Review Oregairu Season 3 dari Wapemred Nawala Karsa


Ketika Yuigahama Yui mendeklarasikan perasaannya terhadap Hikigaya Hachiman melalui pesan simbolik dengan memberikan kue buatannya. Yukinoshita Yukino melihat ada sebuah pillihan baginya agar bisa membuat sebuah keputusan yang paling baik bagi hubungan mereka bertiga.

Keputusan itu dimanifestasikan oleh Yukino ke dalam sebuah bentuk permintaan kepada mereka berdua. Permintaan pertama, sekaligus terakhir dari diri Yukinoshita Yukino selama mengarungi perjalanan hubungan rumit yang dialami mereka bertiga sebagai teman, serta sebagai anggota Klub Relawan.

Permintaan Yukino terlihat sederhana, hanya meminta mereka berdua mengawasi dirinya ketika mencoba meyakinkan keluarganya terkait pilihannya yang ingin melanjutkan bisnis keluarga. Namun, kesederhanaan itulah yang membuat keadaan semakin sulit. Karena mau bagaimanapun, permintaan Yukino sebenarnya hanyalah sebuah wujud kompensasi atas suatu keinginan sesungguhnya yang tidak bisa dirinya gapai.

Oregairu Season 3

Di sisi lain, Hachiman dan Yui tidak mengetahui — atau mungkin berpura-pura tidak tahu — atas kebohongan yang Yukino buat di hadapan mereka berdua.  Yukino yang memutar kata serta melepaskan perasaan sesungguhnya, memberikan sebuah cerminan kepalsuan yang terpaksa ditelan mentah-mentah oleh Hachiman maupun Yui.

Yukino tentu ingin mengakhiri hubungan yang dianggapnya sebagai sebuah hubungan imitasi itu yang hanya dipenuhi dengan kebohongan semata. Serta berbeda dengan hubungan yang sesungguhnya diinginkan oleh mereka bertiga, wabilkhusus Hikigaya Hachiman.

Oleh karena itu, Yukino memutuskan menentukan jalannya sendiri, yaitu dengan memilih jalan terjal menjadikan dirinya sebagai seorang martir yang berkorban demi ketulusan yang dia percayainya bagi hubungan mereka.

Kodependensi Bukan Masalah Utama dari Hubungan Mereka Bertiga

Yukinoshita Haruno sedari awal memang telah menuntut adanya ketulusan yang sungguh-sungguh dari Hachiman, Yukino maupun Yui.

Dirinya pun mulai memantik api dengan mendefinisikan hubungan yang melilit mereka bertiga adalah kodependensi. Kata itu dijadikan ultimatum oleh Haruno sebagai bentuk keinginannya yang hendak melihat mereka bertiga berhenti bermain-main dalam sebuah lingkaran kebohongan yang dipenuhi kepalsuan.

Namun, Haruno salah dalam melakukan kalkulasi. Permasalahan yang dialami mereka bertiga ternyata lebih kompleks dari apa yang Haruno bayangkan. Perasaan yang melibat di antara mereka bukan hanya tersematkan oleh sebuah kepalsuan. Tetapi juga adanya hubungan segitiga yang jika salah satunya mengatakan kejujuran, maka hancurlah sebuah ikatan yang telah mereka rawat selama ini.

Sadar dengan tekanan sang kakak, serta menyadari bahwa hubungan yang berada di antara mereka bertiga adalah hubungan yang menyakiti satu sama lain. Yukino, akhirnya membuat sebuah keputusan untuk mengakhiri hubungan itu.

Yukino yang Membohongi Perasaannya

Dengan berlindung di balik dalil kodependensi dan permintaan ingin menjadi independen. Yukino pun membohongi perasaannya untuk bisa menyelamatkan Hachiman serta memberikan kebahagiaan kepada Yui.

Yukino tentu ingin membuat Hachiman agar tidak lagi mengotorkan tangannya dengan cara-cara yang menyakiti dirinya demi membantu Yukino. Yukino sadar, bahwa selama ini, Hachiman selalu mengorbankan dirinya dalam masalah yang melibatkan Yukino sendiri. Untuk itulah, dia ingin mengakhiri hubungan yang menyakiti satu sama lain itu demi kebaikan diri orang yang dicintainya itu.

Ditambah, Yukino mengetahui perasaan suka yang dimiliki Yui terhadap Hachiman, selepas melihat Yui memberikan kue buatannya sendiri kepada Hachiman di hadapannya. Namun, bukan hanya itu saja. Yui juga memberikan pesan tersirat lainnya yang menyatakan bahwa hubungan mereka bertiga terjebak dalam hubungan segitiga yang harus segera ketemu jalan keluarnya.

Meminjam adagium melempar dua burung hanya dengan satu batu, atau yang lebih familiar satu kali mendayung dua tiga pulau terlampui. Yukino telah membentuk strategi terkait bagaimana dia bisa menyelesaikan dua permasalahan yang ada hanya dengan satu kali melangkah. Yaitu menggunakan kemenangannya dalam kompetisi antaranggota Klub Relawan dengan meminta Hachiman agar mengabulkan permintaan dari Yui.

Kompensansi Yukinoshita Yukino dan Keputusan Hikigaya Hachiman dalam Oregairu Season 3

Review Oregairu Season 3

Walau sesungguhnya Yukino enggan dan berat hati untuk mengakhiri hubungannya dengan Hachiman. Tetapi demi kebaikan bersama, Yukino memilih mengakhiri hubungan mereka yang penuh dengan hal rumit di dalamnya dengan sebuah kebohongan besar.

Yukinoshita Haruno yang mengetahui adiknya melakukan kompensasi atas dasar kegagalan untuk menyampaikan cintanya. Akhirnya memberitahu kepada Hachiman bahwa yang Yukino lakukan hanyalah sebuah bentuk kompensansi yang ternyata keputusannya itu dipengaruhi oleh keberadaan Hachiman.

Hikigaya Hachiman yang mengetahui dirinya selama ini hanya mengumpat dan berlindung di balik layar kebohongan terhadap perasaannya akhirnya tersadar, bahwa dirinya tidak akan bisa mabuk lagi.

Memang selama ini Hachiman tahu jikalau dia tidak hanya membohongi dirinya sendiri, melainkan juga memaksa Yukino maupun Yui menelan kebohongan yang telah dirinya buat.

Hachiman akhirnya tersadar setelah mendapatkan kode enkripsi dari Hiratsuka-sensei, bahwa alasannya ingin berhubungan dengan Yukino bukan hanya sekadar bentuk kekeras kepalaan laki-laki. Tetapi lebih dari itu, Hachiman menyadari bahwa hubungan mereka berdua adalah sebuah bentuk ikatan yang begitu kuat.

Dirinya pun akhirnya memahami: bahwa jawaban dari bentuk perwujudan ketulusan yang selama ini dia cari, ternyata adalah perasaan cintanya terhadap Yukinoshita Yukino, bukan perwujudan yang lain.

Memilih Ketulusan, Berarti Memilih untuk Menyakiti Orang Lain

Review Oregairu Season 3

Sadar bahwa dengan keputusan yang telah bulat itu akan menyakiti perasaan Yui. Hachiman tidak punya pilihan lain selain dirinya memang harus memilih untuk jujur kepada Yui bahwa betapa dirinya tidak ingin berhenti terhubung dengan Yukino.

Yui, sebelum mengutarakan permintaan terakhirnya, meminta kepastian terhadap Hachiman bagaimana perasaannya terkait akhir kisah dari hubungan mereka bertiga. Alasan Yui bersifat logis. Karena jika Hachiman merasa akhir hubungan dirinya dengan Yukino sudah tidak bisa terhindarkan. Maka dirinya pun akan mengutarakan perasaannya kepada Hachiman dan memintanya untuk tetap bersamanya.

Namun, Hachiman paham, dirinya di sini harus jujur kepada Yui dan harus berhenti menggantung perasaan gadis itu terhadapnya. Hingga akhirnya Hachiman pun jujur kepada Yui. Bahwa dirinya tidak terima dengan keputusan Yukino yang melakukan kompensasi terhadap perasaannya karena pengaruh dari Hachiman, dan memutuskan untuk bertanggungjawab atas masalah yang diberikannya kepada Yukino.

Yui yang menyadari kenyataan bahwa Hachiman sudah menolaknya secara implisit akhirnya menyerah. Dirinya mengetahui fakta bahwa ternyata Hachiman hanya mempunyai perasaan terhadap Yukino, bukan dirinya. Untuk itulah Yui mengubah permintaannya dari yang awalnya meminta Hachiman untuk tetap bersamanya, menjadi ingin berada di tempat di mana Hachiman dan Yukino bersama.

Jawaban Ketulusan Hikigaya Hachiman dalam Oregairu Season 3

Oregairu Season 3

Permasalahan pertama sudah teratasi. Tinggal satu lagi untuk mewujudkan jawaban dari ketulusan: yaitu bagaimana cara Hachiman untuk membuat Yukino kembali terhubung dengannya.

Hachiman mengetahui bahwa perasaannya terhadap Yukino bukan sekadar perasaan sederhana: yang bisa tersampaikan hanya dengan satu kata seperti suka atau cinta. Tetapi perasaan Hachiman terhadap Yukino lebih besar dari itu. Untuk itulah, Hachiman mencari sebuah jalan rumit yang tentunya bisa mengikat Yukino ke dalam hidupnya.

Selepas berhasil membuat Yukino mengemban tanggungjawab dalam acara prom gabungan, dan dirinya juga berhasil mengintervensi urusan keluarga Yukinoshita. Hachiman akhirnya berhasil membuat sebuah alasan yang konkret untuk bertanggungjawab terhadap hidup Yukino. Yaitu dengan membayar masalah-masalah yang telah disebabkannya terhadap Yukino dengan memberikan Yukino seluruh hidupnya.

Sudah merasa pasti bahwa Yui akan mengutarakan perasaannya terhadap Hachiman. Yukino pun kaget terhadap manuver yang dilakukan Yui karena Yui ternyata mengganti permintaannya. Hal itu pun berimplikasi terhadap Yukino yang tidak bisa lagi menutupi dirinya dari keinginan sebenarnya yang dia inginkan. Yukino pun pasrah, dan mendengarkan dengan seksama pernyataan “janji suci” yang diberikan Hachiman kepadanya.

Hachiman paham, sebenarnya hubungan mereka tidak hanya bisa disebut sebagai kenalan, teman seangkatan, ataupun seorang rekan. Lebih dari itu. Hachiman sadar bahwa hubungan yang dimilikinya dengan Yukino adalah hubungan yang seharusnya saling mengisi lubang di kehidupan masing-masing.

Untuk itulah Hachiman menyatakan perasaannya yang tidak sederhana itu. Melalui sebuah penegasan bahwa dirinya ingin terhubung ke dalam hidup Yukino dengan memberikan segala yang dia miliki bukan sebagai kewajiban semata, melainkan karena keinginan dari diri Hachiman sendiri.

Perasaan Mereka pun Tersampaikan

Pada akhirnya, pencarian ketulusan Hikigaya Hachiman pun diakhiri dengan sentuhan dari perasaan mereka. Sebuah sentuhan hangat yang pada akhirnya mampu menyampaikan perasaan mereka berdua yang telah lama terpendam di dalam lubuk hatinya masing-masing

Perasaan yang awalnya dipenuhi dengan kompleksitas seperti pengorbanan, kebohongan, serta kepalsuan itu pun, akhirnya bermetamorfosis menjadi perasaan cinta yang membawa nilai kebenaran serta kebajikan dari ketulusan yang terdapat dalam perasaan mereka sesungguhnya.

Review Oregairu Season 3


Baca artikel pembahasan terkait Oregairu Season 3 atau Yahari Ore No Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (My Teen Romantic Comedy SNAFU) dan Serial Anime lainnya dari Pikri Alamsyah melalui link berikut ini.

 

 

Nawala Karsa NK Kurio