Pada (16/4) lalu saat penayangan episode kedua anime Isekai Maou, tersebut ada seorang karakter figuran yang terbilang mirip dengan VTuber ternama Jepang, Usada Pekora. Kejadian “cameo” yang terjadi pada episode tersebut mengagetkan banyak pihak di media sosial, termasuk penggemar dari anime dan VTuber-nya sendiri.

Namun, staf produksi anime Isekai Maou telah menanggapi fenomena ini sebelum episode keempat tayang besok. Apa kata mereka soal kejadian tidak disengaja tersebut?

Kronologi “cameo” Usada Pekora di Isekai Maou

“Kemunculan” Usada Pekora terjadi pada episode kedua anime “How Not To Summon A Demon Lord Omega” berjudul “Pemimpin Para Ksatria (Seikishi-chou)”. Tersebut di menit-menit awal episodenya, ada suatu adegan saat Diablo dan para bawahannya mengunjungi sebuah desa.

Dalam desa tersebut, terdapat sosok penduduk desa yang memiliki desain karakter hampir mirip dengan virtual YouTuber Usada Pekora, dari agensi Hololive.

Meskipun demikian, Usada Pekora menyatakan bahwa Ia tidak terlibat dalam produksi episode tersebut. Virtual Youtuber Hololive sekaligus ‘CEO’ Usada Construction tersebut mengatakan bahwa kemunculan karakter mirip dirinya dalam anime tersebut hanya kebetulan semata.

Pernyataan tertulis dari staf produksi

Lewat media sosial resmi untuk anime “How Not To Summon A Demon Lord Omega”, staf produksi tersebut membenarkan adanya karakter yang mirip dengan Pekora.

Berikut pernyataan tertulis dari komite produksi anime Isekai Maou tertanggal hari ini, (28/4) pukul 17:00 WIB:

Melalui pernyataan ini, Kamu ingin memberitahukan bahwa tergambar sebuah karakter mirip dengan talenta virtual Usada Pekora dalam episode kedua “Pemimpin Para Ksatria”.

Pertama-tama, Kami ingin menghaturkan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada penggemar talenta dan penonton anime Kami atas ketidaknyamanannya. Membenarkan adanya hal ini, Kami segera berkonsultasi dengan perusahaan dari agensi Hololive, Cover Corporation, tentang solusi yang tercapai dari permasalahan ini.

Kami akhirnya mencapai kata sepakat dari pihak perusahaan tersebut. Maka dari itu, karakter sampingan yang tersinggungkan akan Kami ganti dan koreksi di kemudian hari. Hal ini berlaku pada penyiaran anime kami selanjutnya untuk kedepannya.

Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Cover atas pengertian akan masalah tersebut.

Akhir kata, Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan pengertian dari para penggemar anime “How Not To Summon A Demon Lord Omega“. Kami harapkan agar tetap mendukung terus produksi serial anime kami selanjutnya.

Tentang How Not To Summon A Demon Lord

Isekai Maou to Shoukan Shoujo Dorei Majutsu (How Not To Summon A Demon Lord) adalah serial novel karya Yukiya Murasaki dan ilustrator Takahiro Tsurusaki. Publikasi cetak novel tersebut bermula pada 2014, dan telah terbit sebanyak 13 volume. Versi manga juga terangkat dari novel, dan ilustrasi oleh Naoto Fukuda pada 2015.

Musim pertama anime tersebut pertama kali tayang pada 5 Juli 2018 sebanyak 12 episode. Saat ini, musim kedua yang berjudul How Not To Summon A Demon Lord Omega mencapai episode keempat yang akan tayang besok malam, (30/4), pukul 01:28 WIB.

Nawala Karsa NK Kurio