Academy Museum Tayangkan Film-Film Karya Hayao Miyazaki

academy museum hayao miyazaki

Nama Hayao Miyazaki tidak asing lagi di telinga para penggemar anime di dunia. Film-film yang Hayao Miyazaki garap menyentuh hati dan kualitas visual yang ada di dalamnya juga membangkitkan nostalgia para penontonnya.

Tidak heran jika namanya menjadi salah satu sutradara yang populer dan berpengaruh di dunia.

Karena karya-karyanya yang luar biasa, pada Rabu kemarin (21/7), museum yang memuat sejarah Academy Awards, yaitu Academy Museum of Motion Pictures, mengumumkan bahwa mereka akan menayangkan film-film Miyazaki di sana.

Penayangan film-film karya Miyazaki akan diadakan dari tanggal 5 Oktober hingga 27 November 2021.

Tidak hanya menayangkan film-filmnya saja, karya-karya lainnya dari Miyazaki juga akan ditampilkan di salah satu pameran yang diadakan oleh pihak Academy Museum.

Program pameran yang dilaksanakan dalam waktu terbatas ini bertujuan untuk memperingati Miyazaki sebagai salah seorang sutradara yang berpengaruh di dunia.

Apa saja yang ada di pameran?

academy museum hayao miyazaki

Situs resmi dari Academy Museum memberikan informasi terkait pameran dari karya-karya Hayao Miyazaki yang satu ini. Nantinya, dalam pameran ini, pengunjung dapat melihat bahan atau materi original dari beberapa film ternama garapannya, seperti Tonari no Totoro dan Spirited Away, yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya.

Pihak museum berbagi mengenai apa saja yang akan ada di pameran ini. Ada lebih dari 200 sketsa yang menjadi konsep untuk film-film Miyazaki dan Studio Ghibli, desain karakter, storyboard, layout, cel, gambar latar belakang, sejumlah klip film, dan “lingkungan yang imersif”.

Selain menampilkan materi original, pameran ini juga akan menghadirkan katalog, beberapa acara pendamping, penayangan film, dan merchandise unik dari Studio Ghibli. Sejumlah barang ini bisa didapatkan di gerai merchandise Academy Museum.

Tentang Academy Museum

academy museum hayao miyazaki

Academy Museum of Motion Pictures atau biasa disingkat dengan sebutan Academy Museum adalah sebuah museum yang menampilkan sejarah ajang penghargaan Academy Awards atau Oscar yang telah melegenda selama 90 tahun.

Pihak juri Academy Awards, yaitu Academy of Motion Picture Arts and Sciences sebelumnya mengumumkan proyek museum ini pada 2012 lalu.

Jadwal pembukaan Academy Museum terus berubah dari tahun ke tahun. Awalnya, Academy of Motion Picture Arts and Sciences menargetkan tahun 2017 sebagai tahun dibukanya Academy Museum.

Ketika pihak Academy Museum mengumumkan bahwa akan digelar pameran karya-karya Hayao Miyazaki di sana, museum itu dikabarkan akan dibuka pada tahun 2019.

Setelah sempat ditargetkan akan dibuka pada April 2021 dan dibatalkan, Academy Museum akhirnya akan dibuka untuk umum pada tanggal 30 September 2021.

Sebuah pesta gala yang diselenggarakan untuk merayakan pembukaan museum tersebut juga akan dilangsungkan pada 25 September 2021. Academy Museum berlokasi di persimpangan Wilshire Boulevard dan Fairfax Avenue di Los Angeles, Amerika Serikat.

Tentang Hayao Miyazaki

academy museum hayao miyazaki

Hayao Miyazaki adalah seorang sutradara kenamaan asal Jepang. Sejak mendirikan Studio Ghibli, Hayao Miyazaki telah menyutradarai sejumlah film anime yang membuat industri anime menjadi semakin populer.

Beberapa di antaranya adalah Nausicaa of the Valley of the Wind (1984), Kiki’s Delivery Service (1989), Princess Mononoke (1997), dan Spirited Away (2001).

Saat ini, Hayao Miyazaki tengah mempersiapkan proyek film terbarunya, Kimitachi wa Dou Ikiru ka? (How Do You Live?).

Salah seorang produser dan co-founder Studio Ghibli, Toshio Suzuki, menyatakan bahwa proses penggarapan film telah mencapai angka 15 persen pada akhir Oktober 2019 setelah proses produksi yang memakan waktu selama tiga setengah tahun lamanya.