Tahukah kamu? Ada fasilitas perpustakaan berisi buku-buku menarik tentang Jepang, yaitu Koryu Space dari Japan Foundation (JF) Jakarta. Perpustakaan ini sering dikunjungi oleh para pengunjung, terutama mereka yang memiliki minat pada Jepang. Namun baru-baru ini, kami mendapatkan informasi bahwa Koryu Space untuk sementara ditutup. Kira-kira, ada apa ya?

Koryu Space Ditutup Untuk Sementara Karena Virus Corona

Untuk menindaklanjuti situasi virus corona yang sedang mewabah, pihak JF Jakarta memutuskan untuk melakukan penutupan sementara fasilitas Koryu Space yang berada di Gedung Summitmas Jakarta untuk pengunjung umum. Hal ini diumumkan oleh pihaknya melalui pos yang diunggah pada media sosial mereka.

Melindungi Para Pengunjung Koryu Space

Penutupan sementara fasilitas Koryu Space dilakukan Japan Foundation Jakarta untuk merespon situasi terkini terkait pandemi virus corona jenis baru atau Corona Virus Disease (COVID-19) yang sampai saat ini masih sedang terjadi di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia. Adapun penutupan fasilitas akan berlangsung mulai Jumat, 13 Maret 2020 hingga Selasa, 31 Maret 2020.

Fasilitas Koryu Space sendiri sempat digunakan untuk kegiatan Japan Cultural Weeks yang telah digelar oleh Japan Foundation Jakarta pada tanggal 10 Februari 2020 hingga 29 Februari 2020.

Untuk menjaga para pengunjung dari ancaman virus Corona, sejak tanggal 24 Februari 2020, PT. Summitmas Property selaku pengelola gedung fasilitas Koryu Space melakukan pemindaian suhu tubuh terhadap semua tamu yang masuk ke gedung Summitmas baik dari pintu depan maupun pintu belakang.

Tentang Koryu Space

Koryu Space merupakan fasilitas pengganti dari Perpustakaan Japan Foundation Jakarta yang telah ditutup. Seperti pendahulunya, fasilitas ini tetap menyediakan ribuan koleksi buku tentang Jepang, namun kini mereka sudah tidak melayani peminjaman buku.

Koryu Space berasal dari kata 交流 atau こうりゅう (Koryuu), yang berarti “pertukaran”, dan スペース (Space) yang berarti “area”, sehingga berarti sebuah ruang pertukaran budaya antara Indonesia – Jepang yang difasilitasi oleh The Japan Foundation Jakarta, di mana para pengunjung bisa mempelajari bahasa dan budaya melalui buku-buku, mainan, dan kerajinan tangan tradisional Jepang yang ada di area tersebut.

Koryu Space berlokasi di Gedung Summitmas 2, lantai 1, dengan alamat lengkap di Jl. Jendral Sudirman Kavling 61-62, RT 5/RW 3, Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Kotamadya Jakarta Selatan, Kode Pos 12190.

Nawala Karsa NK Kurio