Quantcast

Beranda » Pop Kultur » Activ8, Perusahaan Vtuber Kizuna Ai Mengalami Defisit Tahun 2019

Activ8, Perusahaan Vtuber Kizuna Ai Mengalami Defisit Tahun 2019

Siapa sih yang tidak kenal Virtual Youtuber Kizuna Ai. Salah satu pelopor mulai populernya Virtual Youtuber di internet. Bisa dibilang dia adalah ibu dari semua Virtual Youtuber atau disingkat Vtuber yang ada saat ini, meskipun mereka berbeda perusahaan.

Meskipun populer, Kizuna Ai tidak lepas dengan masalah yang dia alami. Termasuk dalam segi ekonomi yang saat ini sedang dialami perusahaan Activ8 yang merupakan tempat Vtuber ini bernaung.

Ada apa ya, dengan Kizuna Ai dan perusahaan Activ8? Apakah ada hubungannya dengan pengisi suara Kizuna Ai seperti beberapa waktu yang lalu? Penasaran? Yuk, kita cari tahu bersama-sama!

Perusahaan Activ8 Vtuber Kizuna Ai Mengalami Defisit

Activ8, selaku perusahaan yang mengelola Kizuna Ai dan beberapa Vtuber lainnya, melaporkan bahwa mereka mengalami defisit atau penurunan pendapatan.

Tercatat pada kuartal ketiha tahun 2019, Activ8 mendapatkan pendapatan sebesar 675 juta Yen atau sekitar 8,4 milyar Rupiah. Padahal sebelumnya, Activ8 mendapatkan pendapatan sebesar 720 juta Yen atau sekitar 8,9 milyar Rupiah.

Perusahaan Vtuber Activ8

Kizuna Ai Activ8

Activ8 didirikan pada tahun 2016 oleh Takeshi Osaka. Perusahaan tersebut mengelola sebuah project bernama upd8, dimana terdiri dari Virtual Talents sekitar 50. Pada bulan Agustus, Activ8 mengumpulkan sekitar 600 juta Yen atau sekitar 7,4 milyar Rupiah.

Pendapatan tersebut merupakan hasil bagi Third-Party atau pihak ketiga dari saham investor Makers Fund dan perusahaan berbasis gaming di Tokyo bernama Gumi.

Virtual Youtuber Kizuna Ai

Kizuna Ai (キズナアイ) atau akrab dipanggil Ai-chan adalah Virtual Youtuber yang merupakan seorang AI atau Artificial Intelligence. Dan dia di klaim sebagai Virtual Youtuber pertama di dunia.

Pada tahun 2019, Ai-chan sudah memiliki 3 mengoperasikan 3 konten Youtube miliknya. Terdiri dari “A.I.Channel”, “A.I.Games” dan “A.I.Channel China. 

Channel Kizuna Ai pertama kali rilis pada tahun 2016. Sejak saat itu, dia menjadi populer di dunia sebagai Virtual Youtuber dan masuk dalam daftar Newsweek Japan sebagai “Orang paling dihormati secara global”.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

 

Loading...