1. Pop Kultur Umum

Bosan Mau Jalan Kemana? Ayo ke Jakarta Fair ke 51 (Bagian 1)

Ayo kita ke Jakarta Fair…. Potongan lirik dari lagu ini sudah sangat familiar di telinga kita. Ya, Jakarta Fair kembali digelar untuk ke-51 kalinya di JIEXPO Kemayoran. Jakarta Fair sudah menjadi agenda tahunan dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta, yang mana pada tahun 2018 genap berusia 491 tahun. 

Pameran multiproduk yang diklaim sebagai pameran terbesar se-Asia Tenggara ini diadakan selama 40 hari, dari tanggal 23 Mei 2018 hingga tanggal 1 Juli 2018. Berbagai jenis produk ditawarkan, dari elektronik, otomotif hingga makanan. Semuanya ditawarkan dengan beragam promosi, baik potongan harga hingga bonus yang melimpah.

Bagaimana menuju Jakarta Fair?

Untuk menuju Jakarta Fair, terdapat banyak alternatif yang dapat digunakan. Selain menggunakan mobil pribadi, pengunjung bisa menggunakan bus Transjakarta yang membuka empat rute khusus menuju JIEXPO Kemayoran. Keempat rute tersebut adalah:

2C (Monas-JIEXPO Kemayoran)

Peta Rute 2C
Peta Rute Transjakarta 2C (Monas-JIEXPO Kemayoran) (PT Transportasi Jakarta)

PRJ1 (PGC 1-JIEXPO Kemayoran)

Peta Rute PRJ1
Peta Rute Transjakarta PRJ1 (PGC 1-JIEXPO Kemayoran) (PT Transportasi Jakarta)

PRJ2 (Kampung Melayu-JIEXPO Kemayoran)

 

Peta Rute PRJ2
Peta Rute Transjakarta PRJ2 (Kampung Melayu-JIEXPO Kemayoran)
(PT Transportasi Jakarta)

PRJ3 (Pulogadung-JIEXPO Kemayoran)

Peta Rute PRJ3
Peta Rute Transjakarta PRJ3 (Pulogadung-JIEXPO Kemayoran)
(PT Transportasi Jakarta)

Sementara itu, untuk anda yang hendak membawa kendaraan pribadi, tarif parkir yang berlaku adalah tarif flat, yaitu Rp 30.000,00 untuk mobil dan Rp 15.000,00 untuk motor. Dengan demikian, anda tidak perlu takut membengkaknya tarif parkir apabila berlama-lama di arena Jakarta Fair.

Lantas, bagaimana tiket masuk Jakarta Fair?

Terkait tiket masuk, Jakarta Fair membuat gebrakan baru di tahun ini, yaitu pengguna dapat membeli tiket masuk secara daring melalui situs JD.id. Cara kerja pemesanan tiket ini sebenarnya sangat sederhana; pengunjung cukup membeli tiket, membayar dan menerima SMS berisi kode voucher yang nantinya ditunjukkan kepada loket untuk ditukarkan dengan smartcard dan tiket masuk berisi kupon untuk ditukarkan dengan produk sponsor.

Pemesanan Tiket Jakarta Fair via JDID
Pemesanan tiket Jakarta Fair secara daring melalui aplikasi JD.id (istimewa)

Untuk harga tiket masuk, terdapat tiga kategori tiket. Pertama, untuk hari Senin Rp 25.000,00. Sementara hari Selasa-Jumat Rp 30.000,00. Terakhir, Sabtu, Minggu, hari libur serta masa cuti bersama Idul Fitri (11-20 Juni 2018) sebesar Rp 35.000,00.

Artikel ini adalah bagian pertama dari dua bagian. Pada bagian kedua, akan dibahas mengenai aktivitas yang dapat anda lakukan di Jakarta Fair serta tips bagi anda yang hendak mengisi waktu luang di Jakarta Fair.

 

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio