Indosiar dan TVRI Tayangkan Bersama Konser Torch Relay Asian Games 2018

Naufal Alfarizy

Rabu lalu (18/7/2018), stasiun Televisi Indosiar beserta TVRI menayangkan Konser ‘Torch Relay‘ Asian Games 2018. Konser yang diadakan di Candi Prambanan, D.I Yogyakarta tersebut diramaikan oleh sejumlah artis dari Tanah Air, serta dari Luar Negeri.

Beberapa nama artis tersebut adalah Cakra Khan, Armada, Maria Calista, Boyband asal Korea Selatan B.A.P, dan masih banyak lagi. Dalam acara tersebut, beberapa artis menyanyikan lagu-lagu Kompilasi dari Asian Games 2018.

Lagu-lagu yang para artis lantunkan juga diiringi dengan tarian-tarian budaya Indoensia serta Asia, melodi-melodi yang dilantunkan oleh para artis ini diiringi oleh Magenta Orchestra. Penggunaan Video Mapping dalam konser ini juga membuat jalannya acara semakin menarik.

Tayang Live Delay dan Beda Onscreen

Konser Torch Relay Asian Games 2018 ini ditayangkan oleh dua stasiun televisi yang berbeda. Yang pertama, adalah Indosiar. Indosiar sendiri merupakan perusahaan milik Elang Mahkota Teknologi, yang memiliki hak siar utama dalam Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Indosiar sendiri ditargetkan akan menayangkan mayoritas kegiatan Asian Games, bersama dengan SCTV.

Yang kedua, adalah TVRI. TVRI sendiri merupakan Lembaga Penyiaran Publik yang berpusat di Jakarta, dan kini dipimpin oleh Helmy Yahya. TVRI sendiri mendapatkan sebagian hak siar atas Asian Games dari EMTEK, selain TVRI sendiri, stasiun televisi seperti TVOne, MetroTV, serta JakTV juga turut menyiarkan gelaran tersebut.

Konser kali ini diproduseri langsung IEP (Indonesia Entertainmen Produksi) dengan arahan dari INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Committee). Serta, ditayangkan dalam format HD 16:9 dan ditayangkan dalam Siaran Langsung-Tunda (Live Delay).

Torch Relay Asian Games 2018
Indosiar saat menayangkan Konser Torch Relay Asian Games 2018

Penayangan konser Torch Relay di Indosiar sendiri sangatlah menarik. Tampilannya ‘bersih’ dan ditayangkan dalam format HD 4:3 (tayangan di strech sehingga seluruh gambar dapat ditampilkan dalam TV tabung). Logo Asian Games juga bergantian dengan logo Indosiar, maklum, ini karena Indosiar memang merupakan Licensed Broadcaster utama dalam gelaran ini.

Torch Relay Asian Games 2018
Indosiar saat menayangkan Konser Torch Relay Asian Games 2018

Sementara itu, TVRI sendiri sedikit unik namun aneh. Sebab, penayangan Konser ini ditayangkan dengan menghadirkan commentary dari pembawa acara TVRI di Jakarta. Penayangan tersebut juga terkesan ‘tanpa persiapan’.

Torch Relay Asian Games 2018
TVRI saat menayangkan Konser Torch Relay Asian Games 2018

Ada kesan terburu-buru, dan tidak efisien disaat TVRI menayangkan konser ini. Pertama, mengapa harus menampilkan Logo Indosiar di samping logo TVRI? Kenapa tidak bergantian saja?

Kedua, kenapa tampilan siaran berubah-ubah? Yang mulanya 4:3 menjadi 16:9 Letterbox. Ini tentu kurang nyaman untuk dipandang oleh para penonton TVRI.

Torch Relay Asian Games 2018
TVRI saat menayangkan Konser Torch Relay Asian Games 2018

Penayangan pada TVRI sendiri tidak terkesan ‘bersih’. Running Text dan tidak efisiennya penempatan logo TVRI-Indosiar menjadi salah satu penyebab tidak ‘bersihnya’ tayangan ini. Namun, penayangan konser tersebut dalam format strecth menjadi nilai tambah dalam hal ini.

Yang Semestinya Dilakukan

Penayangan Konser Torch Relay ini sangatlah menarik untuk ditonton. Tetapi, terdapat banyak kekurangan dalam pelaksanaannya. Dapat kita lihat dengan seksama dari Video diatas, masih terdapat kekurangan-kekurangan saat siaran.

Semisal, kurangnya pencahayaan pada wajah para artis, tidak menayangkan secara simulcast, dan pengendalian efek suara yang dihasilkan. Akan lebih baik apabila IEP memperbaiki masalah tersebut dikemudian hari, sebab, IEP akan memegang puluhan acara Asian Games mulai dari Agustus nanti hingga pertengahan September. Peraturan mengenai onscreen sendiri juga harus dibuat agar ada standar terkait penyiaran Asian Games.