Musik  

AmPm Apresiasi Kota Jakarta Dalam Single Terbaru, “Jakarta”

Nadia Theresa Johari
ampm jakarta

Sebagai musisi dan juga produser, inspirasi untuk membuat lagu dapat ditemukan dari mana saja. Bisa saja inspirasi itu datang dari pengalaman yang sudah cukup lama dan berkesan, serta membuat musisi terkait jadi tertarik untuk menggalinya lebih dalam. Hal itu terjadi pada duo dance music AmPm dan Jakarta.

Jakarta merupakan kota pertama yang dikunjungi AmPm di luar Jepang serta menyimpan banyak memori dan momen yang berkesan untuk mereka. Sebagai bentuk apresiasi mereka terhadap kota ini, AmPm merilis sebuah single baru yang terinspirasi dari pengalaman mereka itu, “Jakarta”.

Single terbaru dari AmPm ini diluncurkan secara serentak di semua layanan streaming musik pada Jumat (10/9). Sebuah video musik untuk single ini yang menampilkan pemandangan kota Jakarta juga telah dirilis di YouTube. Kalian dapat menonton video musik untuk single “Jakarta” dari AmPm di bawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=G3-J4tqSqeE

Kota istimewa untuk AmPm

Single “Jakarta” menjadi single dance instrumental ketiga dari AmPm yang terinspirasi dari berbagai kota di berbagai belahan dunia dan memiliki peranan penting dalam perjalanan karier AmPm.

Dua lagu lainnya dalam seri ini adalah “Tokyo” yang dirilis pada Maret 2021 serta “New York City” yang diluncurkan pada Juni 2021.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pemilihan kota Jakarta sebagai single terbaru AmPm berkaitan erat dengan pertunjukan pertama mereka di luar Jepang. Pada 2017 lalu, tepat setelah AmPm debut sebagai duo dance music dan produser, mereka diundang untuk tampil di konser Spotify on Stage 2017 di Jakarta serta menjadi satu-satunya musisi asal Jepang dalam konser tersebut. Hal ini membuat Jakarta menjadi kota yang tak terlupakan buat mereka.

Kesan terhadap Jakarta

ampm jakarta

Menanggapi perilisan single “Jakarta”, AmPm menyampaikan kesan mereka terhadap kota Jakarta dan mengapa mereka memilih untuk menjadikan nama kota tersebut sebagai judul single terbaru mereka. Mereka mengaku memiliki keterikatan emosional dengan Jakarta dan terkesan dengan budaya serta karakter yang ada di dalamnya.

“Sebagai kota yang berkembang begitu pesat, Jakarta memiliki karakter yang khas dan, tidak bisa dipungkiri, menjadi salah satu kota favorit kami,” kata AmPm. “Kami bertujuan untuk mengekspresikan kenangan-kenangan indah kami tentang Jakarta beserta dengan getaran atmosfir yang kami rasakan dalam sebuah lagu dance.”

Ikatan emosional dengan Jakarta

Ikatan emosional yang dirasakan oleh AmPm terhadap Jakarta ini memengaruhi mereka untuk membuat sebuah lagu dance khas AmPm yang mulus dan dipadukan dengan melodi tradisional khas Asia Tenggara yang dapat menggambarkan suasana ibukota Indonesia bagi kedua anggotan AmPm.

“Lagu ini juga merupakan upaya pertama kami untuk memasukkan suara instrumen tradisional rakyat dan kami berharap pendengar bisa menikmati dan merasakan perjalanan ke kota Jakarta saat mendengarkan lagu ini,” kata AmPm.

Ingatan tentang konser pertama di Jakarta

Mengenai pengalaman saat pertama kali mereka ke Jakarta, kedua anggota AmPm berkata bahwa mereka masih mengingat antusiasmenya dengan jelas. “Untuk saat ini, mungkin masih sangat sulit untuk mengulang pengalaman seperti itu, dimana kelompok besar penonton berkumpul dan musik diputar dalam volume yang paling keras,” ungkap AmPm.

Meski demikian, mereka yakin bahwa keadaan saat ini dapat berubah dan dapat bertemu dengan para pendengar musik mereka lagi. “Namun, kami optimis jika akan datang saatnya dimana kami dapat kembali ke Jakarta dan tampil di panggung konser, menampilkan karya musik terbaru AmPm,” kata mereka.
Semua curhatan, kesan dan pesan, serta inspirasi yang AmPm dapatkan dari kota Jakarta dapat dibaca secara lengkap dalam sebuah artikel di blog mereka. Klik di sini untuk mengakses blog AmPm di Medium.

Single “Jakarta” dari AmPm sudah dapat didengarkan oleh para penyuka musik di berbagai layanan streaming seperti Spotify dan Apple Music. Dua single dance instrumental AmPm sebelumnya yang juga terinspirasi dari berbagai kota di dunia, “Tokyo” dan “New York City”, ikut disertakan dalam perilisan “Jakarta”. Klik di sini untuk mendengarkan “Jakarta” di layanan streaming musik favorit kalian.

Tentang AmPm

ampm jakarta

AmPm adalah musisi sekaligus duo produser misterius yang selalu mengenakan topeng asal Jepang. Mereka debut dengan lagu “Best Part of Us feat. Michael Kaneko” pada tahun 2017. Setelah tampil di Jakarta pada tahun yang sama, mereka mulai berkeliling dunia dan tampil di kota-kota besar serta negara lainnya seperti Miami, New York, dan juga di Korea Selatan.

Duo musisi yang mengusung dance music ini menjadi produser untuk beberapa musisi internasional seperti Afrojack, R3HAB, dan Nicky Romero. Mereka juga merilis sejumlah remix untuk beberapa musisi di Jepang, seperti remix single “Tokyo Lights” untuk band Monkey Majik dan “Black Parade” untuk band rock Gesu no Kiwami Otome.