Sempat Jadi Kontroversi, Aturan Terbaru Pixiv Larang Konten “Tidak Etis”, Ada Apa?

Menanggapi hal tersebut, pihak Pixiv meminta kepada para kreator konten untuk menghapus sampai waktu yang telah ditentukan

Matias Arvino Andrhasa
Pixiv membatasi konten yang sensitif dalam transaksi konten mereka | Foto: Arknights / Hypergriph | Edit: Matias Arvino

Belum sebulan sejumlah platform doujinshi Jepang mengeluarkan aturan tentang gambar AI, giliran Pixiv akhirnya bertindak!

Pada Selasa (15/11), situs resmi Pixiv mengumumkan aturan terbaru mengenai transaksi sejumlah konten di platform tersebut.

Seperti yang kita tahu, kalau situs Pixiv juga menyediakan konten NSFW (“berbudaya“), baik yang gratis maupun yang berbayar.

Namun, kali ini ada perubahan peraturan terbaru yang sontak menjadi perbincangan di sosial media terutama di Twitter.

Peraturan tersebut berlaku untuk konten yang dianggap ‘tidak etis’.

Selain itu, aturan ini berlaku untuk di BOOTH, pixivFANBOX, dan fitur Request pixiv, dan lain sebagainya.

Konten yang Dilarang Harus Dihapus

Aturan Transaksi Pixiv
Beberapa layanan Pixiv akan terdampak aturan baru ini | FOTO: dok. Pixiv

Berbicara tentang aturan Pixiv, berikut ini adalah aturan atau kebijakan perlindungan merek (dengan kata lain properti intelektual).

Konten yang berkenaan tersebut adalah yang terang-terangan menyinggung atau bersifat ofensif, tidak etis, atau mempromosikan kegiatan kriminal.

Beberapa contoh diantaranya termasuk eksploitasi seksual terhadap anak di bawah umur, Incest atau hubungan sedarah, Bestiality atau hubungan dengan binatang, pemerkosaan (atau perilaku seksual non-konsensual lainnya), dan Guro / Gore, seperti mutilasi.

Berkaitan dengan peraturan ini pihak Pixiv menghimbau kepada para kreator untuk menghapus konten yang berkaitan dengan hal yang dilarang tersebut.

Batas akhir dari penghapusan konten tersebut adalah Kamis (15/12) mendatang.

Jika sampai pada tanggal tersebut masih bersikeras untuk menyimpan konten tersebut, maka pihak Pixiv berhak untuk mengubah setelan konten tersebut menjadi pribadi (private.)

Apabila pengguna yang berulang kali melakukan transaksi untuk konten yang dilarang setelah aturan baru diterapkan akan ditangguhkan akun Pixiv penggunanya.

Namun, perlu digaris bawahi dari apa yang kami tangkap kalau yang terdampak dari aturan ini adalah konten yang dimonetisasi di Pixiv bukan Pixiv-nya itu sendiri.

Menjadi Perbincangan Panas di Media Sosial

Pixiv
Pixiv menyediakan konten berbayar atau premium, seperti di pixivFANBOX | FOTO: dok. Pixiv

Tentunya berkenaan tentang aturan transaksi terbaru yang diterapkan situs Pixiv ini tidak luput dari kontroversi yang meliputinya.

Kami akan menelusuri terlebih-lebih di Twitter dan melihat tanggapan pengguna media sosial tersebut, terutama dari Jepang tentang hal ini.

Penemuan di postingan media sosialnya terkait ini, tampak kalau banyak yang memberikan respon negatif terhadap aturan tersebut.

netizen pixiv
Sekelumit tanggapan netizen di Twitter terkait aturan baru Pixiv. | FOTO: Twitter/@pixiv | EDIT: Seno Triadi

Ada yang berkomentar bahwa ini adalah kebijakan dari MasterCard yang menolak adanya transaksi konten ‘tidak etis’ ini dalam pembayaran mereka.

Sedikit informasi salah satu pembayaran di situs Pixiv menggunakan kartu kredit dari MasterCard, Visa, dan PayPal.

Lalu juga tidak sedikit yang memilih untuk berencana untuk pindah platform lain seperti Fantia, Ci-en, dan lain sebagainya.

Secara garis besar banyak yang mempertanyakan kenapa kebijakannya malah semakin rumit dan secara tidak langsung menolak aturan baru ini.

Tentang Pixiv

Aturan Transaksi Pixiv
Logo Pixiv | FOTO: dok. Pixiv

Pixiv atau ピクシブ adalah komunitas daring bagi artis dari Jepang.

Situs ini pertama kali meluncur pada September 2007 oleh Kamitani Takahiro dan Katagiri Takanori.

Kantor Pixiv sendiri berkantor pusat di Sendagaya, Shibuya, Tokyo, Jepang.

Pada April 2020, situs ini terdiri dari lebih dari 50 juta anggota, lebih dari 100 juta postingan, dan menerima lebih dari 3,7 miliar pengunjung halaman setiap bulan.

Nah, NawaReaders ada sanggahan tentang aturan terbaru yang segera disahkan pixiv Desember nanti, nih?


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.