Kimetsu no Yaiba Sudah Mau Habis Manganya Beberapa Bab Lagi?

Seno Triadi

Beredar gosip di media sosial mengenai Kimetsu no Yaiba akan habis alias berakhir serial manganya di Weekly Shonen Jump terbitan Shueisha, Jepang. Namun, belum terlihat jelas jika ada tanda-tanda cerita Tanjiro sang pembasmi iblis akan benar-benar selesai nantinya. Mengapa demikian?

Bab 203 Kimetsu no Yaiba!

kimetsu no yaiba tangan

Manga perjuangan Tanjiro melawan Muzan mencapai titik terakhir, mengharuskan Tanjiro bertarung dalam jiwanya terbebas dari jeratan Muzan. Pada bab ini, pertarungan antara kelompok Pilar melawan para iblis Muzan telah berakhir. Namun, akankah kehidupan Tanjiro, Nezuko dan teman-temannya berakhir Bahagia?

Chapter terbaru manga ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris di situs Manga Plus Shueisha, mengikuti sumber aslinya dari dalam bahasa Jepang.

Benarkah Manga Kimetsu no Yaiba akan Berakhir?

kimetsu no yaiba 203

Yang menjadi perhatian dalam bab ini adalah keterangan di halaman pertama dan terakhir dalam majalah Weekly Shonen Jump edisi 21 April minggu lalu. Edisi ini terbit pada tanggal sekian setelah ditunda penerbitannya lantaran terkendala virus COVID-19 menjangkiti staf editorial di Shueisha.

Tertulis pada halaman awal bab ini telah diumumkan empat jilid selanjutnya akan diterbitkan dalam bentuk bundel, mulai dari jilid 20 hingga 23. Merchandise khusus franchise ini akan disisipkan dalam bundel tankoubon ini yang informasi terbitnya akan diinformasikan melalui situs dan Twitter resmi.

Pada gambar kedua, tertulis bahwa bab selanjutnya, yaitu bab 204, akan dibuka dengan full-color halaman pertama. Bab 203 ini dianggap sebagai chapter terakhir untuk pertarungan Tanjiro vs. Muzan setelah menghabiskan puluhan chapter lamanya. Untuk edisi kedepannya akan terjadi klimaks kepada inti alur ceritanya dari kehidupan Tanjiro dan kawan-kawannya. Belum dipastikan apa yang akan terjadi nantinya dalam bab tersebut.

Meskipun demikian, pada klimaks yang dimaksud bukan berarti cerita petualangan Tanjiro dan kawan-kawan berakhir begitu saja. Kewenangan dari tim editorial Shueisha maupun cerita dari mangakanya sendiri pun tidak mudah ditebak lantaran belum dapat diumumkan secara resmi.

Klimaks Belum Pasti Selesai?

Disclaimer: Bagian ini merupakan pandangan pribadi dari penulis sendiri.

Khususnya pada serialisasi manga Jump yang akan memasuki akhir cerita, pengarang akan menuliskan tanda untuk chapter selanjutnya. Tergantung dari pengumuman resmi dari tim editorial Jump lewat media sosial atau situs resminya, mereka akan mengumumkan berapa bab yang akan mereka selesaikan nantinya sebelum chapter final.

Sedangkan klimaks dari manga shonen di Jepang biasanya menjadi pencetus cerita baru yang meneruskan alur cerita manganya. Bisa jadi kemungkinan klimaks yang dimaksud adalah pembawaan cerita baru dari mangakanya. Hal ini bertujuan sebagai elemen dari cerita utama menjelas beberapa istilah ataupun plot device yang tidak sempat dijelaskan di beberapa bab sebelumnya.

Mungkinkah ada beberapa elemen dari Kimetsu no Yaiba yang habis tersebut, belum jelas untuk dibahas? Jangan lupa untuk berkomentar apa saja yang belum dijelaskan di manganya, ya!

Tetapi, Usut Punya Usut…

https://twitter.com/kimetsu_off/status/1254615077602291717

Pagi ini, Twitter resmi Kimetsu no Yaiba mengumumkan tentang informasi empat jilid yang akan diterbitkan tersebut. Diterjemahkan oleh Twitter fans Weekly Shonen Jump, mereka malah menyatakan akan menunda penjualan format tankoubon tersebut dikarenakan pandemi corona yang semakin meluas di Jepang.

Kemudian, tim editorial manga tersebut mengatakan kepada para pembacanya agar tetap mengikuti instruksi pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona. Situs resmi akan mengumumkan kapan jilid selanjutnya akan dirilis di toko buku Jepang nantinya. Khusus jilid 21 akan segera terbit di Jepang sesuai jadwal pada Juli ini.