Manga Black Clover Volume 13 Bakal Terbit Bulan April Ini!

black clover volume 13 cv

Kabar gembira bagi kalian penggemar manga Black Clover! Mengutip dari cuitan pada akun resmi Editor Komik ELEX-Level Comics, manga karangan Yuki Tabata tersebut bakal memasuki volume 13 di Indonesia dan akan terbit dalam waktu dekat.

Kapan Black Clover Volume 13 Akan Terbit?

Manga Black Clover Volume ke-13 akan terbit pada bulan April tahun 2020 mendatang. “Selesai #editing #BlackClover 13 Serunya nggak abis-abis. Rencana Terbit: April’20,” dalam caption Editor Komik ELEX.

Tuai Antusiasi Netizen

‘Bocoran’ informasi ini turut mendapatkan tanggapan positif dari sejumlah pembaca ELEX Media. Ada yang mengapresiasi, serta ada yang mempertanyakan kapan manga-manga lain seperti Jojo’s Bizzare Adventure bakal diterbitkan atau dilanjutkan penerjemahannya oleh ELEX Media Komputindo.

punya tetangga kekejar padahal duluan punya tetangga terbitnya wkwkwkwk… best lah elex,semoga kny,jujutsu,spy x family,jojo,mob sama fairy tail 100 quest cepetan nyusul

Saya suka baru beli 11 eh 13 dah nongol

BL vol 11 aja baru terbit kamren eh vol 13 udh diedit aja.. Jangan-jangan vol 12 terbit maret dan vol 13 terbit april, jadi BL terbit sebulan sekali.. Mantap lah..

Mantap. Walau dah baca di inet ga lengkap kalo ga ngoleksi B)

Tentang Black Clover

Manga Black Clover sendiri dikarang oleh Yōki Tabata. Black Clover sendiri merupakan komik bertemakan action-fantasy. Berkisah tentang Asta, pemuda yang terlahir tanpa kekuatan sihir. Walau demikian, dia ingin menjadi seorang Raja Penyihir.

Ditemani oleh teman kecilnya yang berbakat, Yuno, ini adalah kisah pertualangan Asta untuk menempuh mimpinya tersebut. Komik ini diserialisasikan di majalah komik mingguan Shonen Jump (Shueisha) dari tahun 2015, tepatnya bulan Februari dan sudah mempunyai 18 volume. Komik ini juga sudah mendapatkan adaptasi anime yang dikerjakan Studio Pierrot, yang sudah tayang sejak Oktober 2017 hingga sekarang.

Kabar Lainnya: Gokushufudou Bakal Diterbitkan Juga!

Selain mengonfirmasi penerbitan manga Black Clover volume 13, editor LXLC (Elex-Level Comic) sebelumnya telah mengumumkan akan menyunting manga The Way of House Husband karya Oono Kousuke, bersamaan dengan manga Mukahi Usagidou Nikki.

Penerbitan manga The Way of House Husband sendiri belum dipastikan akan diterbitkan di ELEX ataupun di Level Comics. Umumnya, penyuntingan beserta perilisan volume pertama manga di Indonesia bisa memakan waktu 2 hingga 3 bulan pasca pengumuman penyuntingan.

Netizen Senang, Minta Terbit Pakai Bookpaper

Tak hanya kabar mengenai Black Clover volume 13, warganet Indonesia yang mengikuti manga-manga populer Jepang turut senang dengan pengumuman dari Editor LXLC tersebut. Setelah perilisan Komi-san beberapa saat lalu, netizen kembali mengapresiasi ELEX Media karena dapat merilis The Way of House Husband di Indonesia.

Berikut adalah komentar dari sejumlah netizen:

  • “Gokushufudo wajib bookpaper.”
  • “YESSSSSSSSSSSS YESSSSSSSSSSSSSS !!!“
  • “Huwaaaaaa akhirnya diterbit kan juga gokushufudo.. Wajib di belii ini“
  • “Premium y buat yg “The Way of the Househusband” nya…!”
  • “Gokushufudo pake kertas paperbook please”
  • “Yesss gokushufudou”
  • “Gokushufudou Sudah, Menunggu Ao Ashi dan Dr Stone Lagi “

Mantan Yakuza Menjadi Bapak Rumah Tangga Di Gokushufudou

Gokushufudou merupakan manga karya Kousuke Oono. Manga bergenre komedi ini bercerita tentang Tatsu, seorang Yakuza yang sangat ditakuti karena mampu mengalahkan satu kelompok hanya dengan seorang diri.

Namun siapa sangka, jalan hidup Tatsu berubah drastis dari seorang Yakuza menjadi ayah rumah tangga. Tidak tanggung-tanggung, ia menjalankan sepenuhnya pekerjaan rumah, mulai dari membersihkan rumah hingga memasak.

Bukan berarti kelakuannya sepenuhnya kalem. Kadang Tatsu harus memunculkan jiwa Yakuza saat menghadapi sejumlah perkelahian di berbagai tempat.

Gokushufudo hadir lebih dulu dalam platform digital Kurage Bunch. Chapter pertamanya terbit di platform tersebut pada 23 Februari 2018. Saat ini manga tersebut telah terbit sebanyak 42 chapter secara digital.

Keunikan alur dari manga berjudul lain The Way of House Husband ini mampu memikat pembacanya. Saat video promo tersebut diunggah, Kurage Bunch mengklaim manga ini telah terjual sebanyak 1,2 juta kopi.


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Setelah membaca kabar mengenai kapan rilisnya manga Black Clover volume 13 di Indonesia, jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.