Kabar Duka, Gerry Alanguilan Meninggal di Usia 51 Tahun

Avatar
Gerry Alanguilan
Gerry Alanguilan, dengan senyum khasnya.

(21/12) Kabar duka datang dari industri seni Filipina. Pasalnya, salah satu komikus ternama, Gerry Alanguilan (dikenal sebagai Komikero) meninggal dunia Jumat (20/12) lalu. Kematian komikus ini diumumkan oleh istri Gerry, Ilyn Alanguilan.

“Untuk semua yang mencintai Gerry, terima kasih banyak. Kalian telah memberikan kebahagiaan padanya.” Tulis Ilyn di status Facebook-nya, dilansir dari newsarama.com.  Sampai saat ini, belum diketahui penyebab pasti kematian Gerry.

Gerry Alanguilan adalah komikus sekaligus penulis yang berasal dari San Pablo, Laguna, Filipina. Komikus yang bernama asli Doroteo Gerardo N. Alanguilan, Jr. ini lahir pada 20 Januari 1968. Beberapa karya komikus dengan nama pena “Komikero” ini yang terkenal ialah Wetworks, X-men, Superman: Birthright, Wolverine, dan Fantastic Four. Selain kartya tersebut, Gerry juga dikenal sebagai pembuat buku komik Johnny Balbona, Humanis Rex!, ELMER, Timawa, dan Where Bold Stars go to Die. Komik tersebut dibuatnya dalam bahasa Filipina.

Komikus ini juga dikenal oleh senyumnya yang khas. Senyum tersebut diunggahnya di kanal YouTube pribadinya pada 28 Januari 2009 dengan nama “Hey, Baby”. Video tersebut telak ditonton oleh 6,4 juta pemirsa YouTube. Foto dirinya yang tersenyum sempat menjadi Trending di Indonesia di medio 2015-2017-an, yang dibuat menjadi meme “Ayo sini sama om”.

 

Kepergian Gerry turut membawa kesedihan ke banyak pihak, salah satunya C.B. Cebulski, editor-in-chief Marvel. Cebulski menyampaikan perasaan belasungkawa lewat cuitannya di Twitter “Kesedihan mendalam atas kepergian Gerry Alanguilan. Orang istimewa lainnya pergi terlalu cepat. Penulis dan komikus yang luar biasa,mentor dari artis muda, dan advokat dari dunia komik, komikus dunia dan komunitas seni Filipina merasa kehilangan seorang teman dan pahlawan.”

Selamat jalan, Gerry Alanguilan, senyum legendarismu akan sulit kami lupakan walau engkau telah tiada.