Tidak lama setelah Twitch mem-ban emoticon PogChamp di situsnya dan memicu reaksi netizen, membuat situs streaming tersebut berencana akan merilis emoticon serupa sebagai penggantinya.

Pengganti Emoticon Pengganti PogChamp

pogchamp Twitch

Melalui akun resmi Twitter-nya, Twitch telah mempersiapkan emoticon baru yang serupa sebagai pengganti emoticon PogChamp. Hal ini mereka lakukan setelah orang yang menjadi emoticon tersebut dianggap menambah kericuhan demonstrasi yang terjadi di Washington D.C, Amerika Serikat.

Nantinya Twitch akan menggilir emoticon yang serupa dengan PogChamp setidaknya setiap 24 jam sekali. Kandidat pertama yang mencalonkan diri menggantikan emoticon PogChamp adalah dari seorang streamer bernama Kenny McWild. Dia lebih dikenal dengan nama UnRooolie melalui akun Twitter-nya.

Emoticon di Banned

Beberapa hari setelah demonstrasi di Washington D.C, Amerika Serikat berlangsung, Twitch melalui akun resmi Twitter-nya mengunggah cuitan. Cuitan tersebut berupa pengumuman bahwa emoticon PogChamp telah di-ban di situs tersebut.

Situs streaming tersebut beralasan dibalik di-ban-nya emoticon tersebut setelah orang yang wajahnya dijadikan emoticon tersebut yang tidak lain adalah Gootecks. Pada akun resmi Twitter-nya, dirinya dianggap telah mengunggah cuitan yang dianggap “memperluas kekerasan” yang terjadi dalam demonstrasi tersebut.

Mengenal Emoticon PogChamp

PogChamp atau yang dikenal juga dengan nama Pog Champion atau Play of Game Champ adalah salah satu emoticon tertua yang ada pada situs streaming Twitch. Emoticon tersebut digunakan untuk mengekspresikan rasa senang baik secara harfiah atau sarkastik.

Asal usul emoticon itu sendiri diambil dari video Cross Counter TV yang diunggah pada tahun 2010 silam. Pada video tersebut menampilkan seorang streamer dan pemain profesional game Street Fighter bernama Ryan Guiterrez atau lebih dikenal dengan nama Gootecks bersama dengan Mike Ross.

Di video tersebut juga, Ryan membuat eskpresi wajah dengan mata dan mulut terbuka lebar setelah seorang kameramen menyenggol tripod miliknya dan membuat kamera sedikit bergoyang.

Pada tahun 2012, situs Twitch menambahkan emoticon yang diambil dari video tersebut ke pool of global emotes dengan nama PogChamp. Tercatat per bulan Januari 2020, emoticon tersebut setidaknya digunakan lebih dari setengah juta kali dalam sehari oleh pengguna situs Twitch.

 

Nawala Karsa NK Kurio