Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022
Musik  

10 Rekomendasi Lagu Hatsune Miku, Si Vocaloid Sejuta Umat

Dari Senbonzakura hingga Suna no Wakusei simak di sini rekomendasi lagu Hatsune Miku untuk mengisi daftar putarmu!

Fida Zalfa L.Y.
Lagu Hatsune Miku
Hatsune Miku dan figur misterius bertopeng dalam Music Video DUNE | FOTO: Youtube / @ Kenshi Yonezu 米津玄師 | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Sejak awal kiprahnya pada 2007, terdapat lebih dari 100.000 lagu Hatsune Miku dengan genre favorit si Vocaloid jatuh pada J-Pop dan Dance-Pop.

Bukan hanya lagunya yang membuat Miku tenar. Penampilan ikoniknya dengan rambut kuncir dua dan baju futuristik membuat orang biasa pun mengenalnya.

Hatsune Miku sendiri merupakan produk penyintesis suara bernyanyi buatan Crypton Future Media. Ia pernah muncul di iklan Pocari Sweat juga, lho!

Dari sekian banyak lagu-lagunya, berikut 10 rekomendasi lagu Hatsune Miku yang barangkali cocok dimasukkan daftar putarmu!

1. Miku Miku ni Shite Ageru 

Kita mulai dengan “lagu temanya” Hatsune Miku. Lagu ini adalah lagu Vocaloid pertama yang tembus lebih dari 1 juta penonton di Nico Nico Douga.

Lagu Hatsune Miku ini tidak diniatkan sebagai versi pendek, tetapi versi lengkapnya, Minna Miku Miku ni Shite Ageru, rilis di album Heartsnative pada 2009 dan album Heartsnative2 pada 2012.

2. Rolling Girl, Lagu Hatsune Miku Garapan Mendiang Wowaka

Salah satu interpretasi lagu ini adalah tentang seorang gadis kesepian yang tidak bisa meraih mimpinya. Akhirnya tersandung, jatuh, dan terus “berguling” hingga meninggal.

Sebelum gadis itu meninggal, liriknya menyampaikan perubahan gadis itu secara halus. Pertama dia segera menyerah, mencari kesalahannya, dan “berguling” lagi.

Kemudian dia “berguling” tanpa memusingkan membuat kesalahan.

Sayangnya, sang produser musik Wowaka, telah lama berpulang akibat gagal jantung pada kuartal pertama tahun 2019 silam.

3. Melt

Lagu Melt yang ditulis oleh ryo menjadi salah satu lagu Hatsune Miku paling terkenal yang pernah dirilis dengan mayoritas penggemar telah mendengar dan menghafal liriknya.

Miku Miku ni Shite Ageru, Melt, dan Senbonzakura termasuk lagu yang telah mencapai Hall of Myths (ditonton lebih dari 10 juta kali) di Nico Nico Douga.

4. Shinkai Shoujo (Deep-Sea Girl)

Kali ini lagu Hatsune Miku dengan irama sedikit tenang. Yuuyu-P adalah komposernya. Adapun begini komentar produser mengenai lagu ini.

“Takdir” mungkin kata yang terlalu agung, tetapi aku selalu merasa bahwa kehidupan cinta setiap gadis mungkin memiliki tingkat drama tertentu. Ini adalah kisah seorang gadis seperti itu dan akhir yang bahagia.

5. Senbonzakura

Senbonzakura menceritakan westernisasi Jepang selama Restorasi Meiji. Kendati melodinya ceria dan bergaya oriental, lagu Hatsune Miku ini menampilkan topik yang agak gelap.

Penampilan kabuki orisinal Senbonzakura pernah dipentaskan, lho! Hatsune Miku dan aktor kabuki terkenal, Shidou Nakamura, muncul bersama di atas panggung.

6. Crier

Bercerita tentang seseorang yang disakiti terus-menerus hingga dia berharap seseorang mengambil jantungnya. Namun, lagu Hatsune Miku ini ditutup dengan lirik,

Aku tidak punya apa-apa, tetapi setiap kali aku berhenti menangis, hari esok tiba / Jadi “Aku senang aku hidup” – untuk hari yang akan datang aku berpikir demikian … / Kini aku berdoa untuk itu.

7. Tell Your World

Google Jepang menawarkan kz untuk menciptakan lagu sebagai iklan untuk mempromosikan situs browser Google Chrome. Seperti itulah asal mula terciptanya lagu Tell Your World ini.

Iklan itu disebut “Google Chrome: Hatsune Miku” dan telah digunakan sejak 2011. Lagu ini berisi ajakan kepada orang-orang untuk menciptakan konten yang mereka inginkan.

8. Suna no Wakusei (DUNE)

Lagu dari Hachi (alias Kenshi Yonezu) ini memiliki referensi terhadap sejumlah lagu Vocaloid, seperti Senbonzakura, Matryoshka, MeltPanda Hero, dan World’s End Dancehall.

Hachi mendapat ide lagu ini setelah memperhatikan perbedaan musik dulu dan sekarang (termasuk penurunan jumlah penayangan, lebih sedikit produser).

Ia dapat merasa kurangnya pengunjung ke Nico Nico Douga yang tampak seperti “gurun”. Dengan demikian, ia membuat lagu

9. PoPiPo, Lagu Hatsune Miku yang Paling Sering Jadi Meme

Pusing? Capek? Stres? Besok Senin? Mungkin waktunya mendengarkan Hatsune Miku menyanyikan “Po-ppi-po-ppi-po-ppo-ppi-pou.”

Lagu Hatsune Miku ini juga cocok untuk membuat orang jadi suka minum jus sayur seharga 200 yen. Tersedia dalam bahasa Jepang maupun Inggris.

Lagu ini bahkan sering dipakai sebagai BGM sejumlah meme yang telah beredar luas di dunia maya. Mungkin saja, kamu pernah mendengarkan lagu ini dalam meme?

10. Venus di Ujung Jari, Salah Satu Lagu Vocaloid Buatan Indonesia

Menjadi lagu ikonik yang mendapatkan tempat di hati penggemar Vocaloid di Indonesia, “Venus di Ujung Jari” semakin dikenal para otaku setelah muncul di konser Miku Expo 2014 silam.

Lagu ini digubah oleh Mohax 2000 dan bahkan juga pernah muncul dalam animasi Indonesia berjudul Garuda Riders di tahun 2013.

Sepuluh lagu rekomendasi di atas hanya sebagian kecil dari seluruh lagu yang melibatkan Hatsune Miku. Kamu juga bisa menambahkan lagu favoritmu di kolom komentar, lho! Ditunggu, ya~!