NANI? Direktur Animasi JoJo’s Bizarre Adventure Mengaku Belum Dibayar

Avatar
Direktur Animasi JoJo's Bizarre Adventure Mengaku Gajinya Belum Dibayar

Salah seorang direktur animasi JoJo’s Bizarre Adventure mengaku belum mendapat upah atas usahanya pada anime tersebut. Kohei Ashiya, sang direktur animasi itu, mengungkapkan keluhannya melalui akun Twitternya.

https://twitter.com/asikoh009/status/1173946629503631360

Cuitan tersebut ia unggah ke akun Twitternya “tepat 60 hari sesudah kontribusi terakhirnya.” Dalam cuitannya tersebut, Ashiya menulis bahwa ia telah bekerja sejak episode pertama musim tersebut. Dengan sedikit menyindir, ia menulis bahwa ia “diperbolehkan berpartisipasi secara cuma-cuma”.

“Hanya untuk memastikan agar tidak terjadi kesalahpahaman,” tulis Ashiya. “Saya tidak setuju sesuatu seperti, ‘saya akan bekerja secara sukarela!’

Ia menulis bahwa kontribusinya dalam anime tersebut dikategorikan sebagai “penampilan tanpa bayaran”. Ia mengaku “mampu bertahan” dan masih akan “memantau perkembangan selanjutnya.”

Di akhir utas tersebut, Ashiya menutup bahwa ia tidak bermaksud melukai perasaan dan perhatian yang diberikan oleh para staf dan pemeran. Ia memastikan akan tetap melanjutkan perbincangan demi mendapat titik temu atas permasalahannya itu.

“Rasa cinta yang sama itu nyata pada para kreator muda yang ingin terus mendukung industri ini. Ingatan mereka akan twit saya dapat mencegah kekecewaan mereka,” tulis Ashiya.

Nama Lama dan Baru Dalam Seri Kelima JoJo

Seri kelima JoJo's Bizarre Adventure: Golden Wind

Seri kelima JoJo’s Bizarre Adventure ini merupakan adaptasi manga berjudul sama karya Hirohiko Araki. Seri ini tayang di Jepang sejak Oktober 2018 dan berakhir pada Juli 2019.

Anime produksi David Production ini dimulai ketika Jotaro meminta Koichi untuk melakukan perjalanan ke Naples untuk menyelidiki seseorang yang dikenal sebagai Haruno Shiobana, yang nama aslinya kemudian terungkap sebagai Giorno Giovanna.

Kisah ini kemudian mengikuti Giorno dalam tujuannya untuk naik ke puncak kelompok mafia Passione dan mengubahnya menjadi sekelompok pencuri yang terhormat.

Ashiya bekerja sebagai direktur animasi, dengan Shun’ichi Ishimoto sebagai ketuanya. Ashiya mengaku terlibat sebagai Direktur Animasi JoJo’s Bizarre Adventure: Golden Wind sejak satu setengah tahun lalu. Ia sendiri juga telah dikreditkan untuk posisi yang sama di seri sebelumnya pada judul yang sama.

Selain Ashiya dan Ishimoto, sejumlah nama dilibatkan dalam produksi anime ini. Yasuhiro Kimura dan Hideya Takahashi didapuk menjadi sutradara anime milik David Production ini, dengan Naokatsu Tsuda sebagai sutradara utama.

Yasuko Kobayashi dan sejumlah stafnya kembali dipercaya sebagai penyusun serial setelah menangani bidang yang sama di seri sebelumnya. Takahiro Kishida menggambar desain karakter JoJo dan kawan-kawan.

Di bagian suara, Yoshikazu Iwanami bertanggung jawab menata keseluruhan bebunyian di anime tersebut. Sementara musiknya sendiri digubah oleh Yuugo Kanno.