Broadcasted by Galau Jikan FM

Keluh Kesah Kemenkominfo Saat Memberantas Situs IndoXXI

Avatar
Kemenkominfo memberantas situs IndoXXI
Nawala Karsa - Ilustrasi Kemenkominfo memblokir situs film bajakan IndoXXI

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa salah satu situs penyedia film bajakan bernama IndoXXI memutuskan untuk menutup situsnya. Namun ingin tahu behind the scene Kemenkominfo memberantas situs tersebut?

Dikutip dari Detik. Sebelum situs film bajakan tersebut menyerah dengan sendirinya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengaku kewalahan saat memberantas situs IndoXXI.

Walau Kemenkominfo berhasil memblokir situs film bajakan tersebut, namun dalam waktu cepat, situs tersebut langsung mengganti domain-nya untuk menghindari pemblokiran.

Seperti salah satunya yang terdapat pada screenshot akun Twitter @moviemenfess yang disebarkan oleh Fan Page Facebook pengalaman virtual remaja edgy” mengunggah cuitan yang membeberkan informasi bahwa IndoXXI telah mengganti domain-nya menjadi cinema21xxi.best. Yang kemudian direspon oleh akun resmi Kemenkominfo. Tapi sayangnya cuitan tersebut langsung dihapus.

screenshot cuitan

Dengan adanya screenshot ini semakin menguatkan keluh kesah Kemenkominfo yang berusaha memberantas situs film bajakan tersebut.

Kemenkominfo Vs. IndoXXI

Situs film bajakan Indo XXI

Menjelang tahun 2020 ini, Kemenkominfo mulai fokus memberantas situs-situs yang diduga melakukan pelanggaran Hak dan Kekayaan Intelektual (HAKI), dan salah satunya adalah situs film bajakan IndoXXI.

Dirjen Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa nantinya Kemenkominfo akan menjalin kerja sama dengan Coalition Against Piracy (CAP) dan Ditjen HAKI Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk memberantas situs-situs berkonten bajakan.

“Kita kerja sama. memang kami tahun depan akan fokus ke pelanggaran HAKI. Kami tidak bisa sendirian, saya juga sudah berbicara dengan Dirjen HAKI,” ujar Samuel.

Lelah Kucing-kucingan, IndoXXI Menyerah Dengan Sendirinya

tampilan utama situs indoxxi

Setelah cukup lama bermain kucing-kucingan dengan Kemenkominfo, situs film bajakan tersebut menyerah dengan sendirinya setelah mendapat teguran langsung dari Kemenkominfo.

Hal ini dapat dibuktikan pada tampilan utama situs tersebut yang menyatakan bahwa IndoXXI akan menutup situsnya per tanggal 1 Januari 2020.

Berikut pengumuman lengkapnya:

“Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depannya akan menjadi lebih baik. Salam, INDOXXI,”

 


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.