Broadcasted by Galau Jikan FM

Japanese Film Festival 2022 Bakal Kembali di Bioskop Indonesia!

Japan Foundation Jakarta resmi mengumumkan bahwa Japanese Film Festival 2022 di Indonesia akan digelar secara offline di bioskop CGV!

Naufal Alfarizy
Japanese Film Festival 2022 Indonesia Offline
FOTO: The Japan Foundation (kiri) & CGV Cinema ID (kanan)

Penantian penggemar film Jepang berakhir sudah! Pasalnya, gelaran Japanese Film Festival 2022 di Indonesia bakal kembali digelar secara offline.

Gelaran yang diinisiasi sejak tahun 2016 oleh The Japan Foundation, Jakarta tersebut sempat dialihkan dalam acara JFF Online. Kini, gelaran tersebut akan hadir di 3 kota berbeda.

Sebelumnya, selama gelaran JFF Online pada bulan Februari 2022 lalu, The Japan Foundation mencatat bahwa terdapat lebih dari 34 ribu penonton yang berpartisipasi dalam gelaran tersebut.

Segera Sapa Jakarta hingga Makassar di Akhir Tahun!

Gelaran JFF 2022 di Indonesia akan tayang di 3 kota berbeda, yakni Jakarta, Makassar, dan Bandung. Acara ini sendiri nantinya akan digelar mulai awal November hingga Desember.

Di kota Jakarta, gelaran JFF 2022 akan diadakan di CGV Grand Indonesia mulai tanggal 3-6 November 2022.

Sementara di kota Makassar, gelaran Japanese Film Festival akan digelar di CGV Panakkukang Square pada tanggal 18-20 November 2022.

Acara JFF 2022 di Indonesia sendiri akan berakhir di kota Bandung, yakni di bioskop CGV Paris van Java pada tanggal 2-4 Desember 2022.

Nantinya, tiket penjualan film akan dapat dipesan lebih awal, yakni pada bulan Oktober 2022 mendatang.

JFF 2022 Hadirkan 14 Judul Film dengan Ragam Genre

Film Little Nights, Little Love Japanese Film Festival
Film Little Nights, Little Love yang tayang di JFF Online 2020 | FOTO: Japan Foundation

Terkait dengan film yang akan dibawakan, Japanese Film Festival di Indonesia memastikan bahwa mereka akan mempertontonkan sebanyak 14 judul film yang berbeda-beda.

Film Jepang yang akan ditayangkan disebut-sebut akan memiliki genre yang berbeda, mulai dari drama, suspense, komedi, misteri, romansa, hingga anime.

Nantinya, film-film tersebut juga akan dilengkapi dengan subtitle berbahasa Inggris maupun Indonesia agar dapat dinikmati oleh banyak khalayak.

Adakan Kuliah Umum dan Kegiatan Tambahan Lainnya

Salah satu gelaran Talkshow yang pernah dihelat di Bandung oleh JFF di tahun 2019 | FOTO: Japan Foundation

Selain itu, The Japan Foundation juga memastikan bahwa gelaran JFF Indonesia tahun ini juga akan ditemani gelaran non-pemutaran film, layaknya tahun sebelumnya.

Rencananya, JFF Indonesia akan menghadirkan program tambahan seperti kuliah umum mengenai industri film dan budaya Jepang.

Merchandise Hunt, gelaran tambahan yang selalu diincar oleh para penonton JFF Indonesia, juga dipastikan kembali digelar.

Tentang Japanese Film Festival

jff online 2022
Gambar: © The Japan Foundation

Sejak tahun 2016, Japan Foundation menyelenggarakan JFF di 10 negara Asia Tenggara dan Australia yang tergabung dalam JFF Asia Pacific Gateway.

Di tahun 2017, India bergabung dan disusul Rusia pada tahun 2018. Tahun 2019, JFF diselenggarakan di 56 kota di 12 negara dengan jumlah penonton mencapai 170 ribu orang.

Tahun 2020, untuk pertama kalinya, JFF diselenggarakan secara daring dan situs JFF+ dirilis sebagai media utama yang menghadirkan film-film Jepang dalam bentuk penayangan film daring, artikel, dan komunitas.

Untuk informasi selengkapnya, kamu dapat mengakses pranala berikut ini.

Tentang The Japan Foundation, Jakarta

koryu space Japan Foundation Jakarta Virus Corona
Koryu Space Japan Foundation Jakarta

The Japan Foundation didirikan pada bulan Oktober tahun 1972 di Jepang sebagai lembaga nirlaba milik pemerintah Jepang.

Lembaga tersebut merupakan satu-satunya yang khusus didedikasikan untuk menangani pertukaran budaya internasional.

Dengan tujuan untuk memperdalam rasa saling pengertian di antara masyarakat Jepang dan negara-negara lainnya, Japan Foundation berupaya untuk mewujudkan berbagai aktivitas serta menyediakan fasilitas dan informasi yang menciptakan kesempatan bagi para individu untuk dapat saling berinteraksi.

The Japan Foundation membuka kantor perwakilan di Jakarta sejak tahun 1974 yang bertujuan mendukung kegiatan kebudayaan antara Indonesia dan Jepang.

Bagaimana pendapat NawaReaders sekalian? Apakah kalian juga antusias untuk ikut berpartisipasi dalam Japanese Film Festival 2022 di Indonesia? Kirim pendapat kalian di kolom komentar ya!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.