Kembali dari Pensiun (Lagi), Hayao Miyazaki Akan Garap Film Terakhirnya

Riestario Kurnia Thodiansyah
Hayao Miyazaki
Gambar: kate.id

Dikabarkan bahwa sang maestro anime Jepang, Hayao Miyazaki akan kembali ke Studio Ghibli sedari masa pensiun untuk membuat film adaptasi dari novel “How Do You Live?”.

Kolega Hayao Miyazaki mengatakan bahwa film tersebut adalah “sebuah fantasi dalam skala yang besar”. Produser Toshio Suzuki dalam sebuah wawancara online dengan Entertainment Weekly pada Mei 2020, dia mengatakan bahwa film yang dibuat oleh Miyazaki akan digambar secara manual menggunakan tangan.

“Jadi sekarang ada lebih banyak gambar yang harus digambar daripada sebelumnya. Ketika kami dulu membuat My Neighbour Totoro, kami hanya memiliki 8 animator dan kami membuatnya dalam kurun waktu 8 bulan,” ujar Toshio Suzuki.

“Untuk film yang sekarang dikerjakan oleh Hayao Miyazaki, kita memiliki 60 animator namun kami hanya dapat menghasilkan satu menit animasi dalam satu bulan. Itu berarti dalam 12 bulan yang ada dalam setahun, kalian akan mendapatkan film yang berdurasi 12 menit,” ujar produser kawakan Studio Ghibli tersebut.

Dia menambahkan bahwa, “Sebenarnya kami telah mengerjakan film selama 3 tahun, jadi sejauh ini kita telah menyelesaikan 36 menit. Kami berharap bahwa film akan bisa diselesaikan dalam kurun waktu 3 tahun kedepan.”

Hayao Miyazaki, Sang Maestro

hayao miyazaki filmography
Gambar: beniananto.com

Tidak bisa diragukan bahwa Hayao Miyazaki telah memimpin pembuatan dari banyak film-film terbaik dari Studio Ghibli. Seperti My Neighbor Totoro, Kiki’s Delivery Service, Porco Rosso, Princess Mononoke, Ponyo, The Wind Rises, How’s Moving Castle, dan tentunya film pemenang Academy Award untuk fitur animasi terbaik yaitu Spirited Away.

“Aku percaya bahwa alat dari seorang animator adalah pensil” Katanya dalam sebuah wawancara dengan The New York Times.

Dia menambahkan bahwa, “Pensil Jepang khususnya bagus, karena grafitnya halus dan responsif serta dibungkus oleh cedar Jepang. Walaupun sekarang aku tidak melihat banyak pohon kayu yang berkualitas tersisa di Jepang. ”

Seputar Film yang Akan Dia Buat

how do you live novel
Gambar: kincir.com

How Do You Live?” merupakan sebuah novel populer tahun 1937 yang menceritakan mengenai seorang anak laki-laki yang berumur 15 tahun bernama Junichi Honda, dimana dia tinggal di Tokyo bersama dengan pamannya setelah ayahnya meninggal dunia.

Novel ini merupakan buku favorit Hayao Miyazaki pada saat dia masih kecil, dan dia membuat film anime adaptasinya karena dia tidak mengetahui jawabannya.

Lagi-lagi, Hayao Miyazaki mengingkari janjinya untuk pensiun setelah membuat film. Kira-kira apakah kita akan melihat janji pensiun beliau berikutnya dalam waktu dekat?


Penulis: Riestario Kurnia Thodiansyah