Bebas Blokir, Ini Digital Survival Kit Disaat Demonstrasi Massa

Avatar

Akhir-akhir ini, pemerintah melalui Menkominfo tak jarang melakukan pemotongan akses Internet baik dari skala kecil hingga besar.

Metode isolir Internet dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan DNS Blocking, Deep Packaging Inspection, hingga pemutusan akses total (layaknya di Papua). Tentunya komunikasi merupakan hal vital dalam demonstrasi.

Pemutusan akses Internet dapat membatasi akses komunikasi dan dapat melumpuhkan aksi dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

Dengan adanya Digital Survival Kit dalam Demonstrasi Massa ini, kamu dapat tetap berkomunikasi meskipun pemerintah melakukan pembatasan Internet pada saat demo.

Internet Diblokir, Apa yang Perlu Diwaspadai?

  • Pemblokiran atau penutupan akses Komunikasi dengan sejumlah cara tertentu.
  • Adanya perekaman wajah secara digital saat demonstrasi menggunakan teknologi Digital Image Recognition.
  • Adanya penyadapan ponsel kalian secara langsung atau tidak langsung.
  • Terjadinya Misinformasi selama demonstrasi massa.
  • Hadirnya Oknum yang membuat demonstrasi seolah-olah tidak damai.

Mengenai Pemblokiran Internet

Dikarenakan sejumlah hal besar yang telah terjadi, pemerintah secara berani dan masif telah mengambil langkah memblokir media massa guna menanggulangi Hoax.

Aksi tersebut sangat berdampak pada demonstran yang tengah melakukan aksi.

Pemblokiran tersebut dapat membuat kebingungan diantara massa yang berdemonstrasi.

Solusi yang paling mudah adalah menggunakan layanan DNS-over-HTTPS/TLS seperti DNSCrypt maupun layanan Cloudflare 1.1.1.1.

Dalam Digital Survival Kit, layanan tersebut bukanlah semacam VPN, melainkan layanan yang mengarahkan jaringan anda pada server yang benar.

Walaupun layanan ini aman dan mudah digunakan, layanan tersebut masih tmbelum bisa menghindari blokir server.

Digital Survival Kit : Menggunakan VPN secara Bijak

Apa solusi yang benar dalam Blokir Server? Gunakanlah VPN. Namun, apakah semua VPN itu aman? Tidak.

Gunakanlah VPN yang setidaknya terpercaya dan sudah lama beroperasi dengan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi.

Selain itu, dengan menggunakan VPN berbayar, umumnya pelayanan yang diberikan akan lebih maksimal dan keamanannya lebih terjamin.

Rekomendasi VPN yang Aman

  • NordVPN adalah salah satu layanan VPN berbayar yang memiliki banyak server. Keutamaan dari layanan NordVPN adalah kecepatan serta keamanan. Komunikasi antara klien dan server dienkripsi. Tidak ada trial dan agak mahal.
  • HideMyAss adalah layanan VPN yang cukup terkenal karena memiliki free trial 7 sampai 30 hari. Dari segi keamanan dan kecepatan di bawah NordVPN
  • TunnelBear adalah layanan VPN yang memiliki banyak server dan lumayan cepat. Bisa dikatakan gratis, namun kuota penggunaannya hanya 500mb/bulan jika gratis. Dimiliki oleh Perusahaan McAfee. Kekasih lama LinusTechTips.
  • Private Internet Access adalah layanan VPN yang cukup premium. Dengan jaminan anonimitas dan kecepatan, PIA menjadi salah satu pilihan bagi orang yang ingin menghindari sensor dan blokir. Cinta baru LinusTechTips

Mau Lebih Aman? Gunakan Tor!

Tor atau The Onion Router adalah sistem jaringan yang menutup jejak pengguna dengan cara membuat lapisan hubungan antara titik. Tor dianggap jauh lebih aman daripada menggunakan VPN, karena teknik koneksinya tidak terduga.

Tor sangat populer digunakan oleh Jurnalis maupun Whistleblower seperti Edward Snowden, yang tengah mengambil suaka di Rusia.

Punya Dokumen Rahasia? Gunakan Tails!


Tails OS adalah sistem operasi Linux live media yang dapat diboot dari media seperti Flashdisk atau CD-Rom di mana saja.

Keutamaan dari Tails adalah sifatnya yang amnesiac, yang berarti akan melupakan segalanya setelah OS dimatikan sehingga tidak meninggalkan jejak.

Namun jika diperlukan, Tails dapat menyimpan data-data maupun dokumen yang akan dienkripsi oleh sistem Tails. Keamanan data dapat terjaga dan tersimpan dengan baik dalam media

penyimpanan yang menjadi host Tails.

Walaupun belum tentu terjadi, namun ada kemungkinan aparat akan melakukan perusakan media pengambilan/perekaman gambar dan suara atau media penyimpanan.

Solusi terbaik adalah dengan menyiapkan backup atau cadangan data.

Apa yang Harus Saya Lakukan Apabila Ada Pemblokiran Massal?

Jika jaringan dimatikan total oleh Pemerintah, kalian tetap dapat berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi berbasis P2P.

P2P tidak menggunakan komunikasi yang di-sentralisasi ke satu server/jaringan, melainkan menjadikan pengguna sebagai titik komunikasi, sehingga untuk mematikan jaringannya semua pengguna harus berhenti.

Dalam keadaan mendesak dimana semua jalur komunikasi berusaha disensor/dimatikan oleh pemerintah, komunikasi berbasis P2P yang tidak dapat diblokir oleh pemerintah dengan mudah.

Pada aksi protes di Hong Kong, setelah masa menyadari adanya kelemahan pada aplikasi Telegram yang menyebabkan para pemimpin demonstran ditangkap, masa mulai mengadopsi aplikasi komunikasi P2P berbasis Direct Wifi maupun Bluetooth.

Mengenal Bridgefy, P2P Komunikasi Terkini


Bridgefy adalah aplikasi komunikasi berbasis P2P yang tidak memerlukan koneksi internet. Setiap pengguna akan menjadi relay atau seperti router wifi.

Aplikasi ini gratis dan dapat digunakan baik di Android serta iOS.

Informasi yang disajikan di sini tidaklah banyak, tapi cukup untuk mempersiapkan diri dalam keamanan digital ketika mengikuti/mendokumentasikan demonstrasi.

Semoga panduan Digital Survival Kit yang kami berikan dapat berguna.