Quantcast

Beranda » gravatar service » Board Game Indonesia Unjuk Kebolehan di BEKRAF Game Prime 2019

Board Game Indonesia Unjuk Kebolehan di BEKRAF Game Prime 2019

Bekraf Game Prime 2019 adalah acara yang diselenggarakan oleh BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia) sebagai wadah para warga Indonesia untuk menunjukan kebolehannya dalam menuangkan kreativitas mereka yang dalam acara ini, berupa permainan. sebanyak 57 exhibitor meramaikan acara ini. Uniknya, bukan cuma video game saja yang meramaikan, tetapi para kubu board game tidak mau ketinggalan. Terdapat 14 exhibitor board game dengan permainan andalannya masing-masing dimana 6 diantaranya baru pertama kali tampil di acara ini.

KPK Ikut Buka Booth Board Game!

Sayangnya, pada BEKRAF Game Prime 2019, tak semua board game Indonesia yang dapat dikunjungi penulis karena padatnya pemain sehingga penulis hanya berkesempatan mencoba beberapa board game yang tersedia disana. Pertama, ada board game berjudul The Suspect yang merupakan produk dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) melalu tim #ObatManjur. Inti dari permainan ini adalah membasmi orang-orang jahat sehingga proyek negara dapat dijalankan.

Permainan ini membutuhkan kepercayaan satu pemain dengan pemain lain karena jika satu saja pemain berbohong, maka besar kemungkinan proyek gagal dijalankan yang artinya permainan berakhir. Terdapat 36 kartu yang terdiri dari orang baik, tidak kompeten, dan orang jahat. Lalu ada 6 kartu peran yang masing-masing mempunyai kemampuan yang nantinya dipakai untuk memanipulasi jalannya permainan.

Kemudian ada Congkak Fun Factory dengan game protoype nya yang bernama Bucket List dimana konsep permainannya mirip Bingo. Tujuan permainan tersebut adalah memenuhi sejumlah keingian dengan memilih mau membeli barang A atau B. Penulis sempat berbincang dengan salah satu anggota Congkak Fun Factory yaitu Mas Hamzah. Beliau menceritakan bahwa awalnya permainan tersebut dibikin karena pesanan klien yaitu board game yang menggabungkan manajemen keuangan yang menyenangkan. dalam pengembangannya, tim Congkak Fun pun akhirnya menemukan cara yang lebih menarik yaitu merubahnya menjadi manajemen kehidupan. Belum ada kepastian kapan board game ini akan rilis, tapi menarik untuk ditunggu.

Ada board game Tahilalats

Masbro yang merupakan pengembang board game Bluffing Billionaire, Laga Jakarta, dan pemenang lomba Bekraf untuk board game bertemakan kopi, Koffeetopia untuk pertama kalinya memperlihatkan produk terbaru mereka yaitu Mindblowon.

Dinamakan demikian karena tujuan dari permainan ini adalah menjadi orang terakhir yang bertahan. konsep permainan ini mirip dengan Exploding Kitten dimana konsepnya adalah setiap pemain mengambil kartu dari tumpukan kartu dimana terdapat kartu bom yang dapat membuat pemain tersebut keluar dari permainan. Yang menarik adalah ini pertama kalinya Masbro kolaborasi dengan Tahilalats jadi semua gambar-gambarnya disediakan oleh Tahilalats sehingga membuat permainan menjadi lebih menegangkan sekaligus menyenangkan.

Pasar board game Indonesia Terus Berkembang Lewat BEKRAF Game Prime 2019

Banyaknya pengembang board game Indonesia khususnya di acara Game Prime menunjukan bahwa board game semakin berkembang di Indonesia. Jika sebelumnya kita hanya tau monopoli atau ular tangga, sekarang banyak pilihan dan banyak yang memberikan nilai-nilai edukasi serta moral.

Tidak hanya itu, board game Indonesia juga sudah mencapai luar negri. Hal ini dibuktikan dengan ikutnya Indonesia di acara Spiel Essen 2018, acara pameran mainan dan games terbesar yang diadakan di Jerman. Indonesia membawa 15 board game lokal untuk dipamerkan di acara tersebut.

Loading...