VTuber Mika Melatika Dibanned YouTube Akibat Spam

Naufal Alfarizy
Mika Melatika VTuber Nijisanji ID Dibanned YouTube
EDIT: Nawala Karsa

Malam hari Selasa (9/5) kemarin menjadi sangat mengerikan bagi penggemar VTuber Nijisanji. Pasalnya, kanal YouTube milik Mika Melatika dibanned akibat membludaknya spam di kolom livechat.

Hal tersebut sontak menjadi buah bibir di kalangan penggemar Virtual Youtuber Indonesia. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?

Livechat Mika Melatika Diserang Sejumlah Akun Bot

Mika Melatika VTuber Nijisanji ID Dibanned YouTube
FOTO: Twitter.com/@2434idfans

Sejatinya, Mika Melatika akan melakukan livestream lanjutan berupa After Party setelah ia berhasil menghelat perayaan 150 ribu subscribers dengan berkaraoke, yang digelar sekitar pukul 20.30 WIB.

‘Perayaan’ lanjutan tersebut tiba-tiba terhenti setelah munculnya beragam akun Bot di kolom livechat-nya. Sekitar pukul 21.30 WIB, VTuber dari agensi Nijisanji tersebut mendapati kanal YouTube-nya secara resmi dibanned.

Sejumlah penggemar Nijisanji, yang tergabung dalam 2434IDFans, berhasil menyimpan momentum saat livestream milik Mika Melatika terhenti, begitupula dengan kanal YouTube-nya yang resmi hilang.

Secara Sigap, Livestream Berpindah ke Twitch

Mika Melatika VTuber Nijisanji ID Dibanned YouTube
Mika Melatika melakukan livestream di Twitch pasca-insiden banned di YouTube | FOTO: Nawala Karsa

Tak memakan waktu lama, VTuber Mika Melatika kembali melakukan livestream melalui akun yang telah ia persiapkan di kanal Twitch sekitar pukul 21.50 WIB.

Mika menuturkan bahwa ia juga kebingungan dengan kondisi tersebut, sembari ia mempersiapkan segala hal untuk migrasi livestream di Twitch.

“Aku belum pernah melanggar aturan (YouTube),” ujar Mika Melatika, “aku bahkan mengikuti aturan (yang ada).”

Ia turut menyebutkan bahwa akun YouTube-nya yang telah dibanned mendapat sejumlah peringatan pelanggaran terkait konten seksual, yang nyatanya diakibatkan oleh akun-akun bot di kolom livechat miliknya.

Hingga berita ini diturunkan, YouTube belum mengaktifkan kembali akun milik talenta VTuber Nijisanji tersebut.

VTuber Indonesia Lainnya Juga Kena Banned

Kobo Kanaeru Dibanned YouTube VTuber Hololive ID
FOTO: Twitter.com/@Shikimori__san

Disaat yang sama dengan Mika Melatika, sejumlah talent Virtual Youtuber Indonesia juga dibanned oleh YouTube akibat situasi serupa.

Kobo Kanaeru, talenta Hololive ID terpantau turut ter-banned oleh YouTube akibat sejumlah akun bot bernada pornografi memenuhi kolom livechat-nya. Alhasil, Kobo tidak dapat melanjutkan livestream yang direncanakan.

Kobo Kanaeru Dibanned YouTube VTuber Hololive ID
FOTO: Twitter.com/@kobokanaeru

Dalam akun Twitter miliknya, Kobo Kanaeru meminta para penggemarnya untuk tetap tenang, mengingat situasi serupa juga dialami oleh banyak pihak.

Bahkan dalam cuitan tersebut, ia juga menyertakan unsur jenaka agar para penggemarnya dapat tenang dan tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

Talenta VTuber Indonesia lain seperti Keyla Estella juga menghadapi hal yang serupa. Bahkan sejumlah penggemarnya turut berhasil mendokumentasikan kejadian tersebut.

Bagaimana Cara Menghindari Banned YouTube?

Layanan Google Down
Salah satu situs di bawah naungan Google seperti YouTube down (YouTube)

Dalam kondisi seperti ini, lantas bagaimana cara talenta VTuber di Indonesia untuk menghindari potensi banned YouTube, sekaligus serangan masif dari bot seperti yang terjadi pada Mika Melatika?

Pertama, menggunakan fitur blokir kata dalam YouTube Studio. Pada setelan, kreator dapat menambah kata atau kalimat bahasa Inggris dan Indonesia yang hendak diblokir pada kolom komunitas.

Kedua, menggunakan web apps Nightbot. Bot moderasi yang awalnya digunakan di Twitch tersebut dapat digunakan di YouTube.

Fitur seperti Commands, Spam Protection, dan Timers bisa kamu gunakan untuk menghindari adanya spam, sekaligus memantau statistik dari chat itu sendiri. Untuk menggunakan Nightbot, kamu bisa membaca dokumentasi resmi mereka secara langsung.

Ketiga, sediakan sejumlah moderator saat livestream berlangsung. Moderator manusia dapat secara aktif membatasi tindakan diluar dugaan saat livestreaming sedang dihelat. Setidaknya, sediakan satu moderator untuk berjaga-jaga secara aktif.