Ia secara pribadi memesan sebuah steak yang menurutnya perlu dibikin dagingnya lebih empuk secara tekstur.

Steak Chaliapin kemudian sudah menjadi masakan yang sudah khas di kalangan masyarakat Jepang sejak penciptaan pertamanya dan tetap dimakan hingga kini.

Masakan ini merupakan steak standar yang biasa tersedia di beberapa family restaurant di Jepang. Steak tersebut juga tersedia di supermarket yang tersebar pula secara komersial dalam bentuk frozen food.

Bagaimana versi Chef Arnold?

Baru-baru ini selebriti Arnold Poernomo, biasa disebut Chef Arnold, mencoba dirinya membuat masakan trademark Soma Yukihira ini. Video sesi masak yang diunggah hari ini merupakan atas permintaan dari salah satu penggemarnya yang menginginkan suatu masakan dari anime Food Wars tersebut.

Resep yang perlu diperhatikan!

Beberapa yang Ia siapkan dalam hidangannya meliputi:

  • Beras Jepang jenis short-grained, beras tersebut menjadi makanan pokok penduduk Jepang dan biasa dipakai untuk sushi dan mochi.
  • Daging steak wagyu yang sudah dipersiapkan secara dry-aged selama 30 hari
  • Satu buah bawang bombai secukupnya, gunanya untuk membuat daging steak menjadi lebih empuk. Ada baiknya untuk diparut ke satu sisi permukaan kemudian dibungkus plastik dan biarkan selama satu jam.
    Menurut Chef Arnold, jus dari bawang tersebut memproduksi enzim khusus untuk melemahkan serat-serat dalam daging agar terasa empuk jika dimakan. Disarankan tidak perlu menggunakan lebih banyak potongan parut bawang agar enzimnya diproduksi lebih poten. SIsakan sebagian bawang lagi untuk dicincang buat topping steak don tersebut.
  • Umeboshi (buah picked plum) untuk aroma buah. Jika tidak ada, bisa memakai cuka beras dan gula, layaknya sushi dressings untuk nasi. Masing-masing satu sendok makan.
  • Daun bawang untuk topping donburi secukupnya
  • Minyak secukupnya, boleh minyak bermerek atau minyak zaitun
  • 30ml kecap manis
  • 150ml red wine sauce
  • 1 sendok teh tepung maizena, dilarutkan air

Cara masaknya bisa NawaReaders saksikan di video diatas agar Kamu bisa mudah memahami bagaimana memasak hidangan ini dengan benar, ya!

Berapa skor yang diberikan sang Chef?

chaliapin steak don umami

Chef Arnold memberikan skor untuk masakan Chaliapin Steak Don ini 8.5 dari 10 poin. Steak donburi tersebut akan lebih enak jika bisa ditambahkan buah umeboshi asli Jepang agar bisa terasa aroma buah selagi makan makanan tersebut.

Perpaduan antara asam dari cuka beras, bawang, daging steak, red wine sauce dan juga lada hitam membuat hidangan nasi buatan Soma Yukihira bisa dimakan setiap hari.

Meski demikian, masakan tersebut merupakan makanan berat dan memakan banyak sumber dari resep aslinya. Chef Arnold pun mengiyakan bahwa dengan penambahan Steak Chaliapin diatas nasi pun sudah lebih dari cukup membuat hidangan ini sangat terkenal di kalangan penggemar budaya pop Jejepangan. Termasuk para penggemar berat franchise dari manga dan anime Food Wars! Shokugeki no Soma.

Nawala Karsa NK Kurio