Gelaran Comic Frontier 14 pada hari pertama (22/2) berjalan dengan lancar, kendati mengalami sejumlah kendala, gelaran ini tetap berjalan seperti biasanya. Namun, ada sesuatu yang menarik para jurnalis yang berada di Media Lounge, yaitu Burung Gereja yang berada di langit-langit Comifuro.

Burung Gereja di Langit-Langit Comifuro

burung gereja comifuro
FOTO: Naufal Alfarizy, 2020

Burung Gereja berwarna hitam tersebut berterbangan di langit-langit area Kartika Expo, Jakarta dimana pasar kreatif Comic Frontier 14 tengah digelar. Sejumlah jurnalis bahkan mendokumentasikan terbang dan turunnya burung tersebut dari Media Lounge Comic Frontier.

Burung Gereja Masuk Ruangan, Tanda Apakah Itu?

Mengutip dari burungnya.com, menurut primbon Jawa, datangnya burung gereja kedalam ruangan ataupun rumah dapat diartikan bahwasanya akan ada tamu spesial yang akan datang ke tempat tersebut. Namun, siapakah tamu yang dimaksud, dan akankah ada tamu yang tak terduga datang ke Comic Frontier?

Selain itu, mitosnya adalah Burung Gereja akan memberikan kabar baik bagi sang pemilik gedung. Kira-kira apa ya kabar baik yang dimaksud itu?

Comic Frontier atau Comifuro, Apa itu?

Comifuro Comic Frontier 14
FOTO: Azka Ramadhan, NAWALA KARSA 2020

Comic Frontier atau Comifuro merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Saat pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu event.

Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah event yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Event ini juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator profesional. Memberikan yang terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini tanpa harus meninggalkan siapapun adalah hal yang diperjuangkan dalam event ini.

Nawala Karsa & Indonesia Otaku merupakan rekan media untuk Comic Frontier 14

Nawala Karsa NK Kurio