Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022

Film Free! The Final Stroke Ditunda Akibat OLDCODEX Hiatus

Nadia Theresa Johari
film anime free the final stroke

Film anime Free! The Final Stroke resmi diundur, karena grup musik OLDCODEX yang hiatus, hingga waktu yang tidak ditentukan. Hal tersebut disampaikan oleh pihak produksi.

Perilisan trailer terbaru untuk film anime ini juga terhambat karena hiatus OLDCODEX ini. Trailer pertama untuk Free! The Final Stroke yang dijadwalkan untuk tayang pada hari Kamis (19/8) pada 23.00 JST telah ditunda.

Keputusan bersama

Menanggapi penundaan perilisan lagu tema dan trailer terbaru, pihak produksi serial franchise Free! menjelaskan bahwa hal ini telah menjadi keputusan yang diambil setelah berdiskusi dengan pihak produksi dan staf OLDCODEX.

Staf Free! The Final Stroke membuat trailer sesuai dengan lagu produksi OLDCODEX. Akan menjadi hal yang sulit bagi para staf untuk mengganti musik yang akan tampil di trailer pertama Free! The Final Stroke sebelum hari Kamis.

Namun, para penggemar Free! tidak perlu khawatir. Pasalnya, para staf produksi film anime yang satu ini akan mengumumkan sejumlah detail terbaru terkait perilisan trailer dan lagu tema pada Jumat, 20 Agustus 2021 mendatang.

Akun resmi Twitter dari Free! The Final Stroke sempat mengunggah sejumlah ilustrasi yang menandakan count down trailer yang dijadwalkan akan tayang pada hari Kamis.

Namun, saat ini, countdown yang mereka unggah akan mempromosikan pengumuman dari para staf yang akan hadir pada hari Jumat nanti.

Alasan di balik hiatus OLDCODEX

Pada 4 Agustus 2021, situs resmi dari grup musik OLDCODEX mengumumkan bahwa mereka akan memasuki masa hiatus. Hal ini disebabkan oleh kondisi kesehatan vokalis mereka, Tatsuhisa Suzuki (Ta_2), yang kurang baik belakangan ini.

Karena hiatus ini, OLDCODEX tidak akan tampil dalam berbagai acara seperti konser Animelo Summer Live 2021 Colors pada 29 Agustus nanti. Meski demikian, staf OLDCODEX memberitahukan bahwa perilisan CD single yang berisi lagu tema untuk Free! The Final Stroke tetap akan dirilis pada 15 September.

Sebagai tambahan, agensi I’m Enterprise, juga mengumumkan bahwa Suzuki secara pribadi akan hiatus dari kariernya sebagai pengisi suara. Penyebab hiatus Suzuki yang disampaikan oleh I’m Enterprise juga sama dengan yang diungkapkan oleh staf OLDCODEX, yaitu dikarenakan masalah kesehatan.

Beberapa hari sebelumnya, majalah Weekly Bunshun sempat mengabarkan bahwa Tatsuhisa Suzuki terlibat dalam sebuah skandal perselingkuhan. Menyusul informasi tersebut, baik Suzuki maupun istrinya, LiSA, mengumumkan masing-masing bahwa mereka akan memasuki masa hiatus.

Sutradara dan staf

film anime free the final stroke

Film ini disutradarai oleh Eisaku Kawakami. Sebelum menangani proyek ini, Kawakami juga sempat menjadi sutradara dalam serial anime Free!. Studio Kyoto Animation akan menjadi tempat produksi dari kedua film anime ini.

Sejumlah pengisi suara dari serial animenya akan kembali. Pengisi suara Nobunaga Shimazaki akan kembali mengisi suara dari karakter utama Free!, Haruka Nanase.

Film anime Free! The Final Stroke akan menjadi babak akhir dari cerita dalam serial Free!. Uniknya, film ini akan dibagi menjadi dua bagian. Film pertama akan tayang di berbagai bioskop di Jepang pada September 2021, sementara film kedua akan menyapa para penggemar pada April 2022.