Pencipta lagu Doraemon dan Dragon Ball, Shunsuke Kikuchi, diumumkan tutup usia pada 24 April 2021 di sebuah rumah sakit di Tokyo, Jepang, karena penyakit infeksi paru-paru. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada umur 89 tahun, dan telah dimakamkan secara tertutup oleh keluarga.

Gubah lagu tema dari anime, drama kenamaan

Lahir di prefektur Aomori, almarhum Shunsuke Kikuchi, merupakan komposer legendaris yang berperan dalam menciptakan lagu-lagu tema anime lawas. Salah satu lagunya yang paling terkenal, adalah Doraemon no Uta (Lagu Doraemon) yang telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Indonesia. Hingga sekarang lagu pembuka ini masih dinyanyikan di penayangan seri Doraemon oleh RCTI.

Melansir dari Oricon, Beliau aktif membuat lagu untuk berbagai seri anime dan seri TV seperti Dragon Ball, Dragon Ball Z, Kamen Rider, dan Starzinger. Karier beliau bermula dari tahun 1961, dan berlangsung hingga tahun 90-an. Salah satu lagu ciptaan Shunsuke yang berjudul Female Prisoner, digunakan oleh Quentin Tarantino sebagai soundtrack film Kill Bill. Ciri khas komposisi beliau ada pada musik Blues 16-ketukan, dengan nada pentatonic.

Atas berbagai karyanya, Shunsuke Kikuchi memenangkan berbagai penghargaan, seperti Tokyo Anime Awards, Japan Record Awards ke 57, serta penghargaan dari komunitas penulis, komposer, dan publisher Jepang berdasarkan royalti dari karya-karyanya.

Pencipta lagu Doraemon dan Dragon Ball ini jadi sosok yang paling di-demand di Jepang untuk menciptakan lagu-lagu tema serial televisi dan film

Sejak tahun 2017, beliau sudah mengumumkan bahwa ia tidak akan aktif lagi di jagat lagu-lagu untuk film dan serial televisi karena penyakit yang ia derita. Pada 28 April 2021, 4 hari setelah kematian beliau, barulah kabar ini diumumkan oleh komunitas penulis, komposer, dan publisher Jepang.

Fans berduka atas kepergian Shunsuke Kikuchi

Meninggalnya Shunsuke Kikuchi disambut oleh duka dari fans anime, baik otaku, maupun penggemar casual. Pasalnya sebelum pencipta lagu Doraemon tersebut tutup usia, lagu-lagu yang ia gubah sangat akrab didengar pada masa-masa kecil mereka. Lagu-lagu yang ia buat antara lain adalah Great Wilderness, The Strongest Guy in The World, dan The Saiyans Are Coming!

Sementara untuk seri Kamen Rider, beliau menciptakan Let’s Go! Rider Kick. Lagu tema pembuka untuk Kamen Rider pertama.

 

Nawala Karsa NK Kurio