Film Anime Belle Tayang Perdana di Cannes Official Selection 2021

Nadia Theresa Johari
film anime belle

Pada Minggu (4/7), situs resmi dari pihak produksi film anime Belle (Ryuu to Sobakasu no Hime) mengumumkan bahwa film tersebut akan tayang perdana di festival film Cannes 2021. Lebih tepatnya, film tersebut akan ditayangkan dalam segmen Official Selection pada tanggal 15 Juli 2021.

Dengan ini, Belle menjadi karya pertama dari Mamoru Hosoda yang tayang perdana di segmen Official Selection dalam gelaran Cannes Film Festival. Sebelumnya, film lainnya garapan Hosoda yang berjudul Mirai telah tayang dalam Directors’ Fortnight, sebuah segmen independen yang terlepas dari gelaran Cannes Film Festival pada 2018.

Film animasi lainnya dalam Cannes 2021

Selain Belle, akan hadir pula sebuah film animasi lainnya yang tayang dalam Official Selection di Cannes Film Festival 2021.

Sebuah film animasi dari Prancis yang diadaptasi dari manga karya Jiro Taniguchi, The Summit of the Gods (Kamigami no Itadaki), juga akan hadir sebagai bagian dari Official Selection tahun ini.

Sinopsis Film Anime Belle

film anime belle

Film anime Belle dari Mamoru Hosoda, yang akan tayang di Cannes 2021 ini, akan berfokus pada kehidupan Suzu, seorang siswi SMA yang tinggal di daerah pedesaan di Prefektur Kochi, Jepang. Ia tinggal bersama dengan ayahnya.

Sepeninggal ibunya, Suzu menjadi gadis yang tertutup. Hubungan dengan ayahnya pun ikut merenggang karena duka yang timbul setelah ibunya tiada. Namun, di tengah kepedihan itu, Suzu merasa bahwa musik adalah satu-satunya hal yang dapat menyelamatkan dirinya.

Pada waktu yang sama, Suzu pun dikenalkan dengan “U”, yaitu sebuah dunia online tempat banyak orang dapat menciptakan persona mereka masing-masing. Suzu pun menciptakan identitas Belle yang dapat membuat serta menyanyikan musiknya sendiri.

Selama menjadi Belle, Suzu merasa bebas. Namun, semua itu harus terhenti ketika dirinya secara tiba-tiba bertemu seekor naga misterius.

Pengisi suara

Anda dapat menyaksikan trailer film anime Belle melalui pranala berikut.

Sebelumnya, para pengisi suara yang terlibat dalam produksi film anime Belle telah diumumkan seluruhnya. Penyanyi Kaho Nakamura didapuk sebagai pengisi suara dari karakter utama dalam film ini, Belle atau Suzu.

Aktor Ryo Narita menjadi pengisi suara dari karakter Shinobu Hisatake. Narita juga ditemani oleh Shouta Sometani sebagai Shinjiro Chikami, aktris Tina Tamashiro sebagai Ruka Watanabe, dan Rira Ikuta atau Ikura dari duo Yoasobi sebagai pengisi suara dari karakter Hiroka Betsuyaku.

Berikut adalah pengisi suara lainnya yang berpartisipasi dalam film anime Belle:

  1. Toshiyuki Morikawa sebagai Justian
  2. Mami Koyama sebagai Swan
  3. Kenjiro Tsuda sebagai Jelinek
  4. Mamoru Miyano sebagai Muitarohitokawa dan Tokoraemaru

Sutradara dan staf

film anime belle

Film anime Belle atau Ryuu to Sobakasu no Hime disutradarai oleh Mamoru Hosoda dan diproduksi oleh Studio Chizu. Hosoda juga didapuk sebagai kreator asli sekaligus penulis skrip untuk film ini.

Sejumlah staf inti yang terlibat dalam produksi film ini adalah Ryo Horibe dan Yohei Shimozawa sebagai sutradara CGI serta Hiroyuki Aoyama sebagai desainer karakter dan chief animation designer. Taisei Iwasaki dipercaya sebagai komposer musik untuk film ini.

Dalam film ini, Hosoda juga bekerja sama dengan Jin Kim dan Eric Wong. Jin Kim, salah seorang animator ternama yang dikenal melalui film-film Disney yang digarapnya, menjadi desainer karakter untuk Belle.

Sementara itu, Eric Wong, seorang arsitek yang berbasis di London, Inggris, diminta menangani penataan dunia online “U” dari segi arsitektur. Karakter naga dalam film ini didesain oleh Akiya Kageichi.

Film anime Belle atau Ryuu to Sobakasu no Hime akan segera tayang di berbagai bioskop di Jepang, termasuk di 38 bioskop IMAX, pada 16 Juli 2021.

Perilisan film ini di Amerika Utara ditangani oleh distributor GKIDS, yang akan menyediakan takarir bahasa Inggris dalam penayangan film tersebut di sana pada musim dingin 2021 nanti.