Bulan lalu, pada tanggal 8 April 2020 hingga 30 April, sebuah lembaga survey Netorabo mengadakan sebuah survey yang menanyakan “Apa saja karya Studio Kyoto Animation favoritmu?”. Pertanyaan tersebut termasuk dalam hal grafis serta efek visual yang berkualitas membuat banyak anime adaptasi dari Studio Kyoto Animation menjadi sangat populer.

Dari sekian banyaknya karya populer dari Studio Kyoto Animation seperti The Melancoly of Haruhi Suzumiya, K-On, serta Nichijou, apa saja karya terbaik dari Studio Kyoto Animation? Berikut ini, kami merangkum 10 adaptasi anime terbaik karya Studio Kyoto Animation dari total survey sebanyak 9521 suara.

10 Karya Adaptasi Studio KyoAni Terbaik Berdasarkan Hasil Voting

Dari 10 anime terbaik, 3 peringkat teratas memegang 44% dari total hasil voting! Inilah daftar 10 anime dari Studio Kyoto Animation dimulai dari peringkat terbawah:

10. Kyoukai no Kanata

Kyoukai no Kanata Kyoto Animation Kyoani

Bercerita tentang Mirai Kuriyama, satu-satunya pemilik kekuatan untuk mengubah darahnya menjadi senjata yang masih tersisa. Dirinya bergabung pada klub literasi di sekolahnya yang beranggotakan 2 pemilik kekuatan ajaib, yaitu Hiroomi dan Mitsuki Nase serta seorang keturunan Youmu, Akihito Kanbara. Mereka bergabung serta untuk membasmi Youmu yang semakin kuat dan menyerang mereka.

9. Nichijou

Nichijou Kyoto Animation Kyoani

Nichijou berkisah tentang kejadian konyol sehari-hari yang dihadapi oleh trio Mio Naganohara, Yuuko Aioi, Mai Minakami dan orang-orang disekitar mereka. Serial yang dibalut dengan komedi yang renyah ini sangat cocok untuk ditonton.

8. The Melancoly of Haruhi Suzumiya (2006)

Suzumiya Haruhi Kyoto Animation

Kyon, seorang tipikal siswa SMA yang biasa-biasa saja, telah lama meninggalkan kepercayaannya pada hal-hal supernatural. Namun, saat bertemu Haruhi Suzumiya, dia dengan cepat mengetahui bahwa itu adalah hal supernatural yang dia minati: alien, penjelajah waktu, dan esper.

Ketika Haruhi menyesali kurangnya klub yang menarik di sekitar sekolah, Kyon menginspirasi Haruhi untuk membentuk klubnya sendiri. Akibatnya, Brigade SOS terbentuk, klub yang berspesialisasi dalam semua yang bersifat supranatural.

7. Liz and the Blue Bird

Liz and the Blue Bird Kyoto Animation

Kedua siswa SMA kelas 3, Mizore Yoroizuka dan Nozomi Kasaki ditugaskan untuk memainkan instrumen utama dalam gerakan ketiga Liz and the Blue Bird, sebuah band konser yang terinspirasi oleh dongeng ini. Mizore yang tertutup dan pendiam memainkan oboe, mewakili Liz yang baik hati dan lembut.

Sementara itu, Nozomi yang bersinar dan populer memainkan seruling, menggambarkan Blue Bird yang ceria dan energik. Sebuah film spin-off dari serial Hibike Euphonium!, Liz to Aoi Tori menggabungkan antara sebuah dongeng yang indah, karya musik yang mengharukan, dan kisah persahabatan masa SMA.

6. Clannad

Clannad Kyoto Animation

Tomoya Okazaki adalah berandalan yang merasa hidupnya membosankan dan percaya dia tidak akan pernah menjadi apa-apa. Bersama dengan temannya Youhei Sunohara, ia bolos sekolah dan berencana untuk menghabiskan harinya.

Suatu hari saat berjalan ke sekolah, Tomoya melewati seorang gadis muda bergumam pelan pada dirinya sendiri. Tanpa peringatan dia berseru “Anpan!” (Makanan Jepang yang populer) yang menarik perhatian Tomoya.

Dia segera menemukan nama gadis itu adalah Nagisa Furukawa dan bahwa dia berseru hal-hal yang dia sukai untuk memotivasi dirinya sendiri. Nagisa mengklaim mereka sekarang berteman, tetapi Tomoya pergi meninggalkan pertemuan itu sebagai bukan apa-apa.

5. K-On!

K-ON Kyoto Animation

Berkisah tentang sebuah klub band sekolah yang berusaha untuk bertahan karena kekurangan member, dan juga seorang siswi SMA, Yui Hirasawa yang kebingungan untuk memilih klub yang pas untuknya. Dirinya bergabung serta dan ikut membentuk band bersama teman-teman klubnya.

4. Hyouka

Hyouka Kyoto Animation

Diangkat dari serial novel Koten-bu, berkisah tentang seorang siswa SMA yang selalu menyimpan energi, Houtarou Oreki. Dirinya ikut serta dalam memecahkan misteri berumur 45 tahun yang menyelimuti ruang Klub Sastra Klasik di sekolahnya.

3. Free! (1230 Suara)

Free!

Pada peringkat ketiga, diduduki oleh serial Free! yang diangkat dari novel High ☆ Speed! yang bercerita tentang sekelompok pelajar SMA yang sangat menyukai berenang. Serial ini sangat populer pada kalangan wanita karena banyaknya fanservice cowok-cowok yang berotot.

2. Hibike! Euphonium (1373 Suara)

Hibike! Euphonium

Pada urutan kedua, ada serial Hibike! Euphonium yang populer sejak tayangan season awalnya pada 2015 lalu, kemudian season keduanya pada 2016, dilanjutkan oleh film terbarunya yang dirilis pada tahun 2019 lalu.

Serial yang diangkat dari novel karya Takeda Ayano berjudul sama, dan juga diadaptasi sebagai manga yang berjudul Hibike! Euphonium Kitauji Koukou Suisougaku-bu e Youkoso ini bercerita tentang karakter utama, Kurosawa Tomoyo yang membuat band instrumen brass dengan teman sekolahnya.

1. Violet Evergarden Series (1604 Suara)

Violet Evergarden

Serial Violet Evergarden menduduki peringkat pertama dengan perolehan suara terbanyak, yaitu dengan total 1604 suara. Bercerita tentang Violet Evergarden yang bertumbuh dan mencanti makna cinta, serial ini berencana diangkat menjadi film yang dijadwalkan rilis pada April(24/04) lalu. Sayangnya, film layar lebar tersebut terpaksa ditunda akibat pandemi virus COVID-19 yang melanda seluruh dunia saat ini.

Itulah 10 anime terbaik oleh studio Kyoto Animation berdasarkan hasil voting di Jepang. Menurut saya sendiri semua anime diatas adalah yang terbaik dan tidak ada yang jelek sama sekali. Semua orang pasti setuju dalam hal ini, bukan?

Nawala Karsa NK Kurio