Belle, Evangelion: 3.0 + 1.0, dan Jujutsu Kaisen 0 Dinominasikan Dalam Japan Academy Film Prizes ke-45!

Nadia Theresa Johari
japan academy prize 2022

Pada Selasa (18/1), Japan Academy Film Prize Association telah mengumumkan sejumlah film yang menjadi nomine dalam ajang penghargaan Japan Academy Film Prizes ke-45. Sebanyak lima film anime dinominasikan dalam kategori Animation of the Year.

Selain itu, asosiasi perfilman Jepang tersebut juga telah mengumumkan sejumlah insan terlibat dalam dunia perfilman yang ternominasikan dalam ajang penghargaan mereka yang satu ini.

Sejumlah individu dan dua badan lainnya akan menerima penghargaan spesial.

Berikut adalah lima film anime yang dinominasikan dalam kategori Animation of the Year.

Belle (Ryuu to Sobakasu no Hime)

belle

Evangelion: 3.0 + 1.0: Thrice Upon A Time

shin evangelion

Jujutsu Kaisen 0 The Movie

jujutsu kaisen 0

Gyokou no Nikuko-chan (Fortune Favors Lady Nikuko)

fortune favors lady nikuko

Ai no Utagoe wo Kikasete (Sing a Bit of Harmony)

Nomine Untuk Best New Actor dan Best New Actress

Ajang penghargaan Japan Academy Film Prizes ke-45 mengumumkan sejumlah aktor dan aktris yang menjadi nomine untuk kategori Best New Actor dan Best New Actress.

Aktor Hayato Isomura dinominasikan dalam kategori Best New Actor atas perannya di serial What Did You Eat Yesterday? (Kinou Nani Tabeta?).

Sementara itu, dalam kategori Best New Actress, beberapa aktris yang dinominasikan adalah Mio Imada dan Ai Yoshikawa. Imada dinominasikan atas perannya sebagai Hinata Tachibana dalam film live action Tokyo Revengers.

Sedangkan, Yoshikawa dinominasikan atas perannya sebagai Uka Ishimori dalam adaptasi film live action Honey Lemon Soda.

Adapun setiap film serta aktor dan aktris yang dapat dinominasikan dalam Japan Academy Film Prizes ke-45 ini adalah setiap karya dan mereka yang terlibat dalam film yang dirilis pada rentang waktu 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2021.

Penghargaan Spesial

Sejumlah penghargaan spesial akan diberikan oleh Japan Academy Film Prize Association kepada sejumlah insan yang berkarya dan berjasa dalam dunia perfilman Jepang.

Penghargaan Lifetime Achievement dalam ajang penghargaan kali ini akan diterima oleh Kyouko Oubayashi (produser), Toshiyuki Sasatake (desainer film art lettering), dan Sadao Tsukikoka (animator).

Beberapa individu di bawah ini juga akan menerima penghargaan Chairperson Award sebagai bentuk apresiasi terhadap lifetime achievement untuk masing-masing dari mereka.

  • Mitsuko Kusabue (aktris)
  • Natsuko Toda (penyusun takarir film)
  • Teruyo Nogami (manajer produksi / perekaman Kurosawagumi)
  • Masako Nozawa (pengisi suara)
  • Hanae Mori (desainer kostum)
  • Tsutomu Yamazaki (aktor)

Sementara itu, sejumlah individu yang telah berjasa dalam dunia perfilman Jepang namun telah tiada akan menerima penghargaan anumerta Special Awards from the Chairperson. Nama-nama penerima penghargaan tersebut ada di bawah ini.

  • Yasuo Otsuka (animator)
  • Masato Hara (produser)
  • Kunie Tanaka (aktor)
  • Sonny Chiba (aktor)
  • Shinichirou Sawai (sutradara dan penulis naskah)
  • Tan Takaiwa (Presiden dan produser dari Toei dan Toei Animation)
  • Emi Wada (desainer kostum)

Salah satu kategori lainnya yang ada dalam Japan Academy Film Prizes adalah Shigeru Okada Award. Kali ini, penghargaan dalam kategori tersebut akan diberikan kepada Kyoto Animation dan Toei Animation.

Kedua studio tersebut berjasa memproduksi film berkualitas tinggi dengan memadukan elemen hiburan dan seni dengan kreativitas yang unik dan teknologi canggih.

Tentang Japan Academy Film Prizes

Setiap tahunnya, Nippon Academy-Sho Association menyelenggarakan ajang penghargaan Japan Academy Film Prizes, atau lebih sederhana disebut sebagai Japan Academy Prize.

Sebagai informasi tambahan, Nippon Academy-Sho Association merupakan sebuah lembaga yang setidaknya mirip dengan Academy of Motion Picture Arts and Sciences dari Amerika, institusi penyelenggara penghargaan Oscar tiap tahun.

Para nomine dari penghargaan ini akan menerima predikat “Awards of Excellence”, namun penghargaan yang sebenarnya dari tiap kategori akan diumumkan kemudian.

Tahun ini, penghargaannya terselenggara dalam sebuah acara di Grand Prince Hotel New Takanawa di Tokyo, Jepang, pada 11 Maret 2022.

Dibandingkan kategori lainnya, Animation of the Year merupakan kategori yang tergolong baru.

Beberapa film anime yang memenangkan penghargaan ini sebelumnya adalah Toki wo Kakeru Shoujo, From Up On Poppy Hills, Kono Sekai no Katasumi ni, dan Tenki no Ko.

Pada tahun 2021 lalu, film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Ressha-Hen menjadi pemenang kategori ini.