Film anime Gintama: The Final, akhirnya bakal tayang di Indonesia setelah hampir 5 bulan rilis di Jepang. Lewat cuitan akun CGV, tanggal 12 Mei bakal jadi hari penayangan perdana untuk film penutup seri Gintama ini.

Dalam movie The Final ini, Gintoki harus berhadapan dengan mantan tuannya, Yoshida Shouyou, yang dibangkitkan oleh Tendoushuu dalam upaya mereka untuk mencari cara hidup abadi.

Film ini merupakan kelanjutan langsung dari animasi internet spesial Gintama: The Semi-final yang ditayangkan oleh dTV milik Docomo di Jepang. Akhir dari serial shonen jump yang terkenal akan komedinya ini bakal mengikuti ending dari cerita manganya.

Bakal (beneran) jadi penutup seri Gintama

Sudah jadi rahasia umum kalau Hideaki Sorachi selaku mangaka, pernah ‘memalsukan’ ending Gintama dimana seri ini justru berlanjut ke majalah komik lain.

Sebelumnya pada tahun 2013, film Gintama: The Movie: The Final Chapter juga belum jadi akhir cerita walaupun tulisan ‘final chapter‘ jelas-jelas ada pada judulnya. Seri yang tidak mati-mati bak orang tua perkasa ini juga dirasakan oleh staf dan pengisi suaranya.

Dalam video teaser film anime Gintama: The Final yang akan tayang di Indonesia dalam waktu dekat ini, Sakata Gintoki mengeluhkan pandemi yang membuat ia tidak bisa bekerja karena kebijakan stay at home. Keluhan Gintoki justru disangkal Kagura yang mengatakan bahwa dirinya yang justru tidak pernah bekerja.

Gintoki justru berpikiran bahwa kebijakan ini justru menjadi keberuntungan, karena ia tidak mau repot-repot beraksi untuk beberapa scene pertempuran yang ada di versi manga. Gintoki juga bercerita pengalaman syuting mereka yang ketat dengan protokol kesehatan.

Sudah meraup untung besar sejak Premiere

gintama film the movie

Sejak pertama kali tayang pada Januari lalu, film anime Gintama: The Final sudah menduduki peringkat pertama box office Jepang. Minggu pertama rilisnya, film ini sudah mengantongi pendapatan sebesar 1,84 miliar yen.

Tentunya ini masih belum sebanding dengan peforma Kimetsu no Yaiba: Mugen Train, yang sudah mencetak 4 miliar yen pada minggu pertamanya, namun hal ini membuktikan bahwa Gintama memiliki fans loyal walaupun sudah berumur lebih dari 18 tahun. Serta, dibalik kesuksesan itu ada hal ‘nyeleneh’ khas Sorachi, yaitu menggunakan fanart Kimetsu no Yaiba yang ia buat sebagai bahan promosi film Gintama: The Final.

Nawala Karsa NK Kurio