The Sams: Rilis Album Debut “Berang Dualima”, Sajikan Emosi Kaum Muda

Pada 24 Mei 2024 lalu, album baru dari band alternative rock asal Palembang, THE SAMS berjudul “Berang Dualima” rilis di berbagai platform!

The sams
Band lokal asal Palembang, The Sams, rilis album debut berjudul “Berang Dualima” berisi 10 judul lagu alternative rock | FOTO: Youth Generator

Meskipun terbilang masih sangat muda, band lokal asal Sumatera, The Sams telah menunjukkan potensi yang luar biasa dalam industri musik Indonesia. Grup ini terbentuk pada 2 Januari 2023 dan langsung membuktikan kemampuannya dengan merilis single perdana “Dinamikalis” pada Maret 2023, diikuti oleh single kedua “Pendar Pudar” yang dirilis pada November 2023.

Sepanjang pertengahan tahun 2023 hingga awal 2024, The Sams berfokus pada proses produksi album debut mereka yang bertajuk “Berang Dualima”. Album ini direkam di dua studio ternama, yaitu Red Music Studio bersama Panji Mustaqiem dan AD Studio bersama Jimi Delvian.

”Berang Dualima” Berisi 10 Judul Lagu, Mengusung Nuansa Rock Alternatif

Berang dualima
Album debut ini berisikan 10 judul lagu dengan lirik campuran bahasa Indonesia dan inggris | FOTO: Youth Generator | EDIT: Nawala Karsa

Album yang berisi sepuluh lagu ini mengusung nuansa rock alternatif dengan lirik berbahasa Indonesia, bahkan ada beberapa lagu yang menggunakan campuran bahasa Indonesia dan Inggris, seperti “Radioactive” dan “Malam Terang Bintang”.

Menurut vokalis sekaligus gitaris The Sams, M. Alaqobah, “Berang Dualima” merupakan album yang penuh dengan emosi seperti kemarahan, kekecewaan, penyesalan, dan rasa takut saat memasuki usia 25 tahun, yang dianggap sebagai usia yang sangat sakral dan menjadi momen penting untuk proses pendewasaan diri.

Sepuluh lagu dalam album “Berang Dualima” memiliki karakter musik yang menarik dan tema-tema yang cukup relevan bagi kaum muda di pertengahan 20-an. Mereka berhasil mengemas rasa-rasa yang familiar, seperti kesedihan, kehilangan, kekhawatiran akan masa depan, dan kerinduan, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang terdengar sederhana namun tidak norak. Hal ini merupakan sebuah prestasi tersendiri di era globalisasi di mana penggunaan bahasa Inggris mendominasi.

The sams
The Sams dibentuk pada tahun 2023 | FOTO: Youth Generator | EDIT: Nawala Karsa

Menurut Angga Bahari, bassist The Sams, “Berang Dualima” merupakan “mahakarya paling jujur” dari segi materi dan lirik, yang mencerminkan pertahanan band dalam menghadapi situasi pandemi, gesekan sosial, pertemanan, cinta, hingga ditinggal oleh orang yang melahirkan di usia 25 tahun.

Album debut The Sams ini cukup menjanjikan, baik dari segi musik maupun lirik. Mereka juga melakukan eksplorasi yang menarik, seperti pada lagu “Apa Kabar?” yang terpengaruh oleh band Inggris The Stone Roses, lagu “Manuver” yang mengangkat fenomena manusia silver, serta lagu “19 Sialan” yang menceritakan kekacauan akibat pandemi Covid-19.

Dengan segala potensi yang ditunjukkan, The Sams memberikan harapan baru bagi industri musik Indonesia yang terus berkembang. Album debut “Berang Dualima” menjadi langkah awal yang menjanjikan bagi band ini untuk menjadi salah satu pemain utama di panggung musik Tanah Air.

Album “Berang Dualima” out now! Kaset album THE SAMS “Berang Dualima”dijual seharga Rp 65.000.

Atau dengarkan sekarang juga secara gratis di berbagai platform.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.