Broadcasted by Galau Jikan FM

Review By.U, Layanan Kartu Prabayar Digital Pertama di Indonesia!

Naufal Alfarizy
byu by.u
Ilustrasi Kartu By.U dan Aplikasinya | Sumber: By.U dan Kumparan

Baru-baru ini Telkomsel resmi meluncurkan layanan digital telco pertama di Indonesia bernama By.U. Layanan yang full digital ini menghadirkan pengalaman kartu prabayar yang serba praktis dan tentu saja end-to-end berbasis Internet.

Mengusung taglineSemuanya Semaunya”, pengguna By.U yang merupakan kawula muda untuk mengontrol sendiri penggunaan layanan dalam provider digital telco pertama di Indonesia itu.

Nawala Karsa berkesempatan untuk mengulas atau me-review By.U, layanan kartu prabayar digital Telkomsel yang khusus anak muda ini. Saat artikel ini ditulis, kartu yang kami dapatkan merupakan kartu Hup! Beta, yang merupakan cikal bakal dari provider ini.

Saat kartu tiba di kantor redaktur,  kami cukup tercengang dengan packaging-nya yang simple. Tidak ada nomor telepon yang tertera dalam packaging berbentuk amplop kotak tersebut, sebab nomor telepon sendiri sudah muncul melalui aplikasi.

Didalam amplop sendiri terdapat kartu SIM 4G berwarna putih, beserta sebuah kertas spin & post challenge dengan logo Hup Beta. Kartu SIM tersebut sudah dalam bentuk siap dilepas, atau lebih tepatnya sudah dipotong. Sehingga kamu dapat langsung plug-n-play kartu tersebut ke ponsel kamu. Kemudian, juga disertakan satu buah SIM Ejector.

by.u unboxing
Kondisi packaging kartu Hup Beta oleh Redaktur Nawala Karsa

Ponsel yang kami gunakan untuk kartu ini sendiri adalah Sony Xperia XZ dengan RAM 3GB dan Internal 32GB. Ponsel ini sendiri telah menggunakan 4G, yang tentu saja compatible dengan kartu digital telco By.U tersebut.

Berbeda dengan kebanyakan provider, By.U sepenuhnya menggunakan aplikasi untuk melakukan verifikasi data diri saat pertama kali menggunakan kartu. Verifikasi data sendiri dapat dilakukan dengan memfoto KTP kamu, atau dengan mengisi NIK dan Nomor KK secara manual.

Menuju ke tampilan aplikasi, By.U benar-benar memperhatikan aspek estetik khas kawula muda dengan menghadirkan interface yang gampang dipahami dan digunakan. Saat membuka aplikasi, akan ditunjukkan jumlah kuota beserta topping kuota yang masih tersisa dalam nomor yang tengah digunakan.

Kalian pasti bingung soal Topping dalam aplikasi ini. Nah, sebenarnya, Topping dalam By.U sendiri merupakan paket add-on yang disediakan oleh By.U agar kamu dapat memilih kuota untuk aplikasi yang benar-benar kalian gunakan, tidak seperti provider lainnya yang membuat semacam bundling kuota sehingga kuota yang tak terpakai terkesan sia-sia.

Pembayaran dalam pembelian pulsa dalam aplikasi sendiri dapat menggunakan GOPAY, LinkAja, serta Virtual Account dari Bank Mandiri, BNI, dan Permata. Walaupun begitu, kalian juga dapat membeli pulsa secara ‘normal’ melalui Toko Swalayan, Konter Pulsa, maupun ATM layaknya kartu Telkomsel pada umumnya.

Mengenai kestabilan Internet pada digital telco ini sendiri cukup membuat Redaktur Nawala Karsa takjub. Di Redaktur sendiri umumnya menggunakan provider lain seperti IM3 Ooredoo, Axis, Tri, serta XL. Internet pada provider By.U sendiri cukup menunjang kegiatan mobile selama satu hari penuh. Sejauh pemakaian, tidak ada FUP atau pembatasan kecepatan internet yang berarti, tidak seperti salah satu provider yang telah disebutkan sebelumnya.

Kecepatan internet menggunakan By.U di kantor Redaktur Nawala Karsa

Kecepatan rata-rata saat me-review provider By.U sendiri tergolong baik, stabil, dan nyaman saat digunakan berselancar di dunia maya. Redaktur sendiri merasa takjub dengan kestabilan serta kecepatan yang diberikan oleh provider ini selama lebih dari sebulan (terhitung penggunaan sejak 23 September 2019) penggunaan pertama.

Redaktur Nawala Karsa sendiri saat ini tengah menggunakan By.U untuk berselancar di dunia maya untuk mencari berita dan sebagainya. Kami akan terus mengabari apabila ada info-info menarik dari By.U kedepannya.

Apa itu By.U?

Merupakan nama asli Hup Beta, By.U merupakan kartu prabayar digital milik Telkomsel yang disesuaikan dengan pasar Gen Z yang mandiri, kreatif, dan selalu online serta menginginkan kebebasan. Kartu ini memiliki tiga nilai utama dalam pengembanganya, yaitu Digitalitas, Personalisasi, serta Transparansi.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini (tengah), Director Planning & Transformation Edward siew Ying (kiri) dan Tribe Leader Smart Attacker Telkomsel Trio Y.G. Lumbantoruan saat peluncuran by.U pada Kamis (10/10) di Jakarta Selatan. (Foto: Telkomsel)

Mengutip dari rilis pers Telkomsel, by.U menghadirkan tagline “Semuanya Semaunya untuk menggambarkan kebebasan yang diberikan kepada pengguna by.U dalam mengontrol secara penuh layanan-layanan sesuai kebutuhan dan keinginan mereka. Tak hanya itu, semua dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi digital by.U yang ter-install pada smartphone.

By.U sendiri dapat digunakan di seluruh jaringan Telkomsel dari 2G hingga 4G. Karena pelayanannya yang end-to-end, pengguna akan dimudahkan dalam penggunaan kartu ini kedepannya. Maka dari itu, By.U mencakup seluruh proses penggunaan layanan, mulai dari pemilihan opsi pesan antar, nomor telepon by.U, kuota internet, kuota tambahan (topping), hingga pembayaran.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini menyebut bahwa Telkomsel akan terus bergerak maju dengan produk dan layanannya yang inovatif demi mengembangkan ekosistem digital yang menyeluruh, demi meningkatkan perekonomian digital di Indonesia.

by.U menyediakan layanan pesan antar SIM card, yang  pada tahap awal tersedia di beberapa daerah yaitu Bogor, Sukabumi, Cianjur, Depok, serta beberapa kampus yaitu Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran (Jatinangor), Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Brawijaya.  Untuk tahap selanjutnya, layanan pesan antar akan mencakup  wilayah yang lebih luas.Emma kemudian menutup, “Kehadiran by.U sebagai layanan selular prabayar digital pertama di Indonesia merupakan salah satu bukti nyata transformasi Telkomsel sebagai digital telco company terdepan, yang mengutamakan customer centricity dalam mengembangkan produk dan layanan digital berkualitas bagi pelanggan.”

 


Demikian review provider By.U, digital telco pertama di Indonesia oleh Nawala Karsa. Selama penulisan dan review berlangsung, kami menggunakan provider By.U dalam memaksimalkan proses penulisan.  Untuk info lebih lanjut, silahkan akses Byu.id.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.