Pada Kamis pagi (20/5) kemarin, jalanan kota New York, AS, selama satu hari mendapati kedatangan duta besar dari negeri dunia lain. Pasalnya, sebuah iklan billboard elektronik di Times Square, penduduknya kedatangan seorang VTuber dari Hololive, yaitu Ninomae Ina’nis.

Bagaimana penyambutan kedatangan tersebut, dan mengapa hari Kamis lalu terbilang spesial? Simak artikelnya ini, ya!

Billboard di Times Square tampilkan VTuber Ninomae Ina’nis

Tepat pukul 06:00 waktu New York pada Kamis (20/5), sebuah iklan billboard elektronik di bilangan Times Square, New York, Amerika Serikat, menampilkan rangkaian animasi unik. Di billboard elektronik khusus untuk iklan media Thomson Reuters, sebuah ragam sekuensi animasi berikut terlampir kode QR menghiasi kota tersebut, dengan bertuliskan “Ina’nis HBD”.

Pantauan beberapa masyarakat mengatakan bahwa kemungkinan ada sekelompok orang yang sangat berdedikasi untuk peringati ulang tahun seorang talenta virtual. Pasalnya, adakah sejumlah orang yang nekat menyewa sebuah billboard elektronik hanya demi melancarkan aksinya untuk mengucapkan ulang tahun kepada karakter anime?

Merupakan proyek bersama komunitas Takodachi AS

times square qrcode website

Usut punya usut, iklan elektronik tersebut merupakan proyek sehari dari beberapa penggemar Ina dari Amerika Serikat. Lewat komunitas Hololive Official via Reddit, seorang Redditor beraliaskan UnstoppablePhoenix menggagas perayaan tersebut lewat aksi penyewaan billboard elektronik tersebut. Proyek ini merupakan kerjasama dengan komunitas The Tentacult Temple dengan beberapa basis penggemar Hololive EN.

Beberapa dari mereka menyumbangkan pesan-pesan kepada VTuber tersebut, dan sebagian fans mengunggah animasi terbaik mereka. Hal ini untuk menyambut ulang tahun Ina sekaligus promosi virtual YouTuber dari kelompok Takodachi kepada masyarakat awam.

Dari informasi yang Nawala Karsa peroleh, untuk menyewa iklan tersebut di Times Square perlu merogoh kocek tidak sedikit. Satu hari sewa iklan billboard elektronik di kawasan bisnis vital Amerika tersebut bisa mencapai 750 juta Rupiah untuk sehari saja. Mengutip dari Investopedia, penayangan iklan untuk satu tahun promosi branding saja bisa mencapai 1.1 juta USD atau setara dengan 16 miliar Rupiah. Yang penting, niatan dari para Takodachi tersebut akhirnya terpenuhi dan semestinya mission accomplished, kan?

Iklan tersebut, melansir situs khusus promosi ulang tahun Ina, tayang dari pukul 06:00 pagi waktu Eastern Time (New York) hingga 01:00 pada Jumat (21/5). Selamat ulang tahun untuk Ina, ya!

Mengenai virtual YouTuber Ninomae Ina’nis

Merupakan talenta virtual Hololive Inggris (Hololive EN) generasi pertama, Ninomae Ina’nis diceritakan sebagai wanita dari dunia alam bawah. Debut pertama kali pada Minggu, 13 September 2020 lalu, cewek yang memiliki basis penggemar bernama Takodachi tersebut memiliki sifat yang baik dan dekat dengan teman satu agensinya.

Ina, menurut para penggemar, gemar menggunakan gurauan dad jokes dan plesetan setiap kali siaran langsung di YouTube-nya. Ada satu momen dalam salah satu siarannya ketika fans salahgunakan Super Chat hanya untuk bermain tic-tac-toe di dahi Ina sendiri.

Jika ingin menonton lebih jauh tentang VTuber Ninomae Ina’nis ini, NawaReaders dapat berkunjung ke halaman YouTube resminya lewat pranala ini. Atau bisa mengikuti kegiatan daripadanya lewat media sosialnya disini!

Nawala Karsa NK Kurio