Pemerintah Tiongkok Hari Berkabung Nasional, Layanan Digital Dibatasi

Seno Triadi

Tepat hari ini, 4 April 2020, beberapa layanan digital dan mobage di Tiongkok mengadakan penutupan layanan sementara, sesuai imbauan pemerintah pusat untuk adakan hari berkabung nasional untuk para tenaga medis yang meninggal di kala merebaknya virus corona di negara tersebut.

Hari Berkabung Nasional di Tiongkok

Dilansir dari portal berita pemerintah Xinhua, pemerintah pusat China mengimbau seluruh layanan masyarakat khususnya industri hiburan digital untuk beroperasi secara minimal. Begitu juga dengan pertelevisian di Tiongkok yang diwajibkan pemerintah untuk menghentikan sementara kegiatan hariannya untuk upacara peringatan tersebut.

Kemudian, pada pukul 10 pagi tadi waktu Beijing, upacara penghormatan kepada korban tewas imbas pandemi virus corona dipusatkan di Tiananmen, Beijing. Di beberapa jalan dan taman-taman kota tersebut, warga terlihat menundukan kepala selama tiga menit lebih menghentikan aktivitasnya dalam peringatan tersebut dengan ditandai sirine. Dengan bendera Tiongkok setengah tiang di tengah lapangan Tiananmen, peringatan ini juga dihadiri oleh para petinggi Partai Komunis Tiongkok, termasuk diantaranya Presiden RRT, Xi Jinping.

Di hari ini, seluruh layanan digital mengubah tema halaman utama berupa nuansa hitam putih tak berwarna. Lain halnya dengan beberapa server mobile game di Tiongkok yang mengalami penutupan server selama sehari.

Nuansa Monokromatik di Beberapa Situs Tiongkok

Situs-situs digital yang berpusat di Tiongkok pun mengalami perubahan tema seiring dengan hari peringatan tersebut.

tiongkok hari berkabung nasional bilibili

Di situs Bilibili misalnya, halaman pertama mengalami perubahan signifikan pada beberapa lini rekomendasi videonya. Biasanya, beberapa video yang ditampilkan di halaman tersebut memperlihatkan banyak video hasil kreasi dari penggunanya sendiri, layaknya YouTube. Pada hari berkabung nasional Tiongkok ini, video-video itu digantikan oleh beberapa berita dan informasi terkait Covid-19 dan perkembangan penyebaran virusnya di negara tersebut.

Situs lainnya tidak ketinggalan mengikuti pola serupa. Baidu, mesin pencari digital khusus Tiongkok, menggantikan warna tematiknya menjadi monokrom tanpa mengubah konten laman pertamanya. Mereka juga menambahkan header yang menuju link menuju beberapa informasi penting soal perkembangan virus corona di Tiongkok serta berita penting lainnya. Hal yang sama juga dilakukan oleh beberapa portal berita lainnya, seperti Xinhua dan CGTN, cabang internasional TV pemerintah, CCTV Tiongkok.

Gim Mana Saja yang Terkena Imbas?

Beberapa layanan gim akan menutup sementara mengikuti imbauan dari pemerintah. Termasuk diantaranya adalah Arknights, Honkai Impact 3, Azur Lane, Girls Frontline dan lain sebagainya. Kesemua server tersebut akan ditutup selama satu hari dan akan dibuka pada pukul 5 pagi waktu Beijing keesokan harinya.

tiongkok hari berkabung nasional arknights

Developer Arknights, Hypergryph, misalnya, mengeluarkan statement di halaman beritanya bahwa akan menutup servernya selama sehari guna menghormati imbauan pemerintah. Mereka juga mengubah situs resmi mereka menjadi monokromatik selama sehari untuk mengenang para relawan yang meninggal di tengah pandemi Covid-19.

Sedangkan miHoYo, pengembang dan penerbit dari mobage Honkai Impact 3, turut simpatik dengan mengubah halaman situs resmi mereka. Pada pengumuman yang diposting di halaman beritanya, mereka juga akan menutup server sebagai bentuk solidaritas dengan yang disebutkan diatas. Di tengah penutupan itu mereka juga akan melakukan maintenance server selama sehari. Pasca periode pemeliharaan ini, seluruh pemain yang sudah mencapai level 9 atau lebih akan dihadiahkan 300 kristal gacha dan 12 stamina potion.

Server mobage di luar Tiongkok tetap beroperasi seperti biasa, dan tidak terpengaruh oleh penutupan tersebut dan tidak dihadiahi apapun.

Sumber: South China Morning PostSitus resmi Arknights dan Situs miHoyo Tiongkok