Setelah Dipakai Wisuda, Server Minecraft ITS Jadi Sarang Ender Dragon

Avatar
kondisi terkini server minecraft setelah dipakai untuk wisuda online its
Situasi terkini server minecraft

Beberapa hari sebelumnya, salah satu Perguruan Tinggi yaitu ITS atau Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengadakan wisuda online di game Minecraft. Lalu bagaimana kondisi tempat tersebut saat ini?

Sudah di-grief, penuh Ender Dragon dan Wither

Berdasarkan postingan yang diunggah oleh akun Reddit HuliusCaesar di subreddit /r/indonesia, kini server Minecraft tersebut menjadi lokasi berburu Ender Dragon.

kondisi terkini server minecraft yang sebelumnya dipakai untuk wisuda its

Kolom komentar dari postingan tersebut tidak kalah menarik, tidak sedikit netizen yang bekomentar terkait perkembangan terkini tempat yang sebelumnya dijadikan lokasi wisuda online oleh suatu Perguruan Tinggi atas dampak dari pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

“Yang bunuh (Ender Dragon) dapat cum laude gak,” ujar akun Reddit elixdude

“Maba yang bisa bunuh (Ender Dragon) auto lulus,” ujar akun Reddit AquillusXD

Dampak Pandemi, Wisuda Terpaksa Diselenggarakan Secara Daring

Dalam kondisi saat ini dimana dunia masih berkutat dengan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sejak akhir tahun 2019, dan entah sampai kapan pandemi akan berakhir semenjak obat ataupun vaksin untuk melawan pandemi tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Selama obat ataupun vaksin yang efektif belum ditemukan, secara mau-tidak mau, kita terpaksa harus mengubah beberapa cara kehidupan yang lumrah dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 kian meluas.

Salah satu kebiasaan yang harus diubah adalah saat pelaksanaan wisuda, dimana setiap tahunnya selama wisuda, biasanya keluarga besar dari seorang mahasiswa berkumpul di kampus untuk melihat anggota keluarganya yang telah menempuh pendidikan setidaknya selama empat tahun.

Namun semenjak pandemi berlangsung, tentu berbagai Perguruan Tinggi tidak bisa melakukan kegiatan tersebut karena beresiko memunculkan klaster penyebaran baru. Maka dari itu muncullah gagasan “Wisuda online“.

Wisuda Online Dengan Cara Unik

Uniknya, ada satu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan wisuda online dengan cara yang berbeda dari yang lain, yaitu dengan menggunakan server pada game Minecraft. Perguruan Tinggi tersebut adalah Institut Teknologi Sepuluh November.

Perguruan Tinggi yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini mengadakan wisuda ke-121 untuk mahasiswa-mahasiswinya secara online menggunakan game Minecraft. Benar, game yang terbilang populer dengan sistem crafting-nya ini dijadikan tempat untuk menyelenggarakan wisuda.

Ditayangkan secara livestreaming melalui kanal YouTube resminya, pada menit ke 22:35, prosesi wisuda ITS dimulai melalui game Minecraft.