Musik  

Rayakan HUT ke-6, JOOX Umumkan Proyek Seri Dokumenter SVARA

Nadia Theresa Johari
joox svara laleilmanino

Pada Oktober 2021, layanan streaming JOOX telah memasuki tahun keenam dalam menjadi teman penikmat musik dan menyediakan musik pilihan untuk para pendengar di Indonesia. Seiring perjalanan mereka, JOOX kini telah berevolusi menjadi platform Social & Entertainment Discovery Platform yang memberikan pengalaman lebih dari musik.

Selain itu, sebagai wadah yang ingin memajukan budaya serta musik Indonesia, serta merayakan perjalanan ini dalam semangat sumpah pemuda, JOOX telah mengadakan sebuah proyek kolaborasi akbar bernama SVARA: Perjalanan Bermakna di Balik Karya. JOOX menggandeng banyak talenta musik Indonesia ternama di sini, termasuk di antaranya trio produser dan musisi Laleilmanino.

#LebihDariMusik

Kini, JOOX tidak hanya menyediakan musik lokal dan internasional untuk dinikmati oleh para penggemar musik di Indonesia.

Mereka juga menyediakan sejumlah fitur interaktif yang inovatif, seperti Rooms, Live, dan Karaoke, yang memungkinkan pengguna untuk mengenal lebih banyak insan kreatif di Indonesia, berinteraksi secara langsung, dan terhubung dengan mereka.

joox svara laleilmanino
Yuanita Agata, Head of Marketing JOOX Indonesia

Head of Marketing JOOX Indonesia, Yuanita Agata, menyebutkan bahwa hal ini selaras dengan semangat Lebih dari Musik yang diusung oleh JOOX.

Dengan fitur interaktif ini, Yuanita berharap JOOX dapat meningkatkan local pride (kebanggaan terhadap produk lokal) serta mengajak muda-mudi Indonesia untuk mengapresiasi dan mendukung musik lokal Indonesia.

JOOX Artist of the Month November 2021

Sebagai bentuk apresiasi kepada para musisi Indonesia, tiap bulannya JOOX selalu menghadirkan penghargaan khusus bertajuk JOOX Artist of the Month.

Setelah posisi ini diduduki oleh Mahalini pada bulan Oktober, trio produser dan musisi Laleilmanino menjadi JOOX Artist of the Month di bulan November 2021. Hal ini diumumkan dalam konferensi pers JOOX pada Rabu (27/10).

Laleilmanino telah berkiprah di industri musik Indonesia selama 7 tahun. Lagu-lagu mereka dikenal baik oleh para penyuka musik Indonesia serta selalu meraih penghargaan demi penghargaan dalam bidang musik.

Tahun ini, mereka telah mencapai sebuah milestone, yaitu telah menciptakan 100 lagu sebagai produser sekaligus pencipta lagu.

SVARA: Perjalanan Bermakna di Balik Nada

joox svara laleilmanino
Poster promosi Svara: Perjalanan Bermakna di Balik Nada

Melihat pencapaian Laleilmanino dalam blantika musik Indonesia, serta berangkat dari keinginan bersama untuk mengeksplor serta memajukan budaya dan musik Indonesia, JOOX menggaet Laleilmanino dan juga rumah produksi Visinema untuk bekerja sama dalam sebuah proyek audio visual berupa seri dokumenter berjudul SVARA: Perjalanan Bermakna di Balik Nada. Proyek ini merupakan konten audio visual pertama dari JOOX Original.

Perjalanan penuh makna bernama SVARA ini dilakukan untuk mencari inspirasi dengan membuka diri dan menemukan makna dari segala sesuatu yang ada di sekitar kita. “Kami ingin menemukan inspirasi bermusik dan perspektif baru. Kolaborasi SVARA bersama JOOX ini mengajak kami mengunjungi beberapa kota di Indonesia dan mempertemukan kami dengan banyak masyarakat dan komunitas lokal yang dengan konsisten memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia kepada masyarakat luas,” jelas Laleilmanino.

SVARA: Perjalanan Bermakna di Balik Nada akan mengajak para penonton untuk berkeliling Indonesia dengan berkunjung ke empat lokasi, yaitu Bali, Jogja, Cirebon, dan Jakarta. Di keempat lokasi tersebut, Laleilmanino akan mencari inspirasi dari para musisi lokal, serta tradisi dan kebudayaan setempat.

“Inspirasi yang kami temukan dari masyarakat, musik, dan budaya yang kami temui selama perjalanan kami ini kami tuangkan ke dalam 4 lagu JOOX Original baru,” kata Laleilmanino.

Dalam pengerjaannya, ketiga pihak sepakat bahwa mereka tidak dapat melakukannya sendiri. Oleh karena itu, mereka juga mengajak sejumlah musisi lainnya seperti Baila Fauri (Bali), HIVI! (Yogyakarta), Rizky Febian (Cirebon), dan Diskoria Selekta (Jakarta). Sejumlah komunitas seni serta organisasi Swara Gembira pun diajak oleh JOOX untuk memperkaya unsur budaya dan tradisi Indonesia dalam dokumenter ini.

Sutradara SVARA, Sonny Laksamana, menyatakan bahwa mereka senang dapat bekerja sama dengan Visinema untuk mengerjakan seri dokumenter ini. “Sebagai kolaborator, kami ingin berpartisipasi dalam menggambarkan dan menyampaikan pesan serta makna yang Laleilmanino dan JOOX temukan dalam proses pencarian tersebut. Melalui dokumenter ini pun, kita semua dapat melihat bagaimana para komunitas berkarya sesuai kata hati mereka serta keindahan musik dan budaya Indonesia,” kata Sonny.

Bangga terhadap budaya Indonesia

joox svara laleilmanino

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, organisasi Swara Gembira, yang memiliki misi untuk merevolusi seni budaya agar digemari muda-mudi Indonesia dan dikemas dengan konsep kekinian, menjadi penasihat untuk program ini. Oi dari Swara Gembira turut menyampaikan kesannya sewaktu mengerjakan SVARA: Perjalanan Bermakna di Balik Nada.

“Indonesia memiliki ragam budaya yang unik dari setiap daerahnya, mulai dari tarian, musik, dan elemen lainnya yang perlu digaungkan kepada generasi muda,” jelas Oi. “Dengan hadirnya kolaborasi ini, kami berharap dapat merepresentasikan budaya dalam karya yang modern. Tentunya ini agar generasi muda semakin bangga terhadap kekayaan tradisi Indonesia.”

Program SVARA ini juga mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yang diwakili oleh bapak Muhammad Neil El Himan, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif di Kemenparekraf. Beliau mengatakan bahwa program SVARA sangat menarik karena tidak hanya menghibur, namun juga memiliki pesan agar penduduk Indonesia dapat lebih bangga dan bersyukur dengan kekayaan yang ada di Indonesia.

Penayangan SVARA, kolaborasi JOOX dan Laleilmanino selanjutnya

Seluruh episode dokumenter SVARA: Perjalanan Bermakna di Balik Nada dapat disaksikan di JOOX mulai pada tanggal 5 November 2021 melalui fitur JOOX Live. Sementara itu, 4 lagu JOOX Original SVARA akan dirilis secara berkala setiap minggunya mulai pada tanggal 8 November 2021 secara eksklusif di aplikasi streaming JOOX.

JOOX juga akan mengadakan virtual gathering bersama Laleilmanino sekaligus listening party lagu JOOX Original SVARA di JOOX Rooms. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 9, 12, 19, dan 26 November 2021. Akan ada pula kompetisi menyanyi Quick Sing lagu Laleilmanino, serta konser musik Laleilmanino di JOOX Live pada akhir November 2021.