Broadcasted by Galau Jikan FM

Sampel Lagu Hit, Begini Alasan Yonezu Kenshi Garap Lagu Untuk Chainsaw Man!

Penggarapan lagu KICK BACK juga melibatkan musisi papan atas Jepang, bahkan harus minta izin untuk sampel. Bagaimana kisahnya?

Seno Triadi
kenshi yonezu chainsaw man
Keterlibatan Yonezu Kenshi dalam lagu opening untuk anime Chainsaw Man (karakter Denji, kanan), banyak mengundang reaksi. | FOTO: dok. Oricon News, dok. YouTube Studio MAPPA. | EDIT: Seno Triadi

Pengumuman trailer baru anime Chainsaw Man (CSM) pada Senin (19/9) lalu menggugah banyak pihak, terutama di mayoritas komunitas pop kultur.

Banyak dari penggemar manganya telah menantikan adaptasi anime tersebut, termasuk pengumuman sejumlah musisi top Jepang yang mengisi animenya.

Salah satu kejutan yang disuguhi tim produksi anime Chainsaw Man adalah kemunculan artis papan atas Yonezu Kenshi, yang akan menyanyikan lagu opening resminya, KICK BACK.

Apa, sih, kisah di balik penggodokan lagu KICK BACK untuk Chainsaw Man ini?

Diam-diam Suka Sama Manga Chainsaw Man

kenshi yonezu
Yonezu Kenshi akan bawakan lagu pembuka Chainsaw Man, KICK BACK. | FOTO: Konami Jiro/dok. Oricon News

Melansir Comic Natalie, Yonezu Kenshi mengaku diberi kesempatan dari pihak komite produksi untuk menulis lagu “KICK BACK“, yang akan menjadi opening anime Chainsaw Man.

Tentang manga CSM sendiri, pria yang pernah bintangi iklan Calorie Mate tersebut merasa terhormat karena menyukai karya aslinya.

“Karya ini memiliki kekuatan yang luar biasa, jadi sangat sulit untuk menemukan suara yang cocok untuknya, tetapi saya dapat menciptakan lagu ini sebagai hasil dari membangunnya satu per satu dengan sungguh-sungguh,“ ujar Yonezu.

Vokalis yang juga pelantun dari Uchiage Hanabi dan Lemon tersebut berharap penggemarnya akan menikmati lagunya, ketika single ini rilis.

Selain itu, foto portfolio baru Yonezu Kenshi juga dirilis, menampilkan gambar untuk sampul single KICK BACK yang diambil oleh fotografer Konami Jiro.

Komposisi KICK BACK Libatkan Frontman King Gnu

daiki tsuneta king gnu
Frontman King Gnu, Tsuneta Daiki, mengaku sudah lima tahun sejak terakhir kolaborasi dengan Yonezu Kenshi. | FOTO: Kawakami Tomoyuki/dok. Hypebeast

Bersama Yonezu, lagu baru KICK BACK ia komposisi dan diaransemen bekerja sama dengan Tsuneta Daiki, musisi dibalik band King Gnu dan Millennium Parade.

Ini merupakan kali kedua mereka berkolaborasi setelah Tsuneta sempat memproduseri lagu Alice untuk album Yonezu, BOOTLEG, lima tahun yang lalu.

Melansir Oricon News, telah terungkap bahwa lagu tersebut memiliki sampel dari lagu hit idol group Morning Musume (MonMusu) tahun 2002, Sou da! We’re ALIVE.

Lagu Sou da! We’re ALIVE merupakan salah satu lagu lawas MonMusu yang sempat menduduki puncak tangga lagu Oricon pada 2002 silam.

Diamini Sang Produser Legendaris Jepang

chainsaw man kobeni
Higashiyama Kobeni, yang merupakan salah satu tokoh favorit di Chainsaw Man, akan muncul di animenya. | FOTO: dok. Studio MAPPA

Menanggapi hal tersebut, produser lagu hit Sou da! We’re ALIVE, Tsunku♂, mengisahkan peristiwa di balik sample lagu dalam KICK BACK.

Dalam blog pribadinya, Tsunku♂ mengaku bahwa dirinya sempat bingung dalam memenuhi permintaan dari pihak Yonezu untuk memakai lagunya sebagai sample.

“Sebagai sesama kreator, pada awalnya saya tidak bisa memahaminya, dengan mengatakan, ‘Apa? Apa maksudnya?’ Awalnya saya tidak memahaminya,” cerita Tsunku♂.

Saat itu, menurut komposer Ani X Para tersebut, permintaan tersebut dilakukan kala lagu opening KICK BACK masih digarap oleh pihak Yonezu.

Namun, ia akhirnya mengabulkannya setelah mendengarkan soundtrack yang sudah selesai digarap untuk musik anime Chainsaw Man beserta opening-nya.

“Banyaknya talenta yang benar-benar menakutkan. Sepenggal inspirasi yang ada di kepalanya entah bagaimana menjadi pesan yang kuat dan masuk ke telinga saya dengan melodi yang indah. Saya sangat bersemangat. Dalam banyak hal, ini adalah pengalaman baru bagi saya dan saya menikmatinya,” puji Tsunku♂.

Tsunku♂ sendiri juga menantikan penayangan perdana Chainsaw Man, yang rencananya akan disiarkan pada 11 Oktober mendatang.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.